Ganti Rugi Lahan HSS, Perusahaan Sawit PT SAM Mangkir Saat Mediasi Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Mulai Sekat Pemudik! Khotbah Tak Boleh Lewat 10 Menit, Tabalong Resmi Larang Takbir Keliling Dinonaktifkan KPK Saat Tangani Kasus Besar, Novel Siapkan Perlawanan  Tegas, Kapolda Kalteng Minta Anak Buahnya Larang Mudik di Kapuas

Ririen Jelaskan Pentingnya Miliki KIA

- Apahabar.com Senin, 29 Juli 2019 - 11:43 WIB

Ririen Jelaskan Pentingnya Miliki KIA

Foto - SOSIALISASI KIA - Pemko Banjarbaru menggelar Sosialisasi Akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kecamatan Landasan Ulin.

apahabar.com, BANJARBARU – Pemko Banjarbaru menggelar Sosialisasi Akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), di Kecamatan Landasan Ulin, Senin (29/7).

Camat Landasan Ulin Subhan berharap lewat sosialisasi ini, masyarakat bisa memahami dan juga mengerti pentingnya anak memiliki Akta Kelahiran dan KIA, bisa memahami cara pembuatannya, apa saja syarat untuk pembuatannya.

”Agar mendukung program Banjarbaru sebagai Kota Layak Anak,” katanya.

Ketua TP PKK Ir Ririen Kartika Rini yang membuka sosialisasi mengatakan, KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu anak mengalami peristiwa buruk.

”Tak hanya itu, KIA juga berguna untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan dan transportasi,” katanya.

Selain itu, juga sebagai perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

”KIA dan akta kelahiran merupakan data-data yang sangat penting untuk anak. Karena anak yang tidak memilikinya tidak tercatat dalam kependudukan, tidak punya posisi hukum, tidak punya hak dasar dan tidak punya status kewarganegaraan,” jelasnya.

Lewat KIA, tentunya bisa mendukung akurasi data kependudukan menjadi data bersifat strategis dan penting. Data akurat tentang kependudukan merupakan salah satu syarat penting yang harus terpenuhi dalam menyusun berbagai strategi pembangunan di berbagai bidang.

”Salah satunya guna mewujudkan Kota Layak Anak,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Helat Festival Baayun Maulid, Pemkot Banjarbaru Lirik Wisatawan Asing
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Lepas Calhaj Banjarbaru, Ini Pesan Nadjmi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Terus Genjot Pendidikan Karakter di Sekolah
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ririen Nadjmi Bagikan Masker dan Peralatan Cuci Tangan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Cegah Stunting, TP PKK Banjarbaru Gencarkan Program “Gemarikan”
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

H+4 PSBB, Positif Covid-19 Banjarbaru Malah Naik
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Walikota Rayakan 10 Muharam Bersama Anak Yatim
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Tingkatkan Ketaqwaan, Darmawan Jaya Apresiasi Acara Haul Akbar di Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com