3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Ririen Jelaskan Pentingnya Miliki KIA

- Apahabar.com Senin, 29 Juli 2019 - 11:43 WIB

Ririen Jelaskan Pentingnya Miliki KIA

Foto - SOSIALISASI KIA - Pemko Banjarbaru menggelar Sosialisasi Akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kecamatan Landasan Ulin.

apahabar.com, BANJARBARU – Pemko Banjarbaru menggelar Sosialisasi Akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), di Kecamatan Landasan Ulin, Senin (29/7).

Camat Landasan Ulin Subhan berharap lewat sosialisasi ini, masyarakat bisa memahami dan juga mengerti pentingnya anak memiliki Akta Kelahiran dan KIA, bisa memahami cara pembuatannya, apa saja syarat untuk pembuatannya.

”Agar mendukung program Banjarbaru sebagai Kota Layak Anak,” katanya.

Ketua TP PKK Ir Ririen Kartika Rini yang membuka sosialisasi mengatakan, KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu anak mengalami peristiwa buruk.

”Tak hanya itu, KIA juga berguna untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan dan transportasi,” katanya.

Selain itu, juga sebagai perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

”KIA dan akta kelahiran merupakan data-data yang sangat penting untuk anak. Karena anak yang tidak memilikinya tidak tercatat dalam kependudukan, tidak punya posisi hukum, tidak punya hak dasar dan tidak punya status kewarganegaraan,” jelasnya.

Lewat KIA, tentunya bisa mendukung akurasi data kependudukan menjadi data bersifat strategis dan penting. Data akurat tentang kependudukan merupakan salah satu syarat penting yang harus terpenuhi dalam menyusun berbagai strategi pembangunan di berbagai bidang.

”Salah satunya guna mewujudkan Kota Layak Anak,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Tanpa Jam Malam, PSBB Banjarbaru Beda dari Banjarmasin
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Satpol PP Balangan Minta Kedatangan Pjs Wali Kota Banjarbaru Terkait Penanganan Covid-19
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sambil Bagikan Sembako, TP PKK Banjarbaru Minta Warga Waspada Covid-19
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

UIN Antasari Bangun Kampus di Banjarbaru, Jaya: Perkuat Identitas Kota Pendidikan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Kalsel Diatensi Presiden, Warga Banjarbaru Sabar Dulu
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Parenting Nasional di Banjarbaru Resmi Dibuka
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Tinjau Pembangunan Pasar Cempaka, Said Abdullah Minta Kontraktor Berbenah
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bersilaturahmi ke Sejumlah Instansi Penegak Hukum
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com