Meninggal di Rumah, Guru Khalil Sempat Tak Sadarkan Diri Sejak Kamis Dikenal Karismatik, Alumni Ponpes Darussalam Sukses Jadi Bupati Banjar Kini Telah Tiada Ibnu Sina Ingin Penerapan PPKM Level IV Banjarmasin Lebih Humanis Perkelahian di Lapo S Parman Banjarmasin, Seorang Pemuda Tertusuk Jadwal Olimpiade Tokyo 2020 Hari Ini: Angkat Besi Berpeluang Tambah Medali Indonesia

148 Warga Binaan Rutan Pelaihari Terima Remisi Umum, Satu Dinyatakan Bebas!

- Apahabar.com     Sabtu, 17 Agustus 2019 - 15:27 WITA

148 Warga Binaan Rutan Pelaihari Terima Remisi Umum, Satu Dinyatakan Bebas!

Bupati Tala H Sukamta bersama Karutan Pelaihari, saat memberi selamat kepada penerima remisi di Lapangan Pertasi Kencana Pelaihari, Sabtu (17/08). Foto-apahabar.com/Chandra.

apahabar.com, PELAIHARI – Sedikitnya 148 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Pelaihari, menerima remisi umum pada perayaan HUT RI ke-74, Sabtu (17/08). Salah satu di antaranya menerima pengurangan masa pidana, langsung bebas.

Kepala Rutan, Budi Suharto mengatakan, pemberian remisi tersebut merupakan hak bagi seorang warga binaan, yang diberikan pada momen tertentu.

“Pada hari peringatan Kemerdekaan Indonesia, setiap narapidana yang telah memenuhi syarat akan diberikan pengurangan masa tahanan,” kata Suharto.

Remisi yang diberikan berkisar dari 1 bulan sampai 6 bulan. Tapi, terang Suharto, di Rutan Pelaihari untuk tahun ini, cuma ada sampai 5 bulan saja.

“Adapun syarat penerima remisi adalah berkelakuan baik dan minimal sudah menjalani masa pidana selama 6 bulan di lapas atau Rutan tempat napi ditahan. Hak tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999,” terang Suharto.

Suharto berharap kepada warga binaan yang memperoleh remisi, agar menjadikan masa selama berada di Rutan untuk memperbaiki diri. “Teruslah berbenah diri, khusus yang telah memperoleh remisi bebas agar tidak mengulangi lagi perbuatannya,” harapnya.

Sementara itu di lapangan Pertasi Kencana secara simbolis dua warga binaan, Muhammad Rani dam Norhaniansyah menerima remisi yang di serahkan langsung oleh Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta.

Sedangkan yang mendapatkan remisi, hingga akhirnya bebas langsung yakni Taufik Rahman bin H Musadik asal Bati-bati.

Taufik beruntung karena satu dari sekian banyak warga binaan di sana yang menerima remisi atau pengurangan masa pidana dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) tahun ini.

Baca Juga: Leganya Syakira, Masa Karantina Anggota Paskibraka Kalsel Terbayar

Baca Juga: Cara Jemaah Haji HST Peringati HUT RI ke-74 di Tanah Suci

Reporter: Ahc14
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tiga Titik Api di Kalsel Berhasil Dipadamkan
apahabar.com

Kalsel

Pangkas Birokrasi, Izin Pengumpulan Dana Bisa Langsung ke Dinas Sosial
apahabar.com

Kalsel

Cegah Kriminalitas, Polsek Banjarmasin Timur Lakukan Patroli
apahabar.com

Kalsel

Swab Test Masif di Batola, Bidik Orang Terdekat Pasien Positif
apahabar.com

Kalsel

Dugaan Ijazah Palsu Kades Kersik Putih, Cuncung : Usut Tuntas!
apahabar.com

Kalsel

Gelapkan Sigra, Pria Kotabaru Diringkus Polisi  
Kalsel

Kalsel

Capaian 5 Tahun Birin-Rudy di Mata Supian HK: Cabut Izin Tambang hingga Predikat WTP

Kalsel

Pemuda Tanah Bumbu Berprestasi di Event Nasional, Dewi Kasih SHM Sampaikan Apresiasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com