91 Persen Pasien Covid-19 di Kalsel Sembuh Jadwal Liga Inggris Sheffield United vs Man City Malam Ini, Live Streaming Mola TV, Guardiola Tanpa Aguero! Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya

Mardani H Maming: Film Koboy Kampus, Sejarah Baru Perfilman Banua

- Apahabar.com Kamis, 25 Juli 2019 - 06:00 WIB

Mardani H Maming: Film Koboy Kampus, Sejarah Baru Perfilman Banua

Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Film Koboy Kampus, yang di sutradarai Pidi Baiq akan tayang mulai hari ini, 25 Juli 2019, di bioskop-bioskop seluruh Indonesia termasuk di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sesuai jadwal, di Banjarmasin film Koboy Kampus akan tayang di Studio 21 di Duta Mall.

Tayangnya film Koboy Kampus, menjadi era baru dalam dunia per filman di Kalimantan Selatan, karena inilah film pertama yang diproduksi oleh sebuah perusahaan asal Kalimantan Selatan yaitu Enam Sembilan Production.

Film Koboy Kampus, mulai digarap pada Juli 2018 lalu. Dalam penggarapan film ini, Enam Sembilan Production yang bermarkas di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, menggandeng penulis novel Dilan yaitu Pidi Baiq sekaligus pimpinan The Panasdalam.

Sedangkan untuk pendistribusian dan promo, Enam Sembilan Production bekerjasama dengan MNC Pictures, sebuah perusahaan per filman ternama di Indonesia.

Pimpinan PT. Batulicin Enam Sembilan, sebagai holding dari Enam Sembilan Production, Mardani H Maming, mengaku gembira sekaligus bangga film garapan perusahaannya akhirnya dapat tayang di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia.

“Dengan tayangnya film Koboy Kampus di bioskop, ini merupakan sejarah baru bagi dunia per filman Banua ( Kalsel – red ). Karena sepengetahuan saya, inilah film layar lebar komersil pertama yang diproduksi oleh warga Kalsel,” kata Mardani H Maming di Banjarmasin, Kamis (25/7).

Menurut Mardani, tayangnya film Koboy Kampus setidaknya membuktikan bahwa “urang banua” sudah dapat masuk dalam industri per filman nasional.

Selain itu, lanjut mantan Bupati Tanah Bumbu tersebut, film Koboy Kampus, juga harus dimaknai sebagai motivasi bagi warga kalsel khususnya kalangan anak mudanya untuk terus berkreasi terutama dalam dunia per filman.

“Saat ini dan ke depan, industri kreatif memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Film adalah salah satu dari industri kreatif yang sedang berkembang dan menjadi peluang bagi anak muda di Kalimantan Selatan untuk terjun di dalamnya,” tandas Mardani H Maming.

Mardani H Maming yang juga salah satu calon ketua umum BPP Hipmi ini mengatakan, industri film jika dikembangkan di Kalimantan Selatan akan memberikan efek domino bagi perekonomian daerah. “Yang pasti industri film akan mampu membuka lapangan kerja baru, sekaligus dapat menjadi media promo bagi potensi wisata daerah,” ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Mardani H Maming, peran pemerintah daerah juga sangat penting untuk menumbuhkembangkan industri per filman di Kalimantan Selatan.

Mardani H Maming berharap, film Koboy Kampus dapat menjadi film yang digemari dan sukses di pasaran.

Mengenai project selanjutnya, Mardani H Maming menyatakan bahwa Enam Sembilan Production kini banyak mendapat tawaran kerjasama dalam memproduksi film-film baru. “Doakan dan dukung kami dengan menonton film Koboy Kampus. Ke depan kami akan kembali memproduksi film baru,” ungkapnya.

Mengenai film baru, Enam Sembilan Production kabarnya kembali akan bekerjasama dengan Pidi Baiq untuk menggarap skuel film Dilan yang sukses besar di pasaran.

Informasinya, Pidi Baiq sudah menerima kontrak kerjasama dengan Enam Sembilan Production untuk penggarapan film Dilan 4, namun judul filmnya masih di rahasiakan.

Film Koboy Kampus merupakan film berlatar kehidupan Pidi Baiq di penulis novel Dilan ketika ia menjadi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) di era orde baru dan pergolakan gerakan reformasi.

Film yang antara lain di bintangi penyanyi Jason Ranti, aktor Ricky Harun, dan Bisma Kharisma ini, disutradarai oleh Pidi Baiq langsung. Film yang kocak namun sarat dengan pesan moral ini, juga dihiasi lagu-lagu keren ciptaan Pidi Baiq dengan band The Panasdalam nya.

Film ini sebagian besar mengambil lokasi shoting di kota Bandung Jawa Barat, namun sebagian lokasi shoting di lakukan di Banjarmasin.

Baca Juga: Pidi Ungkap Jati Dirinya di ‘Koboy Kampus’, Film Nostalgia Kampus yang Tayang Esok

Baca Juga: Di Koboy Kampus, Ricky Harun Jadi yang Paling Iseng

Baca Juga: Jennifer, Pemeran Inggrid di ‘Koboy Kampus’ yang Cinta Indonesia

Baca Juga: Gara-Gara Dilan, Ricky Harun Main Koboy Kampus

Baca Juga: Fakta Menarik di Balik ‘Koboy Kampus’, Gandeng Musisi Beken sebagai Aktor

Editor: Budi Ismanto

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ketum JMSI Soroti Praktik Jurnalisme yang Gunakan Combative Lens
apahabar.com

Nasional

Terlibat Baku Tembak di Papua, Tiga Prajurit TNI Gugur
apahabar.com

Nasional

Sahkan UU Cipta Kerja, Gedung DPR Dijual Murah di Tokopedia
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 2.092 Positif, 150 Sembuh, 191 Meninggal
apahabar.com

Nasional

Pemilu 2019 Selesai, Jokowi Minta Rakyat Indonesia Bersatu Kembali
apahabar.com

Nasional

“Bincang Santai” Ala Presiden Jokowi dengan Mardani H Maming
apahabar.com

Nasional

1.180 Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Sembuh
Jokowi Bahas Dua Hal Besar dengan Presiden Singapura

Nasional

Jokowi Bahas Dua Hal Besar dengan Presiden Singapura
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com