BREAKING NEWS! Calon Wakil Wali Kota Balikpapan Terpilih Meninggal Terpapar Covid-19 Kadinkes Banjarmasin Covid-19, Sekretaris Gantikan Lurah Pemurus Akhirnya, 2BHD Beber Pelanggaran TSM Pilbup Kotabaru dalam Sidang MK Di Tengah Kondisi Banjir, Pemprov Kalsel Tak Tunda Vaksinasi Tahap 2 Ungkap Pelanggaran Pilgub Kalteng, Ben-Ujang Minta Buka Kotak Suara

Nah, RSPON Terima 350 Pasien Stroke Tiap Hari!

- Apahabar.com Selasa, 16 Juli 2019 - 08:00 WIB

Nah, RSPON Terima 350 Pasien Stroke Tiap Hari!

Ilustrasi penyakit stroke. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Penyakit stroke sepertinya jadi ancaman masyarakat dewasa ini. Bayangkan saja, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) menerima 350 pasien stroke setiap harinya.

Jumlah itu, merupakan total dari 500 kunjungan rawat jalan dengan berbagai macam penyakit. “Seluruh kasus neurologi, otak dan persarafan itu satu hari rawat jalan 500 pasien, 70 persen pasien kami adalah pasien stroke,” kata Direktur Utama RSPON Mursyid Bustami seperti dikutip Antara, Senin (15/07/2019) malam.

Sementara untuk pasien rawat inap dengan total 208 ranjang pasien yang tersedia, sebanyak 65-70 persen terisi oleh pasien.

Selain penyakit stroke, pasien RSPON lainnya yang berhubungan dengan otak seperti tumor otak, epilepsi, penyakit gangguan saraf, dan demensia.

Melihat tingginya angka kunjungan pasien stroke tersebut, Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kepada masyarakat untuk mengubah perilaku hidup menjadi lebih sehat.

Tren jumlah kasus penyakit tidak menular (PTM) meningkat di seluruh provinsi Indonesia dilihat dari data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) yang dikeluarkan oleh Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Berdasarkan data IPKM, tidak ada satupun sub indeks penyakit tidak menular di 34 provinsi Indonesia menunjukkan hasil baik. Meskipun secara umum angka IPKM nasional meningkat.

Menteri Kesehatan mengatakan, tingginya angka penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung, stroke dan lainnya akibat dari pola hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, Menkes mengajak masyarakat Indonesia agar menerapkan hidup sehat dengan menjaga asupan makan dengan gizi seimbang, beraktivitas fisik, hindari rokok, dan cek kesehatan secara berkala.

Baca Juga: Waspada, Anak Muda juga Bisa Terserang Stroke

Baca Juga: Sempat Kena Stroke, Pakar Media Sosial Nukman Luthfie Meninggal Dunia

Baca Juga: Kalimantan Jadi Ibu Kota RI, Cuncung: Dayak Meratus Jangan Khawatir

Baca Juga: Partikel Udara 2,5 Mikrometer Berbahaya bagi Kesehatan

Sumber: Antara
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Fakta Baru! Polisi Temukan 113 Video Mesum ‘Vina Garut’
apahabar.com

Nasional

Tegakkan Protokol Kesehatan, Jokowi Libatkan TNI/Polri
kapolri

Nasional

Resmi, Jokowi Usulkan Listyo Sigit Calon Tunggal Kapolri

Nasional

20 Hari Lagi Pensiun, Ini ‘Utang’ Besar Kapolri Idham Azis untuk Masyarakat Indonesia
apahabar.com

Nasional

Esemka Banyak Gunakan Komponen Lokal, Ini Profil Pemasoknya
apahabar.com

Nasional

Angkat Tema Kearifan Lokal, TPS Ini Tekan Angka Golput
apahabar.com

Nasional

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Tinggal 12,7 Persen
apahabar.com

Nasional

Hindari Stigmatisasi, Ini Sebutan Baru untuk Virus Corona
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com