‘Olahraga’ Malam, Ratusan Pemuda di Tapin Arak Motor Sampai Polres CEK FAKTA: Covid-19 Jadi Ladang Bisnis RS di Banjarmasin? Duh, Zona Hitam Covid-19 di Banjarmasin Bertambah! Selama Pandemi, Biaya Operasional Bekantan Kalsel Kian Melonjak Belasan Warga Kalsel Terimbas Penyusutan Karyawan Lion Air




Home Sport

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 13:34 WIB

4-9 September, Perayaan Hari Olahraga Nasional Digelar di Banjarmasin

Redaksi - Apahabar.com

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memimpin latihan karate sebagai persiapan pemecahan rekor MURI dalam gelaran Haornas di Banjarmasin. Foto-Instagram.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memimpin latihan karate sebagai persiapan pemecahan rekor MURI dalam gelaran Haornas di Banjarmasin. Foto-Instagram.

apahabar.com, JAKARTA – Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 akan digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 4-9 September nanti. Ini merupakan kali pertama digelar di Pulau Borneo, apalagi diadakan di kawasan wisata sungai, Siring Menara Pandang.

“Kalimantan Selatan itu terkenal dengan olahraga dayung, jadi kita ingin melakukan branding olahraga air. Nanti panggungnya juga di atas Sungai Martapura menggunakan tongkang-tongkang,” kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dikutip dari detiksport.com.

Sebelum even itu dilaksanakan, pada 4-8 September terlebih dulu digelar bazaar yang berasal dari UMKM daerah. Lalu, 7-8 September, seminar e-sport di hotel Rattan Inn.

Kemudian pada 8 September akan ada Gowes Nusantara sekaligus sosialisasi senam SKJDULS.

Yang menarik, di Haornas kali ini ada pemecahan rekor MURI. Khususnya untuk cabang olahraga karate, yang dimelibatkan 5.000 lebih karateka. Pemecahan rekor ini bakal dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Baca juga :  Ketum PSSI Sebut Stadion Ini Paling Pantas Gelar Piala Dunia U-20

Menyambut itu, gubernur yang kerap disapa Paman Birin tersebut, sudah rutin menggelar latihan saban Jumat. Latihan yang digelar di halaman sekretariat daerah provinsi, Banjarbaru tersebut, juga diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD.

“Latihan bersama ini untuk menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September. Mari kita sukseskan Haornas 2019 yang dilaksanakan di Banua kita. Jaga kebugaran. Mudahan kita sehat barataan,” ajak Paman Birin lewat akun resminya.

Atraksi yang akan ditampilkan ribuan karateka secara massal nanti berupa Kihon (Gerakan dasar) dan Kata (rangkaian gerakan dasar) Kata 1 Yan Sodan dan Kata 2 Yan Nidan yang akan diperagakan secara serempak dan bersamaan.

Sejauh ini persiapan sudah mulai nampak. Terutama di kawasan Sirin Menara Pandang, Jalan Piere Tendean Banjarmasin.

Dalam perayaan Haornas ini akan ada 23 atlet berprestasi dan tokoh olahraga yang akan menerima penghargaan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

Baca juga :  Barito Termasuk Klub Tolak Liga 1 Dilanjutkan, Ini Sikap PSSI

Haornas 2019 mengusung tema #ayoolahraga #dimanasajakapansaja. Dengan tema ini, Kemenpora ingin mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

Untuk lebih memassalkan olahraga di masyarakat, Kemenpora menunjuk tiga pesohor sebagai Duta Ayo Olahraga. Ketiganya adalah presenter Uya Kuya, pemain sinetron Ussy Sulistyowati dan komika Arafah Rianti.

Acara juga akan dimeriahkan dengan parade senam Indonesia Bergerak bersama 200 pedagang pasar terapung dengan perahu jukunya, parade olahraga air dan perahu nias.

Baca Juga: Empat Karateka Barut Wakili Kalteng Ikuti O2SN Tingkat Nasional di Aceh

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Aisyah Rahmawati, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Dua Putra Banua Dapat Kesempatan Gabung Barito Putera Senior
apahabar.com

Sport

Sukses Imbangi Macan Putih, Simak Respon Bos Martapura FC
apahabar.com

Sport

Reaksi Fans Soal Hengkangnya Rafael dan Isu CLBK Djanur bersama Konate
apahabar.com

Sport

Kejuaraan Karate Lemkari Banjar Open Resmi Digelar
apahabar.com

Sport

Hasnur Optimis Tatap Dua Laga Kandang
apahabar.com

Sport

Hajar Peseban 3-0, Frans Ungkap Masalah Lini Tengah
apahabar.com

Sport

Hantam Bournemouth 5-1, Arsenal Hindari Kejaran Setan Merah
apahabar.com

Sport

Jadwal Live Barito Putera vs Persela, Wajib Menang!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com