Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Penyebaran Pangkalan Elpiji di Kalteng Tak Merata

- Apahabar.com Selasa, 16 Juli 2019 - 06:15 WIB

Penyebaran Pangkalan Elpiji di Kalteng Tak Merata

Ilustrasi elpiji. Foto-Antara

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Walau pangkalan elpiji di Kalteng cukup banyak, namun PT Pertamina menilai penyebarannya belum merata, Makanya fakta itu sekarang dalam tahap evaluasi guna dilakukannya pembenahan.

“Ini menjadi salah satu penyebab kelangkaan tabung gas elpiji,” kata Branch Marketing PT Pertamina wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, Ivan Syuhada seperti ditulis Antara.

Penyebaran pangkalan yang tak merata di Kalteng, tak hanya berdampak pada kelangkaan di sejumlah wilayah, namun juga kepada harga eceran yang seringkali melampaui harga eceran tertinggi (HET).

Ia menjelaskan, untuk jumlah pangkalan sebenarnya sudah cukup banyak, sama halnya seperti di Kalbar. Makanya pihaknya menjadikan hal itu sebagai prioritas untuk segera diselesaikan, agar keberadaan pangkalan dapat benar-benar merata.

“Akibat tidak merata, menyebabkan masyarakat di sejumlah daerah mengalami kesulitan mendapatkan tabung gas elpiji untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” jelasnya.

Guna mengatasinya, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah penanggulangan sebagai solusi yang dinilai tepat. Utamanya dengan membuat program satu desa atau kelurahan memiliki satu kios penjualan elpiji.

Penyediaan elpiji di setiap desa nantinya bisa difasilitasi melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. Kemudian jika BUMDes resmi menjadi pangkalan, pemerintah bersama pihaknya akan melakukan pengecekan guna menghitung jumlah minimum yang diperlukan setiap desa maupun kelurahan.

Ivan menegaskan, Pertamina ingin agar kedepannya BUMDes berpartisipasi secara aktif menjaga energi, agar pemanfaatannya benar-benar maksimal dan terhindar dari penyimpangan. Hanya saja untuk mewujudkannya, harus dilakukan secara bertahap.

“Kami telah menyurati pemerintah daerah, untuk menyampaikan usulan BUMDes sebagai penyedia elpiji. Sebagai langkah awal, setiaknya pemerintah daerah bisa menyediakan lima BUMDes untuk rencana tersebut,” tuturnya.

Hingga saat ini hanya ada dua BUMDes di Kotawaringin Timur yang menjadi penyedia elpiji. Kedepan pihaknya berharap pemerintah kabupaten dan kota lainnya dapat segera menyusul, hingga nantinya pemenuhan elpiji tidak lagi menemui masalah.

Baca Juga: Kalapas Palangkaraya: Kami Siap Bantu BNNP Bongkar Jaringan Narkoba di Dalam Lapas

Baca Juga: DPRD Palangkaraya Minta Pemkot Batasi Jumlah Minimarket

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Di Tengah Pandemi, Latihan Perdana Balap Motor Kapuas Resmi Dimulai
apahabar.com

Kalteng

‘Ngamuk’ Dievakuasi, Buaya Raksasa Libas Dua Petugas WRU BKSD Hingga Terpental
apahabar.com

Kalteng

Mau Dirujuk, Eks Pengidap Covid-19 di Teweh Tutup Usia
apahabar.com

Kalteng

Ganjar Pranowo Bantu Warga Transmigran Jateng di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Kemenkumham: Lima Kasus Diduga Melanggar HAM Terjadi di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas
apahabar.com

Kalteng

Gubernur dan Wagub Kalteng Mendaftar ke Golkar dan Demokrat
apahabar.com

Kalteng

231 Napi Lapas Muara Teweh Diusulkan Dapat Remisi, 5 Orang Bebas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com