Via Pesantrenpreneur, Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Songsong Putaran Nasional Liga 3, Pemain Persemar Martapura Teken Kontrak Saingi Jembatan ‘Basit’, Banjarmasin Geber Megaproyek Pembelah Sungai Martapura Waketua DPRD Respons Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’ Fix! Sopir Batu Bara Tapin Batal Sweeping Truk Semen Tabalong

4-9 September, Perayaan Hari Olahraga Nasional Digelar di Banjarmasin

- Apahabar.com     Sabtu, 31 Agustus 2019 - 13:34 WITA

4-9 September, Perayaan Hari Olahraga Nasional Digelar di Banjarmasin

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memimpin latihan karate sebagai persiapan pemecahan rekor MURI dalam gelaran Haornas di Banjarmasin. Foto-Instagram.

apahabar.com, JAKARTA – Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 akan digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 4-9 September nanti. Ini merupakan kali pertama digelar di Pulau Borneo, apalagi diadakan di kawasan wisata sungai, Siring Menara Pandang.

“Kalimantan Selatan itu terkenal dengan olahraga dayung, jadi kita ingin melakukan branding olahraga air. Nanti panggungnya juga di atas Sungai Martapura menggunakan tongkang-tongkang,” kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dikutip dari detiksport.com.

Sebelum even itu dilaksanakan, pada 4-8 September terlebih dulu digelar bazaar yang berasal dari UMKM daerah. Lalu, 7-8 September, seminar e-sport di hotel Rattan Inn.

Kemudian pada 8 September akan ada Gowes Nusantara sekaligus sosialisasi senam SKJDULS.

Yang menarik, di Haornas kali ini ada pemecahan rekor MURI. Khususnya untuk cabang olahraga karate, yang dimelibatkan 5.000 lebih karateka. Pemecahan rekor ini bakal dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Menyambut itu, gubernur yang kerap disapa Paman Birin tersebut, sudah rutin menggelar latihan saban Jumat. Latihan yang digelar di halaman sekretariat daerah provinsi, Banjarbaru tersebut, juga diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD.

“Latihan bersama ini untuk menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September. Mari kita sukseskan Haornas 2019 yang dilaksanakan di Banua kita. Jaga kebugaran. Mudahan kita sehat barataan,” ajak Paman Birin lewat akun resminya.

Atraksi yang akan ditampilkan ribuan karateka secara massal nanti berupa Kihon (Gerakan dasar) dan Kata (rangkaian gerakan dasar) Kata 1 Yan Sodan dan Kata 2 Yan Nidan yang akan diperagakan secara serempak dan bersamaan.

Sejauh ini persiapan sudah mulai nampak. Terutama di kawasan Sirin Menara Pandang, Jalan Piere Tendean Banjarmasin.

Dalam perayaan Haornas ini akan ada 23 atlet berprestasi dan tokoh olahraga yang akan menerima penghargaan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

Haornas 2019 mengusung tema #ayoolahraga #dimanasajakapansaja. Dengan tema ini, Kemenpora ingin mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

Untuk lebih memassalkan olahraga di masyarakat, Kemenpora menunjuk tiga pesohor sebagai Duta Ayo Olahraga. Ketiganya adalah presenter Uya Kuya, pemain sinetron Ussy Sulistyowati dan komika Arafah Rianti.

Acara juga akan dimeriahkan dengan parade senam Indonesia Bergerak bersama 200 pedagang pasar terapung dengan perahu jukunya, parade olahraga air dan perahu nias.

Baca Juga: Empat Karateka Barut Wakili Kalteng Ikuti O2SN Tingkat Nasional di Aceh

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Aisyah Rahmawati, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kejurprov

Sport

Kalsel Gelar Kejurprov eSports: Ada 8 Nomor Game, Simak Rinciannya
Kualifikasi Piala Asia

Sport

Lawan Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia Diunggulkan
apahabar.com

Sport

Kinerja Wasit Liga 1 2019 Akan Diawasi Badan Independen

Sport

VIDEO: Bawa Barito Menang, Torres Sekaligus Menyakiti Mantan
Piala Dunia 2022

Sport

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Portugal Menang, Cristiano Ronaldo Cetak Rekor
apahabar.com

Sport

Piala Presiden 2019 Hari Ini, Ara Ingin Turnamen Bebas Match Fixing

Sport

Banjir Gol, Spanyol Tekuk Kroasia dan Capai Perempat Final

Sport

Mantan Manajer Timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com