Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022 Kasus Covid-19 di 21 Daerah Naik, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Waspada Truk Terguling di A Yani Banjarmasin, Satu Orang Tewas Sopir Truk Terguling di A Yani Banjarmasin Bakal Tersangka!

PT Pos Indonesia Bantah Bangkrut, Ini Penjelasannya

- Apahabar.com     Senin, 22 Juli 2019 - 14:44 WITA

PT Pos Indonesia Bantah Bangkrut, Ini Penjelasannya

Ilustrasi PT Pos Indonesia. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – PT Pos Indonesia menampik anggapan yang viral di media sosial soal kebangkrutan perseroan. Pos Indonesia menegaskan kabar tersebut tidak benar.

“Pemberitaan media massa bahwa saat ini Pos pailit, Pos meminjam dana dari bank untuk membayar gaji karyawan, itu tidak benar,” kata Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono dalam siaran pers di Jakarta, seperti dikutip apahabar.com dari Antara, Senin (22/7/2019).

Gilarsi memberikan klarifikasi terkait pemberitaan di media daring nasional diawali dari pernyataan DPR RI Rieke Dyah Pitaloka, yang meminta perlunya perhatian Pemerintah terhadap kondisi Pos Indonesia.

“Kami mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Ibu RiekeDyahPitaloka, sebagai wujud pembelaannya kepada Pos Indonesia. Karena memang diperlukan keterlibatan pemerintah untuk melakukan proses penyehatan Pos Indonesia yang sudah lama tertunda,” ujarnya.

Namun tambah Gilarsi dalam beberapa poin dalam pemberitaan media itu tidak benar, seperti pinjaman bank untuk membayar gaji karyawan.

“Benar perusahaan perlu modal kerja untuk mendanai operasi, mendanai tagihan. Modal keraja dipinjam dari bank, namun tidak untuk tujuan membayar gaji karyawan,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa perputaran uang di Pos Indonesia per bulan rata-rata sekitar Rp20 triliun (karena pos punya jasa keuangan). Pos juga mendapat rating A- dari lembaga pemeringkat nasional terkemuka Pefindo.

Menurutnya, perusahaan berupaya dalam menghadapi disrupsi itu tidak unik dan wajar saja. Untuk menjawab disrupsi yang tengah terjadi beberapa waktu terakhir ini Pos Indonesia sedang melakukan tranformasi bisnis meliputi semua aspek bisnis, SDM, penguatan anak usaha, pengembangan produk baru, dan lain-lain.

Dengan begitu Gilarsi membantah pernyataan yang menyebutkan Pos Indonesia bangkrut atau pailit.

“Ini jelas pendiskreditan tanpa data,” ujarnya.

Ia juga meminta semua pihak untuk memperhatikan fakta bahwa kondisi perusahaan tidak ada masalah, antara lain bahwa rating korprasi Pos Indonesia adalah A-, rating surat utang jangka menengah A-, hutang lancar, hak karyawan tidak tertunda, kenaikan gaji karena penyesuaian biaya hidup terus diterapkan.

Selanjutnya, semua aset dalam kendali penuh dan tidak ada yang diagunkan, pendapatan yang bersumber dari APBN, PSO, fee distribusi meterai, fee penerimaan setoran pajak, jasa kurir surat dinas mencapai rata-rata sekitarRp800 miliar per tahun.

Pos Indonesia masih bisa memberikan layanan Pos Universal 6 hari per minggu, Postal Services di luar negeri hanya melayani layanan pos universal tinggal 4-5 hari per minggu, tidak ada PHK karena restrukturisasi, BPJS, iuran pensiun dibayar lancar tidak ada tunggakan sama sekali.

Baca Juga: ISPA Jadi Penyakit Keluhan Utama CJH di Mekkah

Baca Juga: Mardani H Maming Siap Wujudkan Harapan Presiden Jokowi

Baca Juga: 1.048 Peserta Mendaftar Ikut Pawai Tolak Plastik

Baca Juga: Bupati HST Gaungkan Save Meratus di Jakarta

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Perlindungan

Nasional

Menag Bantah Beri Perlindungan Khusus Syiah dan Ahmadiyah
IHSG

Nasional

Masuk Zona Merah, IHSG Dibuka Melemah
Kyai Ma'ruf

Nasional

Kyai Ma’ruf Ajak Tokoh Agama Ikut Berpartisipasi Tangani Covid
Korupsi

Nasional

Kronologi Lengkap Tangkap Tangan Suap Jual Beli Jabatan Bupati Probolinggo dan Suami
apahabar.com

Nasional

WHO: Karantina Wilayah Tidak Cukup untuk Kalahkan Virus Corona
Gunung Sinabung

Nasional

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter
apahabar.com

Nasional

Gempa Tektonik Guncang Flores Timur
apahabar.com

Nasional

103 Desa di Temanggung Rawan Longsor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com