Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Rencana Pembangunan Gedung Pemerintah Layanan Terpadu di Tala

- Apahabar.com Kamis, 25 Juli 2019 - 22:09 WIB

Rencana Pembangunan Gedung Pemerintah Layanan Terpadu di Tala

Konsultasi publik rencana pembangunan gedung layanan terpadu di Tala. Foto-apahabar.com/Ahc14

apahabar.com, PELAIHARI – Pemkab Tanah Laut (Tala) berencana membangun gedung layangan terpadu. Namun, sebelum masuk tahapan itu, digelar konsultasi publik di Balairung Tuntung Pandang, Pelaihari, Kamis (25/07/2019).

Pembangunan ini melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Menurut Kasubdit Pendapatan Daerah Wilayah III Direktorat Pendapatan Daerah Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Dr Sumule Tombo, dengan skema ini memiliki landasan hukum yang jelas dan tegas.

Apalagi, katanya, pemerintah pusat sendiri sangat mendukung kerjasama antara pemerintah daerah dan badan usaha yang sama-sama menguntungkan.

“Saat ini kita melakukan Konsultasi Publik yang mana Pemda harus mendapat dukungan dari rakyatnya. Karena pembangunan tidak akan terwujud, jika tidak ada titik temu dari rakyat dan Pemda,” ujarnya.

Karena faktanya, kata Sumule Tombo, anggaran untuk pembangunan infrastruktur jika menggunakan APBD sendiri sangat terbatas.

Ia dapat informasi jika total belanja pegawai di Tala adalah 57% dari APBD. Sedangkan menurut amanat UU Kesehatan, mewajibkan setiap Pemda menggelontorkan 10% dari APBD.

Disamping itu UU Pendidikan yang mewajibkan Pemda menggunakan 20% dari APBDnya untuk bidang pendidikan.
“Sehingga sisa yang sedikit itu sangat tidak memungkinkan dan sangat mebebani jika pembangunan infrastruktur di pemda menggunakan APBD langsung,” jelasnya.

Lantas, ia pun menekankan bahwa skema pembangunan infrastruktur dengan KPBU tidaklah sama dengan berhutang, “Ini bukan hutang, melainkan kerjasama Pemda dengan Badan Usaha” tegasnya.

Sementara itu, Direktorat Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun Bappenas RI, Dadang Djusron menambahkan, pembangunan infrastruktur seperti ini tidak mungkin dilakukan dengan sistem pengadaan konvensional dengan menggunakan APBD.

“Kita tahu sendiri APBD sendiri sudah banyak dipakai misalnya untuk belanja pegawai. Mungkin kita bisa saja membangunnya, namun itu nanti akan sangat membebani APBD Tala. Apakah mau para ASN di Tala tidak digajih selama lima tahun,” tanyanya sembari disambut oleh tawa para peserta Forum Konsultasi tersebut.

Hadir dalam acara ini, Bupati Tala H Sukamta bersama jajaran pejabat tinggi pemerintah setempat. Selain itu juga berhadir para anggota DPRD Tala, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tala, Satuan Kerja Perangkat Daerah Tala, Camat se-Tala, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama Tala, serta unsur terkait lainnya.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Dayak Meratus Tapin, Meriahnya ‘Aruh Ganal’ di Balai Desa Harakit

Baca Juga: Kalsel Masih Kekurangan Ribuan Tenaga Didik

Baca Juga: Satu Calon Jemaah Haji Batola Gagal Berangkat

Baca Juga: Rencana Pelegalan Miras, Dewan Ingin Pemkot Banjarmasin Tegas

Reporter: Ahc14
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hanya 10 Meter dari Jalan, Lubang Tambang di Tapin Tuai Protes Warga
apahabar.com

Kalsel

Dewan Banjarmasin Minta Ada Metode Belajar Siswa Kurang Mampu
apahabar.com

Kalsel

Nah, Truk BBM Tangki Siluman Tertangkap Langsir BBM di Banjarbaru
Yasonna Laoly Datang, Pembangunan Lapas di Tanbu Ada Titik Terang

Kalsel

Yasonna Laoly Datang, Pembangunan Lapas di Tanbu Ada Titik Terang
apahabar.com

Kalsel

Tabrak Tiang Listrik Hingga Driver ‘Teler’ Warnai H+3 Arus Balik di HSS
apahabar.com

Kalsel

Jadi Korban Konten SARA, Wali Kota Banjarmasin Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Terus Digeber
apahabar.com

Kalsel

BPBD Kalsel Inventarisir Kerusakan Akibat Puting Beliung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com