7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Mencengangkan, Silpa Pemko Banjarmasin Rp 381 Miliar  

- Apahabar.com Selasa, 16 Juli 2019 - 18:53 WIB

Mencengangkan, Silpa Pemko Banjarmasin Rp 381 Miliar   

Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Hermansyah. Foto-apahabar.com/Ahya Firmasyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Seluruh fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin mempertanyakan adanya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) APBD tahun 2018 yang mencapai Rp 381 miliar lebih.

Menurut anggota Fraksi Demokrat,  Abdul Gais, apakah Silpa itu karena perencanaan yang kurang matang atau mungkin dari sisi pelaksanaannya dari Pemerintah Kota Banjarmasin yang tidak optimal.

Baca Juga: DPRD Banjarmasin Sahkan Perda Pertanggungjawaban Anggaran 2018

“Kalau kita lihat, Silpa ini lebih besar dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita yang hanya berkisar Rp 280 miliar. Artinya anggaran yang kita bikin tidak bisa dilaksanakan,  mungkin ini karena beberapa faktor sehingga diserap kurang maksimal. Padahal ini akan berdampak pada kinerja Pemko Banjarmasin juga. Kalau saya lihat, beberapa waktu terakhir ini Pemko Banjarmasin seperti kurang sinkron sehingga mungkin itu menjadi salah satu faktor juga,” ungkapnya.

Abdul Gais mengungkap ini bakal menjadi perhatian, dewan sangat menyayangkan akan hal ini.

“Karena kita tidak ingin ini terus terjadi,  setiap tahun SILPA semakin tinggi. Kalau ini disebut penghematan, tapi tidak sebanyak nilai itu juga.  Ya,  kita bisa lihat dari perencanaan berarti ini kurang matang,” ujarnya.

Baca Juga: Usung Kembali Paman Birin, Golkar Prioritaskan Pendamping dari Kalangan Pemuda

Sementara itu menanggapi hal ini,  Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Hermansyah menyebut, pihaknya akan berupaya penyerapan anggaran 2019 ini cepat terealisasikan yang sudah memasuki triwulan III.

Pihaknya akan memprioritaskan skala prioritas, mana saja hal yang sangat dibutuhkan masyarakat. Bersama seluruh SKPD dan legislatif bagaimana penggunaan APBD perubahan ini efisiensi penggunaannya, agar skala prioritas diupayakan optimal peruntukannya.

“Banyak hal yang disampaikan fraksi akan ditindaklanjuti nanti pembahasan bersama SKPD. Apapun yang disampaikan fraksi adalah gambaran dari APBD bahwa SILPA menjadi perhatian pihak legislatif,  sehingga kami akan berupaya lebih kerja keras lagi agar penyerapan anggaran bisa maksimal dengan segera merapatkan barisan. Agar SKPD merealisasikan anggaran yang sudah disetujui DPRD itu bisa dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan,” pungkasnya.

Baca Juga: Dukung Airlangga Hartarto, Golkar Kalsel ‘Singgung’ Tol Banjarbaru-Batulicin hingga Rel Kereta Api

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Terbang ke Jakarta dan Bali Wajib Sertakan Hasil Swab Negatif
apahabar.com

Kalsel

Kasus Aktif Melandai, Kalsel Beralih Jadi Zona Risiko Sedang
Apahabar.com

Kalsel

Breaking News! PSBB Tiga Daerah di Kalsel Disetujui Kemenkes
PDP yang Meninggal asal Batola Negatif Covid-19

Kalsel

PDP yang Meninggal asal Batola Negatif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Kronologi, dan Identitas Lengkap Kecelakaan Beruntun di Gambut
apahabar.com

Kalsel

Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Berhaji
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pengamanan Kedatangan Presiden Jokowi, Paspampres Dijamu ‘Soto Banjar’
apahabar.com

Kalsel

Pesawat Delay, Jemaah Haji Kalsel Bakal Tiba Dini Hari Nanti
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com