Pelambuan Membara, Belasan Rumah Terbakar Dini Hari Terciduk Warga, Begal Sapi Tanah Bumbu Lari Tunggang-langgang di Kotabaru Transkrip Rekaman Sengketa Pilgub Kalsel Beredar, Petinggi KPU Akui PPK Terima Duit Heboh Kades di Kelumpang Tersangka Pungli, Giliran Apdesi Kotabaru Buka Suara Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah

Pemindahan Ibu Kota, Jutaan PNS Diboyong ke Kalimantan

- Apahabar.com Selasa, 30 Juli 2019 - 16:43 WIB

Pemindahan Ibu Kota, Jutaan PNS Diboyong ke Kalimantan

Presiden Joko Widodo didampingi Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat mengecek calon lokasi pemerintahan baru di Bukit Soeharto, Kaltim, awal Mei lalu. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bakal memindahkan jutaan aparatur sipil negara (ASN) atau PNS di lingkaran pemerintah pusat ke Kalimantan. Itu sebagai konsekuensi pemindahan ibu kota.

Sebelumnya, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Kalimantan menjadi lokasi ibu kota baru sudah disetujui presiden.

“Sudah direncanakan ya, kalau memang ibu kota pindah, ya ASN-nya pindah,” kata MenPAN-RB Syafruddin kepada wartawan di Menara Bidakara, Pancoran, Jakarta, Selasa, dikutip apahabar.com dari CNN Indonesia.

Jumlah ASN yang berdinas pemerintah pusat saat ini mencapai sekitar 1,5 juta jiwa. Pemerintah mengakomodasi seluruh ASN tersebut untuk pindah ke ibu kota negara yang baru.

“Iya, iya sudah, sudah kita [rencanakan untuk pindah juga], di Kementerian lembaga di pusat ini jumlah ASN yang berada di tingkat pusat itu 1 juta orang,” kata dia.

Proses pemindahan ibu kota negara pada 2019 sebagai keputusan, 2020 sebagai proses perencanaan, 2021-2023 proses pembangunan, dan 2024 mulai memindahkan pusat pemerintahan.

Jika jadi dilaksanakan, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta diprediksi menelan biaya Rp466 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak swasta.

Adapun Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur menjadi kandidat kuat calon ibu kota baru. Jokowi sudah mengunjungi kedua daerah tersebut, awal Mei lalu.

“Lokasi atau lahan kita siap. Tapi bagaimana pemerintah bisa memindahkan 1,5 juta pegawai ke Kaltim. Belum lagi kita bicara anggaran sesuai perkiraan Menteri Keuangan sekitar Rp466 triliun untuk pembangunannya,” ujar Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, seperti diwartakan sebelumnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

KPK Obok-Obok Ruang Kerja Mendag Enggartiasto..!!
apahabar.com

Nasional

Belanda Janji Kembalikan Berlian 70 Karat Milik Sultan Banjarmasin
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Dinyatakan Negatif Covid-19
Merapi

Nasional

Merapi Kembali Luncurkan Guguran Lava Pijar Sejauh 900 Meter
apahabar.com

Nasional

Usulan RUU Permusikan Ditarik, Ini Alasan Anang Hermansyah
beras berkutu

Nasional

Warga Terima Beras Berkutu, Kemensos: Bisa Dikembalikan
SNMPTN 2021

Nasional

Pendaftaran SNMPTN 2021 Mulai Dibuka, Simak Caranya
apahabar.com

Nasional

Sapa Ujung Tombak Distribusi Pertamina di Kalimantan, Begini Pesan Direktur Hulu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com