apahabar.com
Prakiraan Cuaca. Foto-apahabar.com/Infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tak hanya potensi hujan yang terjadi di wilayah Kalsel, namun juga meminta agar warga waspada potensi gelombang tinggi di perairan Laut Jawa.

Tiga wilayah Kalsel yang mengalami hujan hari ini, masing-masing Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu dan Tanah Laut. Ketiga kabupaten ini termasuk wilayah yang berhadapan dengan laut Jawa.

Baca Juga: Terpantau Kamera CCTV, 2 Pelaku Pencuri Sepeda Diringkus Polisi

Potensi hujan kali ini diperkirakan akan disertai petir. Karenanya warga diminta agar berhati-hati untuk keluar rumah. Lebih lagi, mereka yang berprofesi sebagai nelayan di daerah tersebut, disarankan agar tidak melaut.

“Waspada potensi hujan lebat disertai petir di Wilayah Kab Kotabaru, Tanah Bumbu dan Tanah Laut. Serta potensi gelombang tinggi mencari lebih dari 2,5 meter di perairan Laut Jawa,” demikian tulis BMKG dalam laman resminya, Jumat (12/07/2019).

Potensi hujan sendiri lebih banyak terjadi pada siang atau sore hari, dengan intensitas curah hujan ringan. Selebihnya untuk pagi, malam dan diniharinya, dalam kondisi cerah berawan.

Tak hanya tiga kabupaten tersebut di atas, namun jika ditilik lebih jauh, data BMKG menyebutkan hujan juga terjadi di Amuntai (Hulu Sungai Utara), Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura (Banjar), Paringin (Balangan), dan Tanjung (Tabalong). Untungnya, potensi hujan tidak disertai petir.

Secara kesuluruhan suhu udara di 13 kabupaten/kota Kalsel berada pada rentang 23-33 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban antara 60-95 persen. Artinya, suhu udara relatif normal, bahkan cenderung panas.

Baca Juga: Demi Pembangunan, Putra Daerah Kalsel Mestinya Jadi Menteri

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin