Kobaran Api Kembali Gegerkan Warga Patmaraga Kotabaru Cara Cek Pengumuman CPNS 2019 Hari Ini, Login sscn.bkn.go.id, Berikut Website & Panduan Lengkapnya 150 Rumah Hangus Terbakar, Simak Kronologi Lengkap Kebakaran di Kotabaru Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Si Jago Merah Mengamuk di Kotabaru: Berkobar Berjam-jam, Ratusan Rumah Ludes Terbakar!

Memajukan Wisata di Batola, Masyarakat Juga Berperan

- Apahabar.com Rabu, 31 Juli 2019 - 17:34 WIB

Memajukan Wisata di Batola, Masyarakat Juga Berperan

Berfoto di bawah Jembatan Rumpiang menjadi salah satu tujuan Wisatawan Nusantara (Wisnus) ke Marabahan. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Sadar bahwa kemajuan pariwisata membutuhkan bantuan masyarakat, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Barito Kuala langsung membidik titik sentral.

Upaya tersebut dilakukan melalui Bimbingan Teknis (Bintek) Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Hotel Prima Batola. Berlangsung dua hari dan berakhir, Rabu (31/07/2019).

Baca Juga: Kalsel Tuan Rumah PKN Gerakan Nasional Revolusi Mental 2019

“Dalam tata kelola destinasi pariwisata, masyarakat memegang peranan yang cukup penting,” papar Beben Eko Prabowo, pembicara dari Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan.

Salah satu peran yang dimiliki masyarakat adalah kesadaran dengan potensi wisata daerah setempat, serta menjaga dan merawat setiap tempat wisata.

“Kemajuan destinasi wisata juga ditentukan keramahan dan komunikatif masyarakat setempat terhadap pengunjung, sekaligus memahami kebutuhan wisatawan,” jelas Beben.

“Masyarakat sekitar juga disyaratkan terbuka menerima wisatawan, menjaga keamanan dan kenyamanan, serta merawat kebudayaan asli daerah,” imbuhnya.

Batola sendiri dituntut ikut membantu pencapaian target pariwisata Kalsel 2020 yang berusaha mendatangkan 1 juta Wisatawan Nusantara (Wisnus) dan 100 ribu Wisatawan Mancanegara (Wisman).

“Oleh karena itu, kami berusaha menguatkan sumber daya manusia untuk mengelola, memberdayakan dan mengoptimalkan potensi wisata yang tersedia melalui pelatihan ini,” sahut Gusti Ruspandi, Kepala Disporbudpar Batola.

Pelatihan diikuti sekitar 40 peserta yang terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Duta Wisata, penggiat wisata dan masyarakat di sekitar beberapa tempat tujuan wisata di Batola.

Selain Beben Eko Prabowo, pembicara lain adalah Amalia Rezeki dari Sahabat Bekantan Indonesia (SBI), Drs Mukhlis Maman dari Taman Budaya Kalsel, Drs Kasmudin MPd dan Helda.

Pelatihan ditutup dengan orientasi lapangan berupa wisata susur sungai ke Kampung Pelangi di Kelurahan Ulu Benteng, sentra pembuatan kerupuk di Desa Lepasan dan Jembatan Rumpiang.

Baca Juga: Silpa Banjarmasin Meningkat Ratusan Miliar, Dewan Pertanyaan Kinerja SKPD

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Simpan Banyak Potret Bersejarah, Andi Siap Bantu Pemkab Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Besok, Mobil Gunner PMI Semprotkan Disinfektan di Tanah Laut
apahabar.com

Kalsel

Sembuh dari Covid-19, Belasan Warga Kalsel Segera Dipulangkan
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pelantikan, Tiga Raperda Banjarbaru Belum Selesai
apahabar.com

Kalsel

Haru, Wagub Kalteng Kenang Kedekatan dengan Guru Zuhdi
apahabar.com

Kalsel

Audensi dengan Kemenkes Terkait Covid-19, Pemkab HSS Laporkan Pelayanan di RSUD Hasan Basry Kandangan
apahabar.com

Kalsel

Putus Mata Rantai Covid-19, Bhabinkamtibmas Polres HST Galang Sinergi
apahabar.com

Kalsel

Danlanal Berharap Prajurit Tertular Budi Luhur Habibie-Ainun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com