Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

Pilkada 2020, Gerindra Siap Tantang Paman Birin

- Apahabar.com Selasa, 23 Juli 2019 - 13:14 WIB

Pilkada 2020, Gerindra Siap Tantang Paman Birin

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel, Lutfi Saifuddin. Foto-dok/apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kalimantan Selatan (Kalsel) berencana mengusung sendiri kader sebagai bakal calon Gubernur Kalsel di Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Belum ada yang pasti. Tapi, kami masih berpikir untuk mengusung sendiri bakal calon Gubernur Kalsel,” ucap Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel, Lutfi Saifuddin kepada¬†apahabar.com, Senin (22/7) malam tadi.

Mengingat, kata dia, perolehan kursi Gerindra di Pemilu 2019 kemarin mencapai 8 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel. Sehingga, hanya mencari tambahan 1 kursi untuk mengusung sendiri bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur.

“Saat ini pimpinan DPD kami masih menjajaki beberapa pilihan,” tegasnya.

Semua dinilai masih tahap penjajakan. Dalam hal ini masih bisa terjadi. Termasuk terbentuknya kembali koalisi Indonesia Adil dan Makmur di Kalsel.

“Ya, mungkin saja terjadi. Termasuk berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 5 Kursi dan Demokrat 3 Kursi,” cetusnya.

Yang pasti apabila terjadi koalisi, tambah dia, sesuai dengan perolehan kursi, tentu Gerindra memiliki jatah sebagai bakal calon gubernur Kalsel.

“Sementara ini, kalau melihat aspirasi kader berkeinginan mengusung kader sendiri. Kecuali ada pilihan lain yang kami anggap bisa sejalan dengan visi dan misi partai kami,” tambahnya.

Kendati demikian, menurutnya, tak menutup kemungkinan Gerindra akan berkoalisi dengan partai pemenang Pemilu 2019 di Kalsel, yakni Golkar. Yang secara terang-terangan telah mengusung kembali sang incumbent Sahbirin Noor maju sebagai bakal calon gubernur Kalsel.

“Ya (Bisa saja berkoalisi dengan Golkar, red), terpenting bagi kami Pilkada nanti bisa menghasilkan pemimpin yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan apa yang selama ini Gerindra perjuangkan,” tandasnya.

Seperti diketahui, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kalimantan Selatan sudah mantap mengusung kembali sang Incumbent Sahbirin Noor maju sebagai bakal calon gubernur Kalsel di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

“Kita pastikan akan mengusung kembali Sahbirin Noor sebagai bakal calon gubernur Kalsel di Pilkada nanti. Apalagi beliau sebagai Ketua DPD Golkar Kalsel,” ucap Ketua Harian DPD Golkar Kalsel, Supian HK kepada awak media, Selasa (16/7) lalu.

Bahkan, 13 DPD Golkar kabupaten atau kota se-Kasel akan menyerahkan dukungan kepada Sahbirin Noor sebagai bakal calon gubernur Kalsel.

Meskipun Golkar bisa menjadi pengusung tunggal di Pilkada 2020 dengan perolehan 12 kursi di DPRD Kalsel, pihaknya tetap membuka koalisi bagi partai lain.

“Kita tetap membuka kesempatan kepada partai lain, apabila ingin berkoalisi,” ujarnya.

Terkait sang pendamping Paman Birin di Pilkada nanti, DPD Golkar Kalsel akan segera membuka pendaftaran kepada bakal calon wakil gubernur Kalsel, pada 27 Agustus 2019 mendatang.

“Berapa nama nantinya akan kita diserahkan kepada yang bersangkutan, Sahbirin Noor,” tegasnya.

Terkait kriteria pendamping Sahbirin Noor, Supian HK tetap membuka kesempatan bagi generasi terbaik Kalsel. Namun, lebih diprioritaskan kepada generasi muda, agar mampu melakukan regenerasi Sahbirin Noor.

“Kader muda diharapkan bisa melakukan regenerasi sebagai Gubernur nantinya. Apalagi, sekitar 30 persen kader Golkar dari kelompok muda,” tandasnya.

Baca Juga: Ditunjuk Dampingi Paman Birin di Pilkada 2020, Begini Tanggapan H Muhidin

Baca Juga: Pilkada Kalsel, Gerindra Hati-Hati Tetapkan Calon Jagoan

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Langkah Korem 101/Antasari Cegah Karhutla di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Awasi Siaran TV Nasional, KPID dan ULM Gelar FGD
apahabar.com

Kalsel

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Penduduk di Dua Kecamatan HSS
apahabar.com

Kalsel

Upayakan Pencegahan Covid-19, Sat Lantas Polres HSU Gelar Patroli dan Sebar Imbauan
apahabar.com

Kalsel

Jam Malam Tak Ampuh, Dishub Ingin Tutup Total Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Realisasikan CSR, Archipelago Hotels & Resorts Gelar Sunatan Massal di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Tahap Empat, Kalsel Kembali Terima Ribuan APD dari Kemenkes
apahabar.com

Kalsel

Ditahan Imbang Tarakan Putra Banten Jaya, Persetala Gagal Tembus 32 Besar Liga Tiga Nasional
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com