Jokowi Sebut Potensi Wakaf Uang Bisa Tembus Rp 188 Triliun Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang

Tala Mampu Jadi Produsen Bawang Merah

- Apahabar.com Rabu, 10 Juli 2019 - 18:48 WIB

Tala Mampu Jadi Produsen Bawang Merah

Bupati Tala, H Sukamta ikut panen bawang merah di Dusun Jayau Desa Ambungan. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Potensi tanam bawang merah dengan sistem penangkaran di Bumi Tuntung Pandang Tanah Laut (Tala) menuai hasil maksimal. Hal itu dibuktikan Kelompok Tani Jaya Makmur Dusun Jayau Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Rabu (10/8/2019).

Mereka melakukan panen pada acara yang dihadiri Bupati Tala, H Sukamta dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tala, Ahmad Mustahdi, Dinas Pertanian Propinsi Kalsel dan Para Penyuluh Pertanian setempat.

Bupati Tala Sukamta pun secara langsung memanen hasil tanaman dari para petani Dusun Jayau tersebut. Usai memanen bawang merah Sukamta bahkan mencicipi bawang tersebut secara langsung.

“Rasanya kurang pedas tapi agak keras teksturnya, kualitasnya sangat baik, sangat cocok untuk dibuat lalapan,” ujar Sukamta usai mencicipi bawang merah tersebut.

Melihat hasil panen dari para petani tersebut Bupati Tala Sukamta mengapresiasinya. “Ini adalah salah satu kemajuan luar biasa di bidang pertanian Tala karena sampai saat ini di wilayah Kalimantan belum ada yang memproduksi bawang merah secara mandiri,” katanya.

Karena itu ia berharap nanti Tala akan menyuplai kebutuhan bawang merah khususnya untuk wilayah Kalsel. Karena penen kali ini sangat luar biasa berhasil. “Saya yakin kedepan kita dapat menjadi produsen bawang merah,” ucapnya.

Sukamta juga berpesan kepada para petani agar terus mengembangkan budidaya pertanian bawang merah. “Pasarnya sangat luas di Kalimantan ini, dan harganya pun sangat fluktuatif sering naik secara mendadak sehingga berpotensi memberikan keuntungan yang sangat besar,” ujarnya.

Pria yang kerap disapa Kamta itupun juga ingin agar para petani dapat mencari informasi tentang bertani bawang merah melalui internet. “Sekarang zaman canggih pasti HP bapa dan ibu semua android, jadi bisa cari informasi di internet karena pasti sangat banyak informasi penting yang ada di di internet,” tutupnya.

Semenetara itu salah seorang petani bawang dari Dusun Jayau Gunawan mengatakan bahwa bawang merah yang dipanen hari ini adalah bibitnya berasal dari bantuan pemerintah, ia juga mengatakan bahwa ini adalah panen ke empat ia bersama dengan kelompok tani nya, “ini adalah panen ke empat, sedangkan bibit kita dapat bantuan dari pemerintah sebanyak dua ton kemarin ” ujarnya.

Gunawan pun menjelaskan bahwa panen bawang di Dusun Jayau sendiri selama ini membuahkan hasil yang sanagt memuaskan. “Panennya sangat bagus, meski perawatan bawang merah memang agak sedikit ribet, khususnya musim hujan harus mendapat perhatian khusus,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Tala Sukamta juga menyerahkan secara simbolis bantaun kepada para kelompok tani, seperti, kendaraan angkutan pertanian roda tiga, bibit bawang merah unggul, bibit cabe, obat-obatan dan pupuk.

Baca Juga: Tala Tuan Rumah Piala Menpora

Baca Juga: 40 ASN Tala Ikuti Diklat PIM IV

Reporter: AHC14
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Nahas, Lelaki Paruh Baya asal Pelambuan Diduga Tenggelam di Sungai Barito
apahabar.com

Kalsel

Banjarbaru Banjir Lagi, 1 Orang Harus Dievakuasi
apahabar.com

Kalsel

8 Kelompok di Tabalong Dilatih Mengolah Ikan Asin dari Patin

Kalsel

Ditemukan 2 Pasien dari Mandastana, Penyebaran Covid-19 di Batola Merata
TNI AU

Kalsel

Putra Putri Purnawirawan TNI AU Salurkan Bantuan di Banjir Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pasukan Kuning Hingga Ojol Kebagian Sembako Kejari HST
apahabar.com

Kalsel

Relokasi Masih Terkendala Lahan

Kalsel

Sejumlah Masjid di Tapin Belum Siap Laksanakan Salat Jumat Hari ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com