apahabar.com
Tim Penilai sedang menilai makanan yang disajikan peserta Lomba Cipta Menu pangan Lokal. Foto-apahabar.com/Agus Suhadi

apahabar.com, PARINGIN – TP PKK Kecamatan Juai mengolah Waluh (Labu) sebagai bahan menu makanan di Lomba Cipta Pangan Lokal di Tingkat Kabupaten Balangan pada Senin (15/7/2019) kemarin. Tak disangka, menu olahan tersebut mengantarkan mereka menjadi juara sekaligus mewakili kabupaten tersebut di tingkat provinsi.

Lomba cipta menu pangan lokal tingkat kabupaten ini digelar Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Balangan di Gedung Mayang Maurai  Kecamatan Paringin.

Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin menyampaikan, kegiatan Lomba Cipta Menu Pangan Lokal ini dapat meningkatkan hasil olahan budaya kuliner lokal khas Balangan.

“Dengan adanya Lomba Cipta Menu Pangan ini diharapkan bisa mengangkat kuliner lokal yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman,” ucap Nursidah.

Di tempat berbeda, salah satu tim penilai dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Rolena Kinawati mengungkapkan, “Sistem penilaian yang dilakukan itu ada dua. Pertama, berupa makanan dengan menu yang sama, tetapi dalam satu menu itu ada beberapa resep. Dan yang kedua, yaitu olahan pangan kering yang tidak mudah basi.”

“Yang pastinya, sesuai persyaratannya berdasarkan bahan olahan pangan lokal. Penilaiannya pun disesuaikan dengan jenis menu yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman,” tambahnya.

Sementara itu, pemenang sekaligus juara umum dari Lomba Cipta Menu Pangan Lokal tingkat Kabupaten Balangan ini diraih Tim Penggerak PKK Kecamatan Juai. Mereka akan mewakili Kabupaten Balangan di Lomba Cipta Menu Pangan Lokal di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah, kami bisa mendapat juara umum dengan membawa menu Waluh Juai,” ucap Ketua Tim Pengerak PKK Kecamatan Juai, Wenny Lisninda.

Baca Juga: Ini Juara Futsal STKOM Sapta Computer Cup Balangan 2019

Baca Juga: Rapat Golkar Putuskan Nama Ketua DPRD Balangan

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Muhammad Bulkini