Adaro Bersama Mitra Kerja Bantu Korban Banjir di Tabalong dan HST Tambah 14.224, Kasus Baru Covid-19 Indonesia Pecah Rekor Lagi! Jokowi Telepon Paman Birin, TNI Terjunkan Kopaska hingga Puluhan Perahu Karet Kapolres Balangan Siap Salurkan Bantuan Adaro ke Masyarakat Terdampak Banjir Tiba di Kalsel, Panglima TNI Marsekal Hadi Tinjau Banjir di Objek Vital

Mahasiswa Indonesia Peringkat Kedua Kompetisi Inovasi Airbus

- Apahabar.com Senin, 1 Juli 2019 - 06:15 WIB

Mahasiswa Indonesia Peringkat Kedua Kompetisi Inovasi Airbus

Mahasiswa Indonesia raih peringkat dua di ajang kompetisi internasional Airbus Fly Your Ideas di Prancis. Foto - Airbus Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri kembali menorehkan prestasi. Kali ini 3 mahasiswa Indonesia dari University of Cambridge berhasil memenangkan juara kedua kompetisi inovasi kedirgantaraan internasional Airbus Fly Your Ideas untuk pertama kali.

Dilansir Antara, tim yang terdiri dari Falah Fakhriyah, Martin Siagian, dan Nathan Harjanto, serta seorang mahasiswa Jepang, Keiko Miyazaki, meyakinkan juri dengan ide inovatif mereka untuk memanfaatkan penginderaan jarak jauh demi membantu pemerintah melindungi lautan dengan lebih baik.

Baca Juga: Densus 88 Antiteror Tangkap Terduga Teroris di Ponorogo

Tim ini berhasil mengalahkan 269 ide lainnya dan kini membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 10.000 euro atau sekitar Rp160 juta, demikian informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Ketujuh tim finalis menghabiskan sepekan terakhir di Toulouse, Prancis untuk membangun purwarupa dari ide mereka. Hal ini mereka wujudkan di fasilitas Inovasi dan R&D mutakhir milik Airbus, dengan dukungan dari para mentor dan ahli terkait di Airbus.

Pada 27 Juni 2019, seluruh tim mempresentasikan proyek mereka di hadapan para panelis yang terdiri dari ahli kedirgantaraan Airbus maupun akademisi. Presentasi tersebut ditayangkan pula secara live dan dapat disaksikan secara global.

Dewan juri yang berasal dari Airbus dan International Space University (Strasbourg) pun terkesan dengan semangat inovatif dan pemahaman ekonomi yang ditunjukkan oleh para mahasiswa di Tim AirFish (Airbus Integrated Fisheries Information Services).

Baca Juga: KPU Tetapkan Jokowi-Ma’ruf Presiden dan Wapres Terpilih

Mereka mengusung sebuah sistem pemantauan laut menggunakan teknologi pengambilan gambar dan video melalui satelit.

Dikenal sebagai remote sensing atau penginderaan jarak jauh, penerapan teknologi ini dapat membantu pemerintah melawan penangkapan ikan ilegal, mengurangi penangkapan spesies langka secara tidak sengaja, serta mengurangi kerusakan habitat laut.

Sementara itu, juara pertama yakni Tim Zero Heroes dari Delft University of Technology, Belanda, memukau dewan juri dengan panel kontrol pintar nirbaterai dan nirkabel untuk sistem pesawat yang dapat menyediakan daya di genggaman tangan pengendali.

Berkat ide luar biasa mereka tersebut, tim ini memenangkan hadiah utama sebesar 25.000 euro, atau setara dengan Rp 402 juta.

Airbus Fly Your Ideas adalah kompetisi global yang menantang mahasiswa dari berbagai penjuru dunia untuk berinovasi di bidang kedirgantaraan, khususnya terkait enam area kunci: Pelistrikan, Layanan Data, Keamanan Siber, Internet of Things, Kecerdasan Buatan, dan Reliatas Campuran (Mixed Reality).

Baca Juga: Di Hadapan Pemimpin G20, Jokowi Angkat Isu Pemberdayaan Perempuan

Sejak diluncurkan oleh Airbus pada 2008 dan ditandatanganinya perjanjian kerja sama dengan UNESCO pada 2012, lebih dari 22.000 mahasiswa dari lebih dari 700 universitas di 100 negara telah berpartisipasi di Fly Your Ideas.

Selain itu, lebih dari 500 karyawan Airbus pun turut berkontribusi sebagai mentor maupun tenaga ahli demi mendukung kesuksesan kompetisi ini.

Ketujuh tim finalis tahun ini mewakili 11 negara dan 8 universitas berbeda yang tersebar di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan.

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ke Australia, Jokowi Bahas Investasi dan Kerja Sama Ekonomi
apahabar.com

Nasional

Debat Capres Kedua, Jokowi: Konektivitas Itu Penting
apahabar.com

Nasional

2 Petani di Poso Diduga Disandera MIT, 1 Ditemukan Tewas
apahabar.com

Nasional

Akhir November, Kasus Covid-19 Indonesia Bertambah 4.617, Total Jadi 538.883 Orang
apahabar.com

Nasional

DPR Tak Digaji Jika Lama Rampungkan UU
apahabar.com

Nasional

Berstatus Siaga, BPPTKG Sebut Aktivitas Seismik Gunung Merapi Masih Tinggi
apahabar.com

Nasional

Bantuan Terus Mengalir untuk Korban Banjir Samarinda
apahabar.com

Nasional

Blusukan ke Duta Mall, Jokowi Sebut Siap Balas Kekalahan 2014
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com