RAKERNAS 2021 Dibuka Jokowi, Ketum Hipmi: Saatnya Jadi Bangsa Produktif Jokowi di Rakernas Hipmi 2021: Investasi-Hilirisasi Industri Jadi Kunci Pengamat: Hati-Hati Manuver Politik KLB Demokrat, RK! Duh, Jembatan Perhotelan Sepanjang Ahmad Yani Banjarmasin Dituding Langgar IMB Top! Jamu Gendong Ibu Nining asal Kintap Tembus Pasar Eropa

Perkenalkan Potensi Ekspor Pertanian Buat Pelajar

- Apahabar.com Selasa, 2 Juli 2019 - 05:45 WIB

Perkenalkan Potensi Ekspor Pertanian Buat Pelajar

Foto bersama pelajar duta pertanian disela sosialisasi Bulan Bakti ke 142 Karantina Pertanian dengan tema ‘Gerakan Bersama Ekspor Produk Pertanian Menuju Indonesia Lumbung Pangan 2045’. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin mempromosikan potensi sektor pertanian untuk menjadi komoditas ekspor yang diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kasubag Tata Usaha Balai Karantina Pertanian Banjarmasin, Sunarto berharap generasi muda mengenal sejak dini tentang potensi sektor pertanian di daerah ini.

Dikemukakan Sunarto, sosialisasi program Balai Karantina kepada pelajar dalam rangka Bulan Bakti ke-142 Karantina Pertanian dengan tema “Gerakan Bersama Ekspor Produk Pertanian Menuju Indonesia Lumbung Pangan 2045”.

“Sengaja kita melakukan sosialisasi kepada pelajar, agar mereka lebih cepat memahami tentang potensi pertanian yang cukup besar, bahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya seperti ditulis Antara.

Melalui pengenalan tersebut, diharapkan akan menumbuhkan keinginan generasi muda untuk mengembangkan sektor pertanian, hingga pada akhirnya, pertanian di Kalsel akan menjadi salah satu tumpuan utama ekonomi daerah.

Saat ini, tambah dia, Balai Karantina juga telah mengembangkan berbagai program pertanian secara digital. Diharapkan, berbagai program tersebut, nantinya juga menjadi salah satu hal yang digemari oleh generasi milenial.

“Kami berharap, dengan mengenalkan berbagai potensi pertanian sejak dini kepada generasi milenial, akan menumbuhkan rasa peduli mereka terhadap sektor tersebut,” katanya.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar generasi muda, enggan untuk berkecimpung di sektor pertanian, mereka memilih bekerja di kantor, menjadi PNS dan sektor lainnya.
Padahal, sektor pertanian memiliki potensi cukup besar, untuk menjadi salah pemacu pertumbuhan ekonomi daerah, terutama di Kalimantan Selatan.

Menurut Sunarto, dalam setiap tahunnya, ekspor sektor pertanian dari Kalsel terus meningkat, bahkan peningkatannya hingga 100 persen.

Melalui kepedulian seluruh pihak terkait, diharapkan potensi ekspor pertanian tersebut, terus berkembang dan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Selain mengenalkan tentang ekspor pertanian, pada kesempatan tersebut,juga dikenalkan tugas dan fungsi Balai Karantina untuk melindungi keanekaragaman hayati dari serangan hama.

“Kami berharap mendapatkan dukungan dari masyarakat dan dunia pendidikan, dalam melaksanakan tugas kami dalam memantau adanya hama yang menyerang hewan dan tumbuhan,” katanya.

Selain itu dia berharap, masyarakat lebih peduli terhadap masuknya hama tumbuhan dan hewan yang masuk ke daerah.

“Mari bersama melindungi negeri dari ancaman hama penyakit dan tumbuhan, dengan meningkatkan partisipasi seluruh pihak, untuk melindungi kekayaan hayati,” katanya.

Pada sosialisasi dalam rangka Bulan Bakti ke 142 Karantina Pertanian tersebut, juga dipilih enam orang pelajar sebagai Duta Karantina.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto mengatakan, kegiatan tersebut akan memberikan pengetahuan tambahan yang sangat berharga bagi para pelajar tingkat SD-SLTA.

“Kegiatan ini sangat bagus, apalagi nanti akan ada sosialisasi tentang apa itu Balai Karantina, dan beberapa pengetahuan lainnya,” kata Agus.

Baca Juga: Mengamuk di Barabai, Pemuda Ini Diamankan ke Sambang Lihum

Baca Juga: Keluhan Gubernur Kaltim Sering Didikte Bangsa Lain

Baca Juga: Bangkitkan BUMDes, Balatmas Banjarmasin Latih SDM Desa Bartim

Baca Juga: Setelah Manasik, CJH Banjarmasin akan Gelar Salat Hajat

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

2 PDP Covid-19 Asal Banjarmasin Meninggal, Belum Ada Hasil Tes PCR
apahabar.com

Kalsel

Bawa Kristal Mematikan, 2 Pemuda Barabai Kena Tangkap
apahabar.com

Kalsel

Penghapusan Guru Honorer, Pemprov Kalsel Sepakat dengan Syarat
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Trisakti Banjarmasin, Bantuan Mulai Disalurkan
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Di-PSBB, TNI-Polri Perketat Perbatasan
apahabar.com

Kalsel

Ribut di Taman Saijaan Kotabaru, Pemuda Bersajam Diringkus Macan Bamega
apahabar.com

Kalsel

Napi Asimilasi Berulah, Unit Resmob Polres Banjar Gencar Sweeping
Banjarmasin

Kalsel

Viral SPBU Sutoyo Banjarmasin Jual BBM Tak dari Nol, Simak Penjelasan Pertamina
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com