Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Nadjmi Janji Aspalkan Jalan Pertanian Handil Kiayi

- Apahabar.com Rabu, 31 Juli 2019 - 13:42 WIB

Nadjmi Janji Aspalkan Jalan Pertanian Handil Kiayi

FOTO : PANEN RAYA – Walikota Banjarbaru Ndjmi Adhani, saat panen raya di Handil Kiayi

Apahabar,com. BANJARBARU – Kelurahan Bangkal, Kecamatan Cempaka, adalah salah satu kawasan lahan pertanian dan merupakan lumbung padi untuk wilayah Kota Banjarbaru. Hampir sebagian besar penduduk di kawasan ini bermata pencaharian sebagai petani.

Namun sayangnya, akses jalan untuk menuju areal pertanian warga ini, masih terbilang cukup sulit dilalui, sehingga menghambat warga ketika mengangkut hasil pertaniannya ke kawasan permukiman.

‘’Kami menginginkan agar Bapak Walikota berkenan membangunkan jalan beraspal dari areal persawahan ini ke lokasi permukiman,’’ ungkap salah seorang warga ketika Walikota Banjarmasin, H Nadjmi Adhani, berkunjung ke Kelurahan Bangkal, dalam acara syukuran dan panen raya Kelompok Tani Sejahtera yang dilaksanakan di Handil Kiyai, Kelurahan Bangkal, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. Rabu (31/7).

Nadjmi Adhani mengaku bangga dengan para petani di Kelurahan Bangkal karena mampu bertahan untuk mengelola lahan sawah dan hari ini menggelar syukuran sekaligus panen raya.

“Ini adalah hasil kerja keras kita barataan, petani, Dinas-dinas terkait, serta pihak swasta yang telah membantu dengan kewenangannya masing-masing, sehingga lahan pertanian di Kelurahan bangkal tetap produktif dan menghasilkan” ucap Nadjmi Adhani.

Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kehutanan selalu memberikan perhatian serius kepada para petani.  Selain menerjunkan PPL untuk membantu dan membina para petani, pihaknya juga memberikan bantuan ternak itik agar petani lebih sejahtera dan pendapatannyapun meningkat. “Karena tugas pemerintah adalah mensejahterakan petani” ungkap Walikota dihadapan para petani.

Yang lebih membanggakan, petani disini tidak menggunakan pupuk dari bahan kimia, sehingga beras hasil panennya lebih sehat.

Kesempatan bertemu Walikota Banjarbaru dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para petani untuk menyampaikan aspirasi dan meminta bantuan.  Apalagi Walikota hadir bersama kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Kalsel, serta mengajak kepala BPKAD dan Bappeda Kota Banjarbaru untuk mendengarkan usulan dari para petani.

Salah satu yang diminta warga adalah agar pemerintah memperbaiki dan mengaspal jalan masuk ke lahan pertanian mereka.  Apalagi jalan ini tembus ke Kelurahan Palam. Sehingga para petani di kelurahan palam pun akan merasa sangat terbantu mereka memasarkan hasil pertaniannya.

Permohonan ini diiyakan oleh Walikota seraya meminta agar usulan ini dimasukan ke dalam musrenbang atau melalui dianggarakan melalui APBD Kota Banjarbaru.

Potensi lahan pertanian di Kelurahan ini mencapai 1400 hektar, dan yang sudah digarap baru 900 hektar, sehingga masih ada potensi 500 hektar yang belum tergarap.

Menurut Walikota, luasnya hamaparan lahan pertanian ini menjadi gambaran bahwa meskipun Banjarbaru adalah kota, namun kawasan pertaniannya tetap diperhatikan dan dipertahankan.

Para petani dari Kelompok Tani Sejahtera merasa sangat bahagia panen raya mereka dihadiri oleh orang nomor satu di Banjarbaru.  Mereka mengakui bahwa selama ini telah mendapat bantuan dan perhatian dari PPL Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kehutanan Kota Banjarbaru.  Oleh karenanya hasil panen mereka meningkat setiap tahun.

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sukses Tekan Covid-19, Pemkot Banjarbaru ‘Diguyur’ Rp 15 Miliar
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Said Abdullah Hadiri Tablig Akbar bersama Syekh Muhammad Jaber
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Lipsus Harjad Kota Banjarbaru: Masyarakat Kota Idaman yang Dipandang Religius
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Positif Covid-19 di Banjarbaru Meningkat, Gugus Tugas Terapkan Sistem Ring
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkot Banjarbaru Gelar Bimtek
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkot Banjarbaru Apresiasi Pondok Pesantren Al-Falah
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sukseskan Haul Sekumpul Ke-15, Belasan Sekolah di Banjarbaru Siap Tampung Jemaah
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Dana Hibah Pengamanan Pilwali Banjarbaru Resmi Ditandatangani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com