Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

SMAN 1 Juai Balangan Laksanakan Kegiatan PLS dan PSB untuk Siswa Baru

- Apahabar.com Minggu, 21 Juli 2019 - 05:15 WIB

SMAN 1 Juai Balangan Laksanakan Kegiatan PLS dan PSB untuk Siswa Baru

Pelaksanaan PLS dan PSB di SMAN 1 Juai Balangan. Foto – apahabar.com/Agus Suhadi

apahabar.com, PARINGIN – Memulai tahun ajaran baru, SMA dan SMK di Kabupaten Balangan beberapa hari yang lalu diwajibkan melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS). Kegiatan itu untuk mengenalkan lingkungan sekolah dan sebagai pengantar bagi siswa baru sehingga mempunyai kesiapan untuk belajar di tempat yang baru.

Di SMAN 1 Juai untuk kegiatan PLS dilaksanakan dari 15 Juli hingga 17 Juli 2019 ditambah dengan PSB yakni pemantapan sekolah baru pada 18-19 Juli 2019 lalu.

“Untuk kegiatan PLS ini ada kegiatan rutin artinya setiap hari dilaksanakan dan ada yang hanya untuk hari tertentu. Kegiatan rutin setiap hari dilaksanakan adalah operasi semut saat datang dan pulang, di mana dalam pelaksanaannya setiap peserta wajib pungut sampah organik dan anorganik sebelum melaksanakan kegiatan presensi,” kata Nasdianur Irawan, Koordinator Lapangan PLS,  SMAN 1 Juai, Sabtu (20/7/2019).

Menurutnya, tujuannya adalah untuk mengajak peserta didik menjaga dan memelihara lingkungan serta mengingatkan tentang jenis dan pemilahan sampah. Selain pungut dan setor sampah ini, kegiatan rutin lainnya adalah tadarus Alquran.

Selain itu, diadakan literasi pagi, di mana peserta diberi lembaran artikel yang mesti dibaca sampai selesai dan langsung membuat catatan tentang pesan moral dari bacaan mereka baca masing-masing, salat Zuhur berjamah, snack dan makan siang bersama serta bersedekah setiap hari secara sukarela dari dana terkumpul nantinya akan disumbangkan untuk tempat ibadah yang memerlukan

Ada juga pemberi materi, gemas-gemas, dan penampilan pentas seni yang dibawakan baik dari siswa maupun pun pengajar di SMAN 1 Juai.

“Selain itu juga ada pemberi materi dari luar sekolah, seperti dari Polsek Juai, Koramil Juai dan BNN Balangan dengan berbagai materi yang berbeda dan tentu saja bermanfaat untuk peserta baik untuk membangun karakter siswa ke depannya,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala SMAN 1 Juai, Norparidah, mengatakan pihaknya sudah cukup memberikan pemahaman bagi siswa baru melalui PLS dan PSB.

“Kita sudah menggembleng mereka dalam beberapa hari mulai dari PLS dan PSB, kita berharap dengan adanya kegiatan tersebut selama berapa hari yang lalu, siswa baru dan lama bisa membaur,” katanya.

Baca Juga: Gernas Baku 2019, Tk Harapan Bangsa SKB Balangan Kunjungi Perpustakaan Daerah

Baca Juga: Tingkatkan Potensi Desa di Balangan, PT.  Adaro Indonesia Gelar Sekolah Bumdes Berani 2019

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tambah 1, Pengidap Baru di Banjar Punya Toko di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Spesimen Covid-19 Kalsel Masih Antre Pengujian
apahabar.com

Kalsel

Terduga Pembakar Rumah Hakim dan Panitera PN Banjarmasin Terekam CCTV
apahabar.com

Kalsel

Tabrak Stum di Tikungan S Puntik, Korban Langsung Tewas
apahabar.com

Kalsel

Wisata Stajau Indah Stop Aktivitas, Ponpes Bisa Kembali Beroperasi
apahabar.com

Kalsel

Diduga Dilempari Batu, Kaca Pos Satpam DPRD Kalsel Pecah
apahabar.com

Kalsel

Pria Bersenpi, Peneror Penjaga Hutan di Kotabaru Akhirnya Tertangkap
Satu Sembuh, Berikut Update Lengkap Pengidap Covid-19 Kalsel

Kalsel

Satu Sembuh, Berikut Update Lengkap Pengidap Covid-19 Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com