Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022 Kasus Covid-19 di 21 Daerah Naik, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Waspada Truk Terguling di A Yani Banjarmasin, Satu Orang Tewas Sopir Truk Terguling di A Yani Banjarmasin Bakal Tersangka!

Tak Punya KIP, Orang Tua Siswa Pasrah Anaknya Gagal Masuk ke SMKN 5 Banjarmasin

- Apahabar.com     Senin, 8 Juli 2019 - 18:11 WITA

Tak Punya KIP, Orang Tua Siswa Pasrah Anaknya Gagal Masuk ke SMKN 5 Banjarmasin

Rapat dengar pendapat antara Komisi IV DPRD, Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel dan orang tua siswa di ruang rapat lantai 4 gedung dewan Kalsel, Banjarmasin, Senin (08/07/2019). Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi.

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebagian orang tua siswa yang ingin memasukkan anaknya ke SMAKN 5 Banjarmasin tahun ini terpaksa gigit jari. Lantaran, tak memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang jadi salah satu persyaratannya.

Hal ini terungkap dalam rapat dengar pendapat antara orang tua siswa, Kepala Dinas Pendidikan Kalsel, Kepala Bidang SMK dan SMA Kalsel, bersama Komisi IV DPRD Kalsel di ruang rapat lantai 4 gedung dewan, Senin (08/07/2019).

Dua dari pewakilan orang tua siswa, Muhammad Nasir dan Muhammad Sukri sendiri setelah menghadiri rapat tersebut nampak pasrah, lantaran tak bisa memperjuangkan lebih jauh keingginan anaknya bersekolah di SMKN 5 Banjarmasin.

“Setelah mendengarkan penjelasan (Dinas Pendidikan Provinsi) kita cukup memahami. Setelah mendengar penjelasan rasanya tidak bisa lagi mendesak, karena peraturanya demikian,” kata Muhammad Nasir.

Dua jam lebih berkonsultasi, Nasir tak bisa berbuat banyak setelah mendengarkan isi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 20/2019.

Dalam peraturan tersebut, sistem PPDB Online akan memprioritaskan siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), sekalu pun nilai siswa di bawah dari standar jurusan yang sudah di tentukan. “Yang jadi permasalahan itu saja, kita mengetahui peraturan itu terlambat,” sesal Nasir.

Belum adanya sosialiasi dari sekolah pada calon siswa baru pun menjadi soal oleh para orang tua siswa. Sebelumnya, para orangtua siswa pun merasa keberatan lantaran banyak siswa yang nilainya di bawah dari standar jurusan bisa lolos. Ternyata, para siswa yang di terima PPDB online tresebut rata-rata pemilik KIP.

Sementara itu, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel Syamsuri mengatakan, acuan penerimaan siswa adalah Permendikbudnomor 20/2019. “Dalam sistem online itu ada kolom pertanyaan, dia pemilik KIP atau tidak. Nah jika dia pemilik KIP, maka akan di jadikan prioritas oleh sistem,” tuturnya.

Syamsuri menyebut, dalam aturan tersebut sekolah pun wajib menerima siswa pemilik KIP. Minimal 20 persen dari daya tampung. Jika tidak dituruti, maka akan muncul masalah.

Nah, untuk masalah di SMKN 5 Banjarmasin, Syamsuri menyarankan para siswa mendaftar ke sekolah swasta. “Selain minimal 20 persen menerima siswa pemiliki KIP, sekolah pun tak bisa menambah ruang kelas semaunya. (Soalnya) Akan menyalahi aturan,” sambungnya.

Dalam kata lain ucap Syamsuri, sekolah wajib menerima siswa-siswi yang tidak mampu. Indikatornya adalah para siswa yang sudah memiliki KIP dari Pemerintah Pusat.

Baca Juga: 17 SMP Kekurangan Siswa, Disdik Banjarmasin Buat Keputusan Melegakan

Baca Juga: Pagi-Pagi, Puluhan Orang Tua Siswa Geruduk DPRD Kalsel

Reporter: Rizal Khalqi

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Cuaca Kalsel Hari Ini

Kalsel

Waspada, Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 11 Wilayah Kalsel
Tabalong

Kalsel

Wabup Tabalong Harap Pemuda Muhammadiyah dan Hipmi PT Kurangi Jumlah Pengangguran
apahabar.com

Kalsel

RSUD Ansari Saleh Terima Bantuan APD

Kalsel

Tepis Stigma Negatif, Komunitas Pria Gondrong di Banjarmasin Bantu Korban Banjir Kalteng
apahabar.com

Kalsel

BPJS Kesehatan Kenalkan Fitur Baru Mobile JKN
Pertamina

Kalsel

Resmi, Pemkab HST Keluarkan Larangan Penggunaan Elpiji 3 Kg Bagi Kalangan Tertentu
apahabar.com

Kalsel

Akhirnya, Warga Setuju Pembangunan TMKM di Tungkaran Dilanjutkan
apahabar.com

Kalsel

Sosialisasi Perbup Tanah Laut, Polsek Panyipatan Datangi Pantai Batakan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com