Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Rektor ULM: Putra Kalsel Layak Jadi Menteri Pilihan Jokowi

- Apahabar.com Selasa, 16 Juli 2019 - 09:12 WIB

Rektor ULM: Putra Kalsel Layak Jadi Menteri Pilihan Jokowi

Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Sutarto Hadi. Foto-suara borneo

apahabar.com, BANJARMASIN – Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Sutarto Hadi, memberikan perhatian terhadap jajaran kabinet menteri di periode kedua era Presiden Joko Widodo. Dia menilai sudah selayaknya pemerintah memberikan kursi kepada putra-putra terbaik daerah, khususnya Kalimantan Selatan.

“Saya kira putra daerah Kalsel cukup layak masuk dalam kabinet pemerintah Jokowi,” ucap Sutarto usai mengisi acara Talkshow wawasan kebangsaan di Gedung Mahligai Pancasila, Senin (16/7) Malam.

Sutarto menyampaikan, dalam sejarahnya Kalsel memiliki putra-putra daerah yang telah berkontribusi besar terhadap Negara dan bangsa. Beberapa disebutkannya seperti KH Idham Chalid, Ir Pangeran Muhammad Noor, H Syamsul Mu’arif, Taufiq Effendi, dan Gusti Muhammad Hatta.

“Dalam sejarah bangsa ini, di pemerintahan selalu ada orang Banjar orang Kalsel. Saya kira sebagai bagian dari Indonesia yang besar ini, Kalsel sudah menunjukkan kesetiaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya.

Dipaparkannya, saat Perjanjian Linggarjati, Belanda hanya mengakui Jawa, Sumatra dan Madura sebagai bagian dari Republik Indonesia. Namun berkat Hasan Basri, yang juga dulunya sebagai Rektor pertama ULM, memperjuangkan Kalimantan sebagai bagian dari NKRI dan memproklamirkannya pada 17 Mei 1949.

“Artinya nasionalisme bangsa ini besar. Kita menunjukkan rasa kesetiaan kepada Negara ini dan tokoh-tokoh Kalsel membuktikan mampu berkiprah di tingkat nasional,” katanya

Sehingga ia menilai, wajar apabila pemerintah mempertimbangkan untuk mengangkat putra daerah terbaik untuk masuk dalam jajaran Kabinet menteri di era Presiden Joko Widodo mendatang.

Baca Juga: Amankan Suara Kalsel, Pengamat: Putra Daerah Perlu Jadi Menteri

Sutarto juga menyebutkan beberapa nama yang ia nilai mumpuni, diantaranya Mardani H Maming, Rudy Ariffin, Syaifullah Tamliha.

“Itu contoh putra-putra daerah yang sudah berkiprah,” ujarnya.

Selanjutnya ia menyebut nama lain yaitu Ahmadi Noor Supit, Sahbirin Noor, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah.

“Banyak tokoh-tokoh lain yang sebenarnya layak untuk bisa masuk dalam jajaran kabinet RI ini,” tuturnya.

Saat ditanya kesiapannya untuk masuk dalam jajaran yang sama, Sutarto siap mendukung apapun keputusan pemerintah nantinya.

“Kalau saya cocoknya jadi Rektor saja, kalau berhenti ya kembali jadi Dosen. Tapi Insya Allah siap, kita membantu yang terbaik,” tutupnya.

Baca Juga: Demi Pembangunan, Putra Daerah Kalsel Mestinya Jadi Menteri

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Gepak Pertanyakan Kebijakan dan Program Kerja Bupati HST
apahabar.com

Kalsel

Gerak Cepat DPC PDIP Sebar Ratusan Paket Sembako di Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Jangan Sepelekan Covid-19, Lansia dan Penderita Diabetes Paling Berisiko
apahabar.com

Kalsel

Kawasan Perbatasan Longgar, Pemkab Kotabaru Dinilai Tak Serius Tangani Covid-19

Kalsel

Lebaran, Jukir di Banjarmasin Nekat Gorok Leher Sendiri
apahabar.com

Kalsel

Peserta JKN-KIS Puas dengan Layanan Dokter Terbaik se-Indonesia
apahabar.com

Kalsel

Pemkot Banjarmasin Bisa Tiru Duta Mall Lakukan Protokol Covid-19 di Pasar
apahabar.com

Kalsel

Kebanjiran, Warga Trans di Balangan Kehilangan Mata Pencaharian Utama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com