Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan

SMAN 1 Juai Balangan Laksanakan Kegiatan PLS dan PSB untuk Siswa Baru

- Apahabar.com     Minggu, 21 Juli 2019 - 05:15 WITA

SMAN 1 Juai Balangan Laksanakan Kegiatan PLS dan PSB untuk Siswa Baru

Pelaksanaan PLS dan PSB di SMAN 1 Juai Balangan. Foto – apahabar.com/Agus Suhadi

apahabar.com, PARINGIN – Memulai tahun ajaran baru, SMA dan SMK di Kabupaten Balangan beberapa hari yang lalu diwajibkan melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS). Kegiatan itu untuk mengenalkan lingkungan sekolah dan sebagai pengantar bagi siswa baru sehingga mempunyai kesiapan untuk belajar di tempat yang baru.

Di SMAN 1 Juai untuk kegiatan PLS dilaksanakan dari 15 Juli hingga 17 Juli 2019 ditambah dengan PSB yakni pemantapan sekolah baru pada 18-19 Juli 2019 lalu.

“Untuk kegiatan PLS ini ada kegiatan rutin artinya setiap hari dilaksanakan dan ada yang hanya untuk hari tertentu. Kegiatan rutin setiap hari dilaksanakan adalah operasi semut saat datang dan pulang, di mana dalam pelaksanaannya setiap peserta wajib pungut sampah organik dan anorganik sebelum melaksanakan kegiatan presensi,” kata Nasdianur Irawan, Koordinator Lapangan PLS,  SMAN 1 Juai, Sabtu (20/7/2019).

Menurutnya, tujuannya adalah untuk mengajak peserta didik menjaga dan memelihara lingkungan serta mengingatkan tentang jenis dan pemilahan sampah. Selain pungut dan setor sampah ini, kegiatan rutin lainnya adalah tadarus Alquran.

Selain itu, diadakan literasi pagi, di mana peserta diberi lembaran artikel yang mesti dibaca sampai selesai dan langsung membuat catatan tentang pesan moral dari bacaan mereka baca masing-masing, salat Zuhur berjamah, snack dan makan siang bersama serta bersedekah setiap hari secara sukarela dari dana terkumpul nantinya akan disumbangkan untuk tempat ibadah yang memerlukan

Ada juga pemberi materi, gemas-gemas, dan penampilan pentas seni yang dibawakan baik dari siswa maupun pun pengajar di SMAN 1 Juai.

“Selain itu juga ada pemberi materi dari luar sekolah, seperti dari Polsek Juai, Koramil Juai dan BNN Balangan dengan berbagai materi yang berbeda dan tentu saja bermanfaat untuk peserta baik untuk membangun karakter siswa ke depannya,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala SMAN 1 Juai, Norparidah, mengatakan pihaknya sudah cukup memberikan pemahaman bagi siswa baru melalui PLS dan PSB.

“Kita sudah menggembleng mereka dalam beberapa hari mulai dari PLS dan PSB, kita berharap dengan adanya kegiatan tersebut selama berapa hari yang lalu, siswa baru dan lama bisa membaur,” katanya.

Baca Juga: Gernas Baku 2019, Tk Harapan Bangsa SKB Balangan Kunjungi Perpustakaan Daerah

Baca Juga: Tingkatkan Potensi Desa di Balangan, PT.  Adaro Indonesia Gelar Sekolah Bumdes Berani 2019

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19 Tanbu

Kalsel

Update Covid-19 Tanbu, Pasien Sembuh Bertambah dari Sungai Loban
Banjarmasin

Kalsel

Asesmen Terbaru, Banjarbaru-Banjarmasin Keluar dari PPKM Level 4!
apahabar.com

Kalsel

Pemindahan Ibu Kota Dinilai Tak Mudah, Begini Penjelasan Pakar Hukum
apahabar.com

Kalsel

Isi Libur Sekolah, Puluhan Anak Banjarmasin Ikut Khitanan Massal Rumah Zakat
Kotabaru

Kalsel

Heboh Kades di Kelumpang Tersangka Pungli, Giliran Apdesi Kotabaru Buka Suara
apahabar.com

Kalsel

Satpol PP Jaring 9 Anak Punk
Kotabaru

Kalsel

Duh 8 Lagi Warga Kotabaru Positif Covid-19, Total 1.788 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Apresiasi Paslon Pilwali Banjarmasin 2020 yang Turunkan Baliho Sosialisasi Sendiri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com