Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir Banjir, Ancaman Kelaparan Mengintai Warga Pejambuan Sungai Tabuk Bertambah 9.994, Positif Covid-19 Indonesia Dekati 1 Juta Kasus

Pilih Banjarmasin, Trakindo Dukung Peningkatan Prestasi Operator Alat Berat Indonesia

- Apahabar.com Kamis, 11 Juli 2019 - 12:49 WIB

Pilih Banjarmasin, Trakindo Dukung Peningkatan Prestasi Operator Alat Berat Indonesia

Marketing Communication Manager Trakindo, Derry Afifudin Adiwijaya ketika menjelaskan perihal ajang pencarian operator alat berat terbaik Indonesia. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Operator adalah salah satu elemen terpenting dalam kesuksesan pekerjaan industri yang melibatkan alat berat. Semakin andal seorang operator dalam mengoperasikan alat berat, akan semakin besar pengaruh terhadap peningkatan produktivitas pekerjaan.

PT Trakindo Utama (Trakindo) penyedia solusi alat berat Caterpillar, memulai ajang pencarian operator alat berat terbaik Indonesia.

Dengan bertajuk Cat Global Operator Challenge di Banjarmasin, yang selanjutnya akan menyusul di empat kota lain, di antaranya Makassar, Yogyakarta, Palembang. Dengan babak final di Jakarta.

Marketing Communication Manager Trakindo, Derry Afifudin Adiwijaya mengatakan bahwa ajang Cat Global Operator Challenge ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Trakindo dalam mendukung peningkatan prestasi operator alat berat Indonesia.

“Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat mendorong semangat para operator tanah air, khususnya di Banjarmasin untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam mengoperasikan alat berat, dan meningkatkan produktivitas pekerjaan,” ucap Derry melalui siaran pers kepada apahabar.com, Kamis (11/7/2019).

Pada kompetisi ini, berbagai konfigurasi rintangan disiapkan untuk membuktikan keandalan peserta. Operator alat berat ditantang uji kemampuan, meliputi ketepatan, kegesitan, ketangguhan mental, fleksibilitas, juga kemampuan menggunakan fitur teknologi yang terintegrasi untuk meningkatkan kinerja dengan menggunakan berbagai jenis alat berat Cat, sembari menjaga aspek keselamatan kerja.

Menanggapi peluang operator alat berat asal Banjarmasin di kompetisi ini, General Manager Southern Kalimantan Trakindo, Immawan Priyambudi optimistis operator alat berat tanah air, khususnya Banjarmasin memiliki kemampuan yang andal dan dapat bersaing dengan operator alat berat terbaik lainnya di seluruh dunia.

“Beragam kebutuhan alat berat di wilayah Banjarmasin untuk memenuhi kebutuhan mulai dari tambang batu bara, perkebunan, hingga pembangunan infrastruktur menjadikan operator di wilayah Banjarmasin terlatih dan mampu beradaptasi dengan cepat menyesuaikan kondisi lapangan,” jelas Immawan.

Kompetisi ini merupakan bagian dari acara Cat Global Operator Challenge yang diselenggarakan oleh Caterpillar pada tingkat dunia.

Kontestan terbaik tingkat nasional akan mewakili Indonesia dalam final regional yang diadakan di Jepang, pada November 2019 mendatang.

Para kontestan yang berhasil lolos pada babak tersebut akan mengikuti final global yang diadakan di Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Maret 2020.

Penyelenggaraan Operator Challenge Banjarmasin diawali dengan pelaksanaan Trakindo Roadshow pada hari sebelumnya dengan memperkenalkan hydraulic excavator kelas 30 ton generasi terbaru (Next Generation), yaitu Cat 330 GC dan Cat 330 yang dilengkapi dengan berbagai teknologi masa depan, menjadikannya lebih andal, produktif, bertenaga, dan hemat bahan bakar.

“Kehadiran produk terbaru ini merupakan bagian dari komitmen Trakindo dalam memberikan pilihan solusi terbaik bagi pelanggan, yang diharapkan dapat berkontribusi pada kemajuan pembangunan Indonesia,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Cat 330 GC dilengkapi dengan bucket heavy duty yang lebih besar, yaitu 2.1m3, membuatnya memiliki daya gali yang lebih kuat.

Produk ini pun memiliki tenaga mesin lebih besar dari generasi sebelumnya yaitu 212HP, dan menghasilkan siklus pekerjaan (cycle time) lebih cepat dengan swing speed 11,5RPM.

Teknologi yang disematkan dalam unit Cat 330 GC mampu menekan biaya pemeliharaan lebih rendah hingga 20 persen, waktu perbaikan unit berkurang hingga 30 persen, serta lebih hemat bahan bakar hingga 10 persen dari generasi pendahulunya.

Dibanding pendahulunya Cat 330 memiliki daya yang lebih besar yaitu 260HP, juga torsi swing dan counterweight lebih besar, ditambah dengan ukuran bucket standar terbesar di kelasnya yaitu 2,4m3 membuatnya menghasilkan kapasitas angkat yang lebih besar hingga 15 persen. Cat 330 pun lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar hingga 15 persen.

Teknologi yang dimiliki produk ini juga dilengkapi dengan fitur Cat Connect yang mampu meningkatkan efisiensi pengoperasian hingga 45 persen, serta didukung dengan fitur terdepan; seperti Cat Grade with 2D, Cat Lift Assist, Cat Grade with Assist, Cat Payload, serta E-fence yang secara otomatis akan menghentikan pergerakan ekskavator berdasarkan batas yang sudah ditentukan sebelumnya, hal ini juga akan membuat operator lebih percaya diri saat bekerja dekat rintangan.

Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, Trakindo juga memiliki fasilitas kelas dunia untuk menjamin kemudahan pelanggan setianya. Jaringan dukungan Trakindo yang berada di lebih dari 60 lokasi siap melayani pelanggan di seluruh Indonesia. Pelanggan juga dapat menghubungi Trakindo Contact Center 1-500-228 (1-500-CAT) yang beroperasi 24 jam dan terintegrasi dengan Services Command Center.

Baca Juga: Penerimaan Pajak Alat Berat Sulit Capai Target, Ini Penyebabnya

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Menggalakkan Penghijauan, Polres Tapin Tanam 1.750 Pohon
apahabar.com

Kalsel

Perkuat Sinergitas TNI-Polri Batola Joget Bareng
apahabar.com

Kalsel

Pambakal H Isah Tamberangan Ngotot Tutup Jalan Sungai Puting Tapin
apahabar.com

Kalsel

Kemenag Kalsel Pantau Hilal Melalui Metode Hisab Rukyat
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini, 7 Kabupaten/Kota Kalsel Diguyur Hujan Berpetir
apahabar.com

Kalsel

Komisi I Desak SPBU ‘Nakal’ di Kalimantan Selatan Ditera Ulang
apahabar.com

Kalsel

Kebun Terendam, Petani Karet Damit Hulu Gagal Panen
apahabar.com

Kalsel

Usai Dilantik, Paman Yani Janji Hadapi Pendemo
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com