Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif

Puting Beliung Terjang Manarap, Puluhan Atap Rumah Beterbangan

- Apahabar.com Minggu, 21 Juli 2019 - 18:32 WIB

Puting Beliung Terjang Manarap, Puluhan Atap Rumah Beterbangan

Kondisi pemukiman warga di Komplek Bumi Wahyu Utama IV usai diterjang angin puting beliung, Minggu sore. Foto – Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Terjangan angin puting beliung membuat geger warga Jalan Manarap Km 8, Kecamatan Kertak Hanyar , Minggu (21/7) sekitar pukul 16.00. Terlebih saat musibah itu dirasakan, banyak warga tengah beristirahat sore.

Wilayah yang terdampak angin puting beliung, Desa Manarap Baru dan Desa Manarap Tengah. Sebagian rumah warga di dua desa itu mendapatkan terjangan angin mengakibatkan kondisi rumah banyak yang rusak.

Rumah yang terdampak angin beliung cukup parah. Rumahnya yang hancur milik Siti Hajar (59) warga Gang Masjid, Desa Manarap Tengah. Kondisi rumahnya terbelah menjadi setengah bagian. Materil yang terbuat dari kayu membuat rumah tidak sanggup menahan terjangan angin hingga menerbangkan puing-puing rumah dan menghantam rumah warga lainnya.

“Saat kejadian tadi saya sedang mau Salat Ashar. Baru mau takbiratul ihram angin menerjang rumah saya dan mengangkat atap dan bagian dapur rumah saya, untungnya saya tidak kenapa-kenapa,” ungkapnya.

Siti Hajar saat kejadian hanya seorang diri sementara anak-anaknya ada yang sedang keluar rumah untuk berurusan.

“Saya di sini tinggal bersama anak, yang tinggal di rumah ini ada lima orang, tadi pas kejadian cuma sendirian, anak saya lagi jalan keluar,” ucapnya.

Sementara saksi mata saat angin menerjang dua desa, Ahmad warga Handil  Tiga mengatakan, angin datang begitu saja dari arah Handil Barabai dengan kecepatan yang sangat cepat menyapu apa saja yang dilewati angin.

“Ada tiga buah rumah rusak di Handil Barabai, dan menyapu rumah-rumah warga lainya,” ujarnya.

Dari pantauan apahabar.com di lapangan setidaknya ada puluhan rumah warga dari dua desa Manarap Baru dan Manarap Tengah diterjang angin puting beliung dengan kondisi rumah rusak.

Diantaranya, Jalan Handil Barabai tiga buah rumah,  Komplek Bunyamin Village dengan kerusakan satu buah rumah dengan kondisi atap terbang terbawa angin, Komplek Bumi Wahyu Utama IV dua buah rumah dengan kondisi rusak parah, Komplek Handil Bahalang 1 dengan tiga buah rumah diterjang angin, Gang Masjid rumah milik Siti Hajar rusak parah, Komplek Manarap Indah Permai dengan dua buah rumah, Komplek Griya Indah Lestari lima buah rumah dengan kondisi atap terbang diterjang angin.

“Saat kejadian anak saya sedang tidur, saya pun kaget angin menerjang dan buru-buru mengangkat anak saya untuk mengungsi sementara ke rumah tetangga di sebelah, atap rumah saya terbang sampai terseret ke komplek sebelah di bawa angin,” kata Ahmad Zaky warga Manarap Indah Permai yang kini harus mengungsi ke rumah keluarga.

Dari musibah ini pihak Kecamatan Kertak Hanyar beserta perangkat desa mendata rumah-rumah warga yang terdampak angin puting beliung dan mendata mana saja rumah yang rusak berat dan ringan.

“Kami himpun data dulu, apakah ada korban atau tidak, nanti selanjutnya kami laporkan ke Camat untuk dilaporkan kembali ke Bupati agar dapat diambil keputusan sebagai langkah memberi bantuan. Sejauh ini ada 20 puluh rumah terdata di wilayah Desa Manarap Tengah baik rusak berat maupun ringan. Kami terus data rumah warga ,” kata Sekretaris Desa Manarap Tengah, Rizki.

Belum diketahui berapa kerugian atas musibah ini, mengingat banyaknya rumah warga rusak dari dua desa terdampak angin puting beliung.

apahabar.com

Kondisi rumah Siti Hajar rusak berat akibat angin puting beliung menerjang, Minggu sore. Foto–apahabar.com/Ahya Firmansyah

Baca Juga: Sembarangan Promosi, Satpol PP Banjarmasin Copot Banner Iklan di Pohon Piere Tendean

Baca Juga: Air Produksi PDAM Batola Dikeluhkan

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pilbup Balangan 2020: Ansharuddin Minta Kader Golkar Jaga Nama Baik Partai
apahabar.com

Kalsel

BPJS Jamin Seluruh Biaya Bayi Jantung Bocor
apahabar.com

Kalsel

Dituding Politik Uang, Habib Banua Balik Melawan !
apahabar.com

Kalsel

Kapolres HSU Resmikan 7 Kampung Tangguh Banua
apahabar.com

Kalsel

Upaya Mahasiswa Mendorong #Savemeratus Jadi Isu Nasional  
apahabar.com

Kalsel

25 Nama Anggota DPRD Balangan Periode 2019-2024 yang Dilantik
apahabar.com

Kalsel

Salat Hajat Hari Jadi ke-494 Banjarmasin, Wakil Rakyat Doakan Kota Seribu Sungai Makin Maju
apahabar.com

Kalsel

Pantau Pasar Keraton Rantau, Aparat Gabungan Apresiasi Kedisiplinan Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com