Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Sumur Bor Jadi Solusi Kekurangan Air Bersih di Kaltara

- Apahabar.com Jumat, 5 Juli 2019 - 12:41 WIB

Sumur Bor Jadi Solusi Kekurangan Air Bersih di Kaltara

Warga berebutan mengisi air di galon dan drum miliknya dari mobil tangki bantuan seseorang di Sei Bolong Kelurahan Nunukan Utara, medio Maret lalu. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNGSELOR – Pada 2020, Kalimantan Utara (Kaltara) akan menjadi sasaran sejumlah program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kementerian ESDM akan melakukan beberapa program kegiatan di Kaltara, di samping usulan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Program-program ini, disebutkan Kepala Dinas ESDM Kaltara Ferdy Manurun Tanduklangi, antara lain penyediaan sumur bor, pemasangan jaringan gas (Jargas), konversi minyak tanah ke Liquified Petroleum Gas (LPG) tabung 3 kilogram, dan konverter kit gas untuk nelayan.

Ferdy mengungkapkan, hasil pembahasan Musrenbangnas 2019 menjadi bahan masukan bagi penyempurnaan RKP, RKPD, Renja Kementerian/Lembaga, dan Renja OPD 2020.

“Program prioritas Kementerian ESDM ini disambut baik Pemprov Kaltara, dan memang menjadi usulan Pemprov Kaltara sesuai arahan Gubernur Kaltara,” kata Ferdy, dikutip apahabar.com dari laman Humas Pemprov Kaltara, Jumat.

Menindaklanjuti prioritisasi Kementerian ESDM tersebut, Pemprov Kaltara bergegas melakukan penyempurnaan rencana kerja 2020.

“Untuk penyediaan sumur bor, targetnya 13 titik. Yakni, di Bulungan 4 titik, Malinau 3 titik, Nunukan 3 titik dan Tana Tidung 3 titik. Kita juga mengusulkan tambahan sumur bor untuk Tarakan, lantaran rawan kekurangan air,” ungkap Ferdy.

Usulan itu dipertegas dengan penetapan 2 titik rencana lokasi pembangunan sumur bor di Tarakan. Tepatnya, di Kelurahan Pantai Amal dan Mamburungan.

“Tim sudah melakukan tinjauan lokasi sumur bor di Tarakan, tepatnya pada lahan yang dihibahkan warga. Kini tinggal progress hibah lahannya,” jelasnya.

Usulan lain yang juga diperjuangkan Pemprov Kaltara adalah program konversi energi untuk nelayan dan petani. Konversi energi ini mengubah bahan bakar yang digunakan oleh nelayan dari Solar menjadi LPG dengan menggunakan konverter kit.

“Program ini diinisiasi oleh Kementerian ESDM dalam rangka diversifikasi penggunaan BBM ke BBG guna mendukung ketahanan energi,” urai Ferdy.

Dari catatan hasil pembahasan Musrenbangnas 2019, program konversi energi untuk nelayan di Kaltara ditargetkan sebanyak 1.700 paket.

“Untuk pembagiannya, nanti akan dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten dan kota,” papar Ferdy. Pendistribusian paket perdana konverter kit BBM ke LPG untuk nelayan kecil merupakan solusi penyediaan energi alternatif ramah lingkungan, mengurangi emisi gas karbon monoksida atau gas buang, mengurangi kerusakan terumbu karang dan membantu mengelola ekonomi masyarakat nelayan menjadi lebih sejahtera.

Untuk program Jargas rumah tangga, lokusnya adalah Nunukan.

“Targetnya 7 ribu unit LPG tabung 3 kilogram dialokasikan Kementerian ESDM untuk program konversi minyak tanah ke gas di Nunukan,” jelasnya.

Baca Juga: Menangani Krisis Air Bersih, Ini Cara PDAM Bandarmasih

Baca Juga: Apkasi Bantu Air Bersih untuk Korban Gempa Palu

Sumber: Humas
Editor: Fariz F

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Pemprov Pastikan Pemadaman Listrik di Bunyu Segera Teratasi
Kegiatan masyarakat Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara saat menyambut HUT RI pada tahun lalu. Foto-Puska Muda FISIP UI/Agung Nurjana

Kaltara

HUT Ke-6 Kaltara, Komitmen Jaga Keamanan Perbatasan
apahabar.com

Kaltara

Gempa Bumi di Bengkulu Terasa di Nunukan, Berikut Penjelasan BMKG
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Pacu Pertumbuhan Wirausaha lewat Pinggiran
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Salurkan Bankeu Khusus Triwulan IV Rp 2,3 M
apahabar.com

Kaltara

Inflasi, TPID Kaltara Usulan Pembentukan BUMD Pangan
apahabar.com

Kaltara

Realisasi Investasi Asing di Kaltara, Gubernur: Utamakan TK Lokal
apahabar.com

Kaltara

Utang Meningkat, tapi Tak Semua Tanggungan Kaltara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com