Target 1 Juta Barel, Pemerintah Siap Danai Penuh Survei Seismik 3D Positif Covid-19, Cepat Sembuh Ketum PBNU Said Aqil Rupiah Jaya, Dolar Jatuh ke Level Terendah Mobil Terbelah dan Terbakar di Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024

Mirip ‘Senjata’ Pria, Markisa di Batola Bikin Heboh

- Apahabar.com Jumat, 5 Juli 2019 - 13:50 WIB

Mirip ‘Senjata’ Pria, Markisa di Batola Bikin Heboh

Buah markisa yang berbentuk tidak biasa di Desa Roham Raya, Kecamatan Wanaraya, Barito Kuala. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Memiliki cita rasa yang sama, buah markisa di Kecamatan Wanaraya, Barito Kuala, bikin heboh orang dewasa yang melihat.

Penyebabnya buah markisa milik Ari Ratna di Desa Roham Raya tersebut berbentuk tak lazim, dan lebih menyerupai alat kelamin pria.

Akibat bentuk yang unik, warga sekitar menamai markisa tersebut markon. “Sebenarnya cuma markisa biasa, cuma punya bentuk yang unik,” papar Ari, kepada apahabar.com.

Markisa itu ditanam sejak empat tahun lalu, setelah Ari mendapatkan bibit yang dibawa seorang teman di Dinas Pertanian Batola dari Banjarbaru.

Pun markisa dengan bentuk serupa pernah ditemukan di daerah lain di Indonesia. Namun khusus di Batola, markon cuma dapat ditemukan di Roham Raya.

“Sejak pertama kali berbuah, markisa itu tidak pernah berhenti berbuah. Meski berbentuk tak umum, rasanya manis seperti markisa kebanyakan,” jelas Ari.

Berbentuk seperti kelamin pria, buah itu lantas disebut warga sekitar sebagai markisa pria. Sedangkan yang berbentuk biasa, disebut markisa wanita.

“Cuma isinya agak besar. Kalau masih muda, markisa ini dapat disayur. Ketika sudah tua, persis seperti buah pir dan bisa dijadikan es buah atau disajikan tergantung selera,” sambung Ari.

Oleh karena bentuk yang unik, banyak warga datang melihat. “Kebetulan Wanaraya sering mendapat kunjungan orang-orang seperti dari Banjarmasin dan Banjarbaru. Biasanya mereka heboh kalau melihat markon,” seloroh Ari.

Tidak hanya unik, markon kerap menghasilkan buah yang banyak, “Markisa ini belum pernah dijual. Kalau orang minta, langsung saya beri karena berbuah banyak,” tandasnya.

Bernama latin passiflora edulis, markisa berasal dari Amerika Selatan. Selain kerap dijadikan jus dan tambahan untuk minuman-minuman buah lain, markisa dapat diolah menjadi selai.

Markisa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kaya serat dan antioksidan, markisa berguna untuk penderita asma dan insomnia, memiliki efek dan sumber nutrisi.

apahabar.com

Baca Juga: WWF Indonesia Temukan Rumah Ikan Garopa di Perairan Pulau Kon

Baca Juga: Buntut Pernikahan Sedarah, Ansar Bakalan Diusir dari Bulukumba

Baca Juga: Kodam VI/Mulawarman Musnahkan Ratusan Senpi dari Perbatasan

Baca Juga: Eks Karyawan Media Ramaikan Bursa Pilwali Banjarmasin 2020

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Tambah 2.081, Positif Jadi 139.549 Orang
apahabar.com

Nasional

Pemudik Lebaran, BMKG Himbau Waspadai Potensi Cuaca Buruk
apahabar.com

Nasional

Penangguhan Eks Danjen Kopassus Dikabulkan
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Bertambah 113, Pasien Sembuh Jadi 2.607
apahabar.com

Nasional

Kandidat Kuat Ibu Kota Negara, Kaltim Sodorkan Dua Tempat
apahabar.com

Nasional

14 Tahun Menanti, Taufik Akhirnya Temukan Jenazah Istri yang Jadi Korban Tsunami Aceh
apahabar.com

Nasional

Ratusan Warga Dirawat Usai Santap Makanan
apahabar.com

Nasional

Mobil Pengawalan Delta Zone PT Freeport Ditembaki KKB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com