Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Ramah Anak, Delapan Daerah di Kaltim Diganjar KLA Award

- Apahabar.com Kamis, 25 Juli 2019 - 13:35 WIB

Ramah Anak, Delapan Daerah di Kaltim Diganjar KLA Award

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menerima KLA Award dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S Yembise. Balikpapan merupakan satu dari delapan daerah di Benua Etam yang diganjar penghargaan tersebut. Foto - Humas Pemprov Kaltim

apahabar.com, SAMARINDA – Delapan kabupaten dan kota di Kaltim meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Award dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang diserahkan langsung Menteri Yohana S Yembise.

Kabupaten dan kota yang meraih penghargaan terdiri Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara, Berau, Paser, Penajam paser Utara dan Kutai Timur. Anugerah KLA Award diberikan di Hotel Four Points Makassar, Selasa malam (23/7/2019).

“Kategori Nindya diraih Kota Balikpapan. Kategori Madya diraih Samarinda, Bontang dan Kabupaten Kukar. Sedangkan kategori Pratama diraih Kabupaten Berau, Penajam Paser Utara, Paser dan Kutai Timur,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad, dikutip dari laman resmi Humas Pemprov Kaltim, Kamis.

Halda mengatakan, tahun ini Kaltim menunjukkan peningkatan yang cukup membanggakan. Di mana delapan dari sepuluh kabupaten/kota di Kaltim meraih penghargaan KLA.

Selain itu, Balikpapan meraih prestasi untuk UPTD PPA dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kabupaten/Kota terbaik.

Juga, sekolah ramah anak terbaik SDN 03 dan SLBN Balikpapan, serta Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) diraih Puskesmas Balikpapan Tengah dan Balikpapan.

Halda mengakui meski masih terdapat dua kabupaten yang belum memperoleh penghargaan KLA. Dirinya optimistis untuk terus melakukan advokasi dan pembinaan. Harapannya ke depan, Kaltim menjadi tempat dan rumah yang ramah bagi anak.

Sementara itu Menteri KPPPA Yohana S Yembise mengatakan UU Nomor 35 Tahun 2014 mendorong pemerintah daerah agar bertanggung jawab mendukung pemerintah dalam perlindungan terhadap anak.

“Malam penghargaan ini dilakukan untuk mendorong pemerintah daerah memenuhi kebutuhan anak Indonesia. Target KPPPA adalah Indonesia Layak Anak (Idola) 2030,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Yohana mengapresiasi Ananda Rosalinda dari Nusa Tenggara Timur yang komik karyanya dihargai di New York dan 100 negara lainnya.

Sedangkan Ketua Tim Evaluasi Penghargaan KLA 2019 sekaligus Deputi IV Tumbuh Kembang Anak, Lenny N Rosalin menyampaikan penilaian dilakukan dengan mengedepankan revolusi industri 4.0.

“Pemberian KLA dilakukan dengan penilaian komprehensif dibantu tim independen” ujar Lenny.

Bertambahnya jumlah kabupaten dan kota penerima penghargaan KLA menjadi bukti meningkatnya perhatian pemerintah daerah terhadap perkembangan anak di wilayahnya.

“Tahun lalu di Surabaya yang mendapat penghargaan KLA sebanyak 177 kabupaten dan kota. Tahun ini jumlahnya cukup mendekati 200 bahkan bisa saja lebih,” sebutnya.

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Dari Perpustakaan Ramah Anak Hingga Hadirkan Perpusling

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Penumpang Misterius yang Lompat dari KM Lambellu Belum Ditemukan
apahabar.com

Kaltim

Pantai Paling Disukai di Penajam, Polisi Tingkatkan Pengawasan
apahabar.com

Kaltim

KEK Trans Kalimantan Diresmikan Jokowi di Bitung, Gubernur Andalkan Vicon
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Bak Indonesia Mini, Warga Papua Tak Perlu Khawatir
apahabar.com

Kaltim

Kembangkan Nuklir, Gubernur Kaltim: Berapa pun Saya Biayai
apahabar.com

Kaltim

Mudahkan Penyaluran, Kaltim Bentuk Badan Pengelola Beasiswa Tuntas
apahabar.com

Kaltim

Jokowi Datang, Bupati Penajam Siap Sopiri Presiden
apahabar.com

Kaltim

Remaja Harus Punya Rencana Pra Nikah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com