Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan Daftar Lengkap 64 Link Pengumuman CPNS 2019, sscn.bkn.go.id & Berkas Online yang Harus Disiapkan! Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

Nadjmi Minta Optimalkan Lahan Pertanian Bangkal

- Apahabar.com Rabu, 31 Juli 2019 - 12:38 WIB

Nadjmi Minta Optimalkan Lahan Pertanian Bangkal

foto : PANEN RAYA - Walikota Nadjmi Adhani menghadiri Panen Raya Kelompok Tani Sejahtera di Kelurahan Bangkal.

Apahabar.com, BANJARBARU – ”Sejauh-jauh mata memandang, banih kuning siap dikatam”.  Begitulah senandung Walikota Nadjmi Adhani menirukan lirik Mars Banjarbaru untuk menggambarkan luasnya hamparan sawah di Kelurahan Bangkal.

Nadjmi datang guna menghadiri Syukuran dan Panen Raya Kelompok Tani Sejahtera yang dilaksanakan di Handil Kiyai Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka, Rabu (31/7).
Najdmi Adhani mengaku bangga denga petani di Kelurahan Bangkal karena mampu bertahan untuk mengelola lahan sawah dan hari ini menggelar syukuran sekaligus panen raya.

”Ini adalah hasil kerja keras kita barataan, petani, dinas-dinas terkait serta pihak swasta yang telah membantu dengan kewenangannya masing-masing, sehingga lahan pertanian di Kelurahan Bangkal tetap produktif dan menghasilkan,” ucap Nadjmi.

Dijelaskannya, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kehutanan selalu memberikan perhatian serius kepada petani.  Selain menerjunkan PPL untuk membantu dan membina, juga memberikan bantuan ternak itik agar petani lebih sejahtera dan pendapatannyapun meningkat.

”Karena tugas pemerintah adalah mensejahterakan petani,” ungkap Walikota.

Yang lebih membanggakan, lanjutnya, petani disini tidak menggunakan pupuk dari bahan kimia, sehingga beras hasil panennya lebih sehat.
Kesempatan bertemu Walikota Banjarbaru dimanfaatkan sebaik-baiknya para petani untuk menyampaikan aspirasi dan meminta bantuan.  Apalagi Nadjmi hadir bersama kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalsel serta mengajak Kepala BPKAD dan Bappeda untuk mendengarkan usulan.
Salah satu yang diminta warga adalah agar pemerintah memperbaiki dan mengaspal jalan masuk ke lahan pertanian mereka.  Apalagi jalan ini tembus ke Kelurahan Palam. Sehingga  petani setempat akan merasa sangat terbantu memasarkan hasil pertaniannya.

Permohonan ini diiyakan Walikota seraya meminta agar usulan ini dimasukan ke dalam musrenbang dan dianggarakan melalui APBD Kota.

Potensi lahan pertanian di Kelurahan ini mencapai 1400 hektar, dan yang sudah digarap baru 900 hektar, sehingga masih ada potensi 500 hektar yang belum tergarap.

Menurut Walikota, luasnya hamparan lahan pertanian ini menjadi gambaran bahwa meskipun Banjarbaru adalah kota, namun kawasan pertanianya tetap diperhatikan dan dipertahankan.

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pasar Baru Cempaka Mulai Beroperasi, Kios Digratiskan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

PKK Banjarbaru Ikuti Lima Lomba Tingkat Kalsel
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Siap Ikuti Penyemprotan Disinfektan Serentak se-Indonesia
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ririen Jelaskan Pentingnya Miliki KIA
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sekda Ikut Padamkan Api Karhutla
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bandara Bantu Korban Kebakaran Cempaka
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Hadiri Forum Posyandu Ceria, Ririen Serahkan Kain Sasirangan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Janji Aspalkan Jalan Pertanian Handil Kiayi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com