Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Lewat Kunjungan, Peserta Diklat Dispersip Tiru Banyak Hal  

- Apahabar.com Sabtu, 27 Juli 2019 - 08:05 WIB

Lewat Kunjungan, Peserta Diklat Dispersip Tiru Banyak Hal   

Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar dan Peserta diklat dari Perpustakaan daerah Kotabaru, Sofyan Hamid. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pejabat Struktural Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota dan Provinsi di Kalimantan Selatan berkesempatan mengunjungi Perpustakaan Palnam, Jumat (26/7) Sore.

Ini merupakan kelanjutan setelah mereka menerima Pendidikan dan Pelatihan bagi Manajemen Perpustakaan yang digelar di Hotel Tree Park sejak awal pekan lalu.

“Jumlah peserta yang datang 30 orang. Mereka datang berkunjung untuk melihat kerja dari Dispersip Kalsel,” ucap Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar kepada awak media.

Selaku tuan rumah, Wildan menjamu para tamu berkeliling untuk menunjukkan pelayanan yang tersedia di Perpus Palnam seperti layanan umum, layanan anak, hingga layanan outdoor yang menyajikan lukisan-lukisan mural dan beberapa gazebo.

Salah satu peserta diklat manajemen perpustakaan, Sofyan Hamid mengaku senang bisa berkunjung ke salah satu perpustakaan terbesar di Kalsel ini. Terlebih dirinya ditunjuk sebagai ketua kelas mewakili pejabat struktural lainnya untuk memimpin selama kegiatan diklat berlangsung.

“Dari sini kami bisa melihat hal-hal yang bersifat lebih inovatif, terutama layanan anaknya cukup berkesan sekali. Di daerah nanti kami juga ingin mengembankan itu, layanan perpustakaan berbasis inklusi. Jadi sekarang tidak lagi ke perpustakaan untuk pinjam buku saja tapi juga sudah berkegiatan masyarakat,” kata Sofyan.

Ia sendiri mewakili perpustakaan daerah Kabupaten Kota Baru, lewat diklat dan kunjungan itu Sofyan menyampaikan banyak hal yang bisa ia aplikasikan ke daerah nantinya.

“Yang jelas karena kami diluar dari ilmu-ilmu perpustakaan, jelas akan banyak sekali mendapatkan ilmunya di sini. Terutama untuk kegiatan pengembangan program di instansi kami nantinya,” sahutnya

Pengaplikasian ilmu itu diantaranya mengenai penganggaran buku yang tepat, pengembangan kegiatan dan program terkait perpustakaan. Selama ini sebutnya daerah kekurangan jumlah pustakawan, tenaga-tenaga yang ada merupakan orang-orang yang direkrut diluar ilmu perpustakaan.

“Sekarang ini kami sudah berusaha kembali ke daerah untuk menganggarkan di tahun 2020 itu supaya tepat guna penganggaran perpustakaannya,” tutupnya.

Baca Juga: Begini Cerita Remaja Tuna Rungu Menggeluti Dunia Tarik Suara

Baca Juga: 43 Calon Anggota Paskibra Balangan Digodok  

Baca Juga: Gelang Simpai Khas Dayak, Simbol Pengikat dan Persaudaraan

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Respons Epidemiolog, Kalsel Tembus 4 Ribu Kasus Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Indocement Dukung Penuh Desa Langadai Jadi Kampung Iklim Tingkat Nasional
apahabar.com

Kalsel

Berantas DBD, Usaha Dinkes HSS Belum Maksimal
apahabar.com

Kalsel

Lomba Video dan Foto Tebar Habar Ramadan Apahabar.com, Berikut Juaranya
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Buruk Ancam Distribusi Gas dan BBM ke Kalimantan Selatan
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Kembali Diprediksi Hujan
apahabar.com

Kalsel

14 Hari Ops Patuh Intan di Tabalong, Ratusan Pengendara Kena Tilang
apahabar.com

Kalsel

Mengenal Intens Ermanelly Cassanova, Korban Pembunuhan di Kandangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com