Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Wisata Gunung Tangkuban Parahu Tutup Sementara

- Apahabar.com Sabtu, 27 Juli 2019 - 05:30 WIB

Wisata Gunung Tangkuban Parahu Tutup Sementara

Kondisi Gunung Tangkuban Parahu.Foto-CNCB Indonesia

apahabar.com, BANDUNG – Kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ditutup sementara pascaerupsi, Jumat (26/7/2019) sore.0

Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), jatuhan abu vulkanik mencapai radius 1 hingga 2 kilometer.

Baca Juga: Sosok Brigadir Rangga, Polisi Penembak Rekannya Sesama Polisi

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo melaporkan, distribusi abu di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu, lanjutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mendapatkan informasi dari warga di Kecamatan Cisarua bahwa abu mengarah ke sana.

“Sedangkan laporan dari BPBD, abu erupsi tidak terlihat dari kantor BPBD Bandung Barat yang berjarak 17 – 20 km dari gunung,” ujar Agus dalam keterangannya.

Pascaerupsi Gunung Tangkuban Parahu, Badan Geologi mengeluakan peringatan bahaya bagi pesawat yang melintas di sekitar wilayah gunung atau Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA).

Notifikasi VONA berwarna oranye mengindikasikan lontaran abu masih berada di bawah 1.000 kaki. Level ini dapat membahayakan penerbangan. VONA juga menyebutkan distribusi abu vulkanik mengarah ke timur laut dan selatan.

Sebelumnya PVMBG melaporkan bahwa Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019), pukul 15:48:18 WIB. Kolom abu teramati dengan ketinggian kurang lebih  200 m di atas puncak.

Asap tebal warna kelabu tebal  dan abu mengarah ke Timur – Utara – Selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi 5 menit 30 detik.

Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak benar, serta memonitor peringatan maupun informasi dari pemerintah daerah atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. 

Baca Juga: Indonesia Kecam Israel yang Hancurkan Perumahan Palestina di Sur Bahir

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pemulangan 660 WNI Eks ISIS ke Indonesia, Jokowi: Masih Diperhitungkan Plus Minusnya

Nasional

SBY ‘Tantang’ Airlangga, Luhut dan BIN Sebut Dalang Kerusuhan Demo Tolak UU Omnibus Law
apahabar.com

Nasional

Idham Azis Janji Bakal Ungkap Kasus Novel Baswedan
apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Baru Indonesia Berkapasitas 3 Juta Penduduk
apahabar.com

Nasional

Ibunda Berpulang, Presiden Jokowi Sudah Tiba di Solo
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Indonesia Kembangkan Sendiri Vaksin Merah Putih
apahabar.com

Nasional

Pakar UGM: Jangan Buru-Buru Klaim Obat Covid-19
apahabar.com

Nasional

AirNav: Balon Udara Liar Bahayakan Keselamatan Penerbangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com