Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya

Wabup Syamsuri Arsyad Sampaikan KUA PPAS TA 2020

- Apahabar.com Selasa, 9 Juli 2019 - 13:20 WIB

Wabup Syamsuri Arsyad Sampaikan KUA PPAS TA 2020

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad saat menyerahkan naskah Rancangan KUA dan PPAS Kabupaten HSS TA 2020 pada ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi dan Wakil Ketua II DPRD Rodi Maulidi. Foto-apahabar.com/Norda

apahabar.com, KANDANGAN – Wakil Bupati Syamsuri Arsyad menyampaikan nota pengantar atas diajukannya KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara) Tahun Anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna di Gedung Rapat DPRD HSS, Selasa (9/7/2019).

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD H Akhmad Fahmi tersebut, Syamsuri Arsyad yang mewakili Bupati H Achmad Fikry menyampaikan bahwa KUA TA 2020 merupakan tahapan perencanaan pembangunan.

“Dokumen ini akan dijadikan acuan dalam penyusunan PPAS  dan rancangan APBD TA 2020,” katanya.

Sedangkan PPAS APBD, sambungnya, adalah Rancangan Program Prioritas serta Alokasi Plafon Anggaran Sementara yang menjadi acuan SKPD dalam menjabarkan program dan kegiatan dalam rencana kerja dan anggaran SKPD.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019, tentang Pedoman Penyusunan APBD TA 2020, Penyampaian Rancangan KUA dan PPAS oleh Kepala Daerah kepada DPRD, paling lambat dilaksanakan pada minggu kedua bulan Juli.

Dalam tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah di Kabupaten HSS, 2020 merupakan tahun kedua dari RPJMD Kabupaten HSS 2018-2023.

Sesuai RKPD TA 2020, tema pembangunan Kabupaten HSS adalah “Peningkatan Layanan Dasar dan Infrastruktur yang Menunjang Sektor Perekonomian serta Reformasi Birokrasi” Dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten HSS, yakni Pembangunan Manusia Melalui Peningkatan Pelayanan Dasar, Peningkatan Produktifitas Sosial dan Ekonomi, Pembangunan SDA dan Lingkungan Hidup, Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas serta Peningkatan Kualitas Birokrasi dan Pelayanan Publik.

Sementara itu, berdasarkan prioritas 5 pembangunan dan asumsi ekonomi makro maka Kabupaten HSS membuat beberapa target pembangunan pada tahun 2020. Yakni, Nilai indeks pembangunan manusia sebesar 69,41, rata-rata lama sekolah sebesar 8,17 tahun, harapan lama sekolah sebesar 12,89 tahun, angka harapan hidup 66,54 tahun, pengeluaran per kapita sebesar Rp12.344.000, perkembangan jumlah penduduk 24.279 orang, laju pertumbuhan ekonomi sebesar 6,28%, tingkat kemiskinan sebesar 5,06%, tingkat pengangguran terbuka sebesar 2,04%, predikat akuntabilitas kinerja pemerintah dengan nilai A dan predikat tata kelola keuangan dengan opini wajar tanpa pengecualian.

Untuk mencapai target pembangunan, Kabupaten HSS pada TA 2020 diperlukan sumber penerimaan daerah untuk membiayainya. Hal ini penting untuk mengukur kemampuan keuangan daerah dalam meracik strategi serta menyusun prioritas program dan kegiatan.

Total proyeksi penerimaan daerah sebesar rp1.276.450.391.000 yang terdiri dari target pendapatan daerah TA 2020 sebesar Rp1.159.960.222.000 dan target penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp116.490.169.000. Target ini dihitung dengan memperhatikan tren penerimaan daerah pada tiga tahun sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan APBD Murni TA 2019, Pendapatan Daerah Kabupaten HSS pada TA 2020 diproyeksikan tumbuh sebesar 9,85%. Pertumbuhan pendapatan terbesar diproyeksikan pada jenis Lain-Lain Pendapatan daerah yang sah sebesar 23,45%, dana perimbangan sebesar 9,52%. Sedangkan pada jenis Pendapatan Asli Daerah diproyeksikan turun sebesar 3,26%.

Untuk mencapai target kinerja Pendapatan Daerah, maka dilaksanakan beberapa strategi dibidang Pendapatan Daerah diantaranya yaitu: pertama, optimalisasi pajak dan retribusi daerah serta penerimaan lain-lain melalui intensifikasi dan ekstensifikasi secara selektif dan tidak berpotensi menghambat akselerasi perkembangan aktivitas ekonomi masyarakat.

Kedua, penyesuaian Dana Perimbangan dari Dana Alokasi Khusus dan Bagi Hasil Pajak/Bukan Pajak sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan.

Ketiga, peningkatan dana penyesuaian dalam rangka melaksanakan kebijakan Pemerintah Pusat, seperti dana untuk desa dan dana untuk kelurahan.

Keempat, peningkatan kerjasama dengan pihak swasta dalam rangka peningkatan peran serta dan mendukung optimalisasi pendapatan daerah.

Kelima, optimalisasi kinerja penerimaan dari masing-masing SKPD penghasil PAD.

Selanjutnya, Wakil Bupati juga memaparkan tentang kebijakan Belanja Daerah pada TA 2020. Dijelaskannya, pengelolaan Belanja Daerah menerapkan anggaran berbasis kinerja. Belanja Daerah disusun berdasarkan pendekatan prestasi kerja dan berorientasi pada pencapaian hasil dari input yang direncanakan.

Pada prinsipnya, lanjutnya, agenda pembangunan daerah merupakan satu kesatuan dalam mendukung agenda pembangunan Nasional dan Provinsi. Oleh karena itu, upaya koordinasi, sinkronisasi dan sinergi program serta kegiatan dengan pemerintah turut menjadi perhatian dalam menyusun prioritas Belanja Daerah.

“Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi tumpang tindih antara program dan kegiatan yang bersumber dari APBD, APBD Provinsi dan APBN,” tutupnya.

Baca Juga: Lepas CJH Kabupaten HSS, Achmad Fikry: Jaga Kebersamaan

Baca Juga: Bupati HSS Resmikan Fasilitas Pelayanan Baru di Dinas PMPTSP

Reporter: AHC 01
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Optimalkan Birokrasi Bebas Korupsi, ASN di HSS Tandatangani Komitmen Bersama
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Serahkan SK CPNS
apahabar.com

HSS

Wabup HSS Pimpin Rakor TP UKS
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Menuju Teknologi Terintegrasi
apahabar.com

HSS

Jelang Pilkada Serentak 2020, Bupati HSS Achmad Fikry Ingatkan Netralitas ASN
apahabar.com

HSS

Gebrak Masker Dilaunching Serentak di 11 Kecamatan HSS
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Berikan Bantuan kepada Warga Kebakaran Kubah Dingin
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Gandeng Pengusaha Sukseskan Gerakan Sejuta Masker
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com