Jadwal Liga Champions Liverpool Vs Ajax, Klopp Pastikan Van Dijk Bakal Lebih Tangguh Setahun Jokowi-Ma’ruf, Map Merah Penuhi Jalanan Banjarmasin Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf

Panitia Kurban di HSS Diminta Tak Gunakan Kantong Plastik

- Apahabar.com Rabu, 31 Juli 2019 - 17:23 WIB

Panitia Kurban di HSS Diminta Tak Gunakan Kantong Plastik

Ilustrasi hewan kurban. Foto – Antara/Irfan Anshori/pras

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat menerbitkan surat seruan bersama terkait pemotongan hewan kurban nomor 400.3/625/Kesra dan nomor 042/MUI-HSS/VII/2019 yang memuat 7 poin.

Di mana salah satu poinnya mengimbau seluruh panitia penyembelihan hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging. Sebagai gantinya, Pemkab HSS berharap panitia kurban menggunakan pembungkus dari bahan alam.

Baca Juga: 8 Desa di Kecamatan Sungai Raya Terima BSPS 2019

Dalam surat seruan itu, untuk memberikan pemahaman pentingnya menjaga kebersihan untuk kesehatan serta mencegah kerusakan lingkungan dengan menggunakan wadah atau kemasan daging kurban seperti tradisi zaman dahulu.

Caranya, pada saat pelaksanaan distribusi daging kurban, panitia tak menggunakan kantong kresek, baik yang berwarna hitam maupun berbahan sama sekali pakai sebagai pembungkus.

Hal tersebut bisa dilakukan, kata Bupati HSS H Achmad Fikry dan Ketua MUI HSS KH Muhammad Riduan dalam suratnya, dengan cara memberitahu kepada para penerima daging kurban agar membawa wadah sendiri dari rumah pada saat pembagian kupon.

Hal tersebut bisa disampaikan dengan santun, dan memberi penjelasan bahwa menghindari kantong kresek bertujuan menjaga lingkungan dari banyaknya limbah plastik, di mana kresek merupakan sampah yang tak terurai dalam tanah.

Untuk seruan mengganti kantong kresek dengan cara penerima membawa tempat daging sendiri. Bisa pula menggantinya dengan bahan lain yang ramah lingkungan seperti daun dan lainya.

“Para ASN Pemkab HSS yang menjadi panitia diharapkan menjadi pelopor dalam memberi contoh menggunakan kemasan hewan kurban bebas kantong kresek demi menjaga lingkungan,” imbaunya.

Pasca pemotongan hewan kurban, panitia juga diimbau tetap menjaga kebersihan dengan menyiram dan mengubur limbah kotoran hewan sampai bersih sehingga kesehatan lingkungan tetap terjaga.

Adapun kepada para agniya (orang kaya) dan masyarakat mampu atau mereka yang memiliki kelebihan rezeki agar melaksanakan ibadah kurban sebagai wujud rasa peduli, empati, membangun sikap dan rasa kebersamaan untuk meningkatkan ketaqwaan juga kecintaan kepada Allah SWT.

Baca Juga: BPS Gelar FGD Penyusunan Publikasi HSS dalam Angka 2019

Reporter: Simah
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

ASN Wajib Masuk Kerja 10 Juni
apahabar.com

HSS

MTQ ke-47 HSS Resmi Digelar
apahabar.com

HSS

Apresiasi Saber HST, Bupati Chairansyah Ikut Rogoh Uang dari Kantong Sendiri
apahabar.com

HSS

Rp 300 Juta untuk Rehab Kubah Datu Daha
apahabar.com

HSS

Berharap Berkah Haul Abah Guru Sekumpul di Sungai Raya
apahabar.com

HSS

Resmi, RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan Miliki Dokter Spesialis Ortopedi
apahabar.com

HSS

Menjaga Kerukunan Umat Beragama di HSS
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Boyong Tiga Penghargaan Hari Anak Nasional
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com