Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan

Sambut Gerhana Bulan, Kemenag Balangan Gelar Salat Khusuf

- Apahabar.com Rabu, 17 Juli 2019 - 11:00 WIB

Sambut Gerhana Bulan, Kemenag Balangan Gelar Salat Khusuf

Para jemaah Masjid Al Akbar Balangan menggelar Salat Khusuf setelah Salat Subuh. Foto-apahabar.com/agus suhadi

apahabar.com, PARINGIN – Kementerian Agama Kabupaten Balangan bersama Badan Pengelola Masjid Agung Al Akbar Balangan mengelar Salat Khusuf sesudah Salat Subuh berjemaah di Masjid yang berada di Kecamatan Paringin Selatan tersebut pada Rabu (17/7/2019).

Ketua Takmir Masjid Al Akbar KH. Zanuddin didaualat menjadi imam salat gerhana tersebut. Sedangkan bertindak sebagai Khatib adalah Kepala Kemenag Balangan H. Yamani.

Baca Juga: Calon Jemaah Haji Kaltara Mondok 2 Kilometer dari Masjidil Haram

Zainuddin pada sambutannya, menyampaikan keistimewaan salat gerhana bulan atau tata cara salat khusuf. Bahkan kesunnahannya, kata ulama itu, sama dengan salat ied atau hari raya.

Sementara H. Yamani dalam khutbahnya menyebutkan fenomena gerhana bulan adalah fenomena alam yang menunjukkan kekuasaan Tuhan.

“Fenomena gerhana tidak dapat direkayasa oleh siapapun dan alat apapun, oleh karenanya umat manusia dapat menyikapinya dengan keimanan,” kata H. Yamani.

Mantan Kepala Kemenag Tapin itu juga mengajak kepada jemaah untuk senantiasa mensyukuri atas segala nikmat Allah SWT yang dikaruniakan kepada manusia dan alam semesta.

“Mari memperbanyak zikir dan memaknai peristiwa alam Gerhana Bulan sebagai tanda bahwa manusia adalah makhluk lemah, yang  tanpa pertolongan Allah SWT, manusia tidak akan mampu berbuat apa-apa,” ajak Yamani.

Dalam kesempatan berbeda, Kabag Humas Setda Balangan, H. Syaifuddin Tailah mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Balangan selalu pro aktif melaksanakan rangkaian kegiatan pengembangan syiar Islam.

“Khusus dalam hal menyambut atau menghadapi fenomena alam yang langka seperti gerhana bulan atau gerhana matahari selalu diadakan kegiatan sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, yakni melaksanakan shalat gerhana. Di mana kegiatan jarang dan kurang diperhatikan masyarakat padahal sangat dianjurkan sekali dalam Islam,” ungkap H Syaifuddin yang juga anggota pengurus Badan Pengelola Masjis Agung Al Akbar itu.

Baca Juga: Calon Haji Jangan Menghilang dari Rombongan

Sementara itu, tampak hadir dalam salat berjemaah itu, Asisten 3 Setda Balangan, Kabag Humas Pimpinan dan Keprotokolan Pemkab Balangan serta beberapa pejabat di Lingkungan Pemkab dan Kemenag Balangan.

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Razia BNNP Kalsel, 14 Pengunjung THM di Banjarmasin Gunakan Narkotika
apahabar.com

Kalsel

Memasuki Musim Hujan, Intip Daerah Kalsel yang Rawan Banjir
apahabar.com

Kalsel

PSBB Dinilai Picu Kekosongan Stok Darah, PMI Banjarmasin Kembali Menjerit
Rapid Test Antigen

Kalsel

Rapid Test Antigen di Banjarmasin, Berikut Lokasi dan Sasarannya
Cabul

Kalsel

Kasatpol PP Tanbu Ungkap Pelaku Cabul Anak di Bawah Umur
Covid-19 di Kotabaru

Kalsel

Bertambah 1 Orang, Positif Covid-19 di Kotabaru Jadi 634 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Gelar Operasi Keselamatan Intan 2020, Satlantas Banjarbaru: Di Rumah Saja

Kalsel

Mahasiswa Sampaikan Aspirasi, Salahkah?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com