Kobaran Api Kembali Gegerkan Warga Patmaraga Kotabaru Cara Cek Pengumuman CPNS 2019 Hari Ini, Login sscn.bkn.go.id, Berikut Website & Panduan Lengkapnya 150 Rumah Hangus Terbakar, Simak Kronologi Lengkap Kebakaran di Kotabaru Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Si Jago Merah Mengamuk di Kotabaru: Berkobar Berjam-jam, Ratusan Rumah Ludes Terbakar!

Siswa SMKN 3 Banjarmasin Salat Jumat Perdana di Masjid Outdoor

- Apahabar.com Jumat, 26 Juli 2019 - 18:29 WIB

Siswa SMKN 3 Banjarmasin Salat Jumat Perdana di Masjid Outdoor

Siswa SMKN 3 Banjarmasin menggelar shalat Jumat bersama di Masjid Out Door di sekolah tersebut pada Jumat (26/7/2019). Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Masjid terbuka SMKN 3 Banjarmasin dengan konsep arsitektur bubungan tinggi khas Rumah Banjar akhirnya diresmikan hari ini, Jumat (26/7/2019) siang.

Peresmian dilakukan langsung oleh Ketua Baznas dan Ketua Dewan Masjid Kalimantan Selatan, HG (P) Rusdi Effendi AR sekaligus melaksanakan salat Jumat bersama siswa-siswa SMKN 3 Banjarmasin.

“Ini adalah program dewan masjid, hanya ada di Kalsel. Provinsi lain belum ada,” ungkap Rusdi kepada awak media.

Perubahan musala Al Muhiddin menjadi masjid outdoor El Rusydi ini diharapkan dapat menampung siswa-siswi SMKN 3 Banjarmasin dalam melaksanakan salat Jumat.

“Masjid outdoor ini pertama kali di SMKN 3 Banjarmasin, karena halamannya luas dan jemaahnya mencukupi, yaitu lebih dari 1.900 orang. Jadi mereka tidak perlu repot lagi mencari masjid saat shalat Jumat,” katanya.

Dalam upaya memperbanyak tempat ibadah, Rusdi memaparkan sedikitnya sudah ada 2400 buah masjid permanen di Kalsel. Meski belum memiliki anggaran yang cukup, Dewan Masjid ucapnya mengimbau kepada seluruh pihak untuk ikut mendukung pemberdayaan masjid di Kalsel.

“Kira-kira untuk biaya bangunan itu sebanyak Rp350 juta. Itu paling mahal kalau menggunakan kayu ulin seluruhnya, tapi kalau hanya kayu biasa mungkin sekitar Rp150 juta,” paparnya

Didampingi Ketua Panitia Pembangunan Masjid Outdoor El Rusydi, Drs H Ahmad Rizkon mengharapkan konsep masjid itu dapat menjadi pionir bagi sekolah-sekolah lainnya di Kalsel.

“Mudah-mudahan dengan adanya contoh ini yang satu-satunya di Kalimantan Selatan, ke depan akan ditiru oleh sekolah-sekolah yang lain. Karena jemaahnya sudah memadai, jumlah laki-lakinya saja hampir seribu,” sebutnya.

Konsep ini menurutnya sudah cocok diterapkan oleh sekolah lain, mengingat adanya program Full Day School yang mengharuskan siswa berada di sekolah hingga sore hari.

Sehingga ketika waktu Salat tiba, mereka tidak harus bergantian atau berpencar ke masjid lain untuk salat berjemaah.

“Kita berupaya dengan adanya masjid ini menjadi 3 fungsi nantinya. Berzikir, berpikir dan fungsi sosial. Jadi mereka bisa fokus di sini,” tuturnya.

Turut hadir mewakili Gubernur Kalimantan Selatan yaitu Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Heriansyah. Baik Dewan Masjid maupun Pihak SMKN 3 Banjarmasin menaruh harap, agar pemerintah atau pihak lainnya terus mendukung kegiatan serupa.

“Insyaallah ketika kita di-support oleh donatur akan dikembangkan dengan kegiatan-kegiatan yang lain dan kita coba untuk bisa menginspirasi sekolah lain,” tutupnya.

Baca Juga: Kalsel Dapat Jatah Bangun 4 Puskesmas Modern

Baca Juga: Heli Water Bombing BNPP Kalsel Padamkan Api di Gunung Raja

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Anggaran Dipangkas, Pemkab Tabalong Akan Gelar ASKS Secara Streaming
apahabar.com

Kalsel

Sosiologi FISIP ULM Siap Terapkan Kebijakan Merdeka Belajar
apahabar.com

Kalsel

Duh, Pemko Banjarmasin Belum Juga Usulkan CPNS 2019
apahabar.com

Kalsel

Api Masih Membara, NU dan MUI ‘Martapura’ Gelar Shalat Istisqa dan Istighotsah untuk Bangsa
apahabar.com

Kalsel

Dukung Maklumat Kapolri, PMII Distribusikan Ratusan Sembako di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Kabar Duka, Istri Sekda Banjar Tutup Usia
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Zona Merah, Pasien Corona Mestinya Dirujuk ke RS
apahabar.com

Kalsel

Cegah Cluster Covid-19 di Pusat Jual Beli, Polres Kotabaru Bentuk Pasar Tangguh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com