apahabar.com
Bupati HST, HA Chairansyah saat bertandang menuju stand kuliner HST di 0 Km saat puncak acara Peringatan Harjad Kalsel, Rabu (14/8). Foto-Humas Setda HST

apahabar.com, BARABAI – Kuliner khas Hulu Sungai Tengah (HST) ludes di  puncak peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang jatuh pada14 Agustus 2019.

Kuliner yang disediakan Pemerintah Kabupaten HST itu yakni, apam, balikuhai, lam, kacang jaruk, dan sasagun.

Baca Juga: Dari Negara Serikat ke Negara Kesatuan: Memori Lahirnya Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 1950

“Kami menyediakan cukup banyak. Alhamdulillah kuliner HST termasuk jadi favorit warga yang datang, makanan khas yang disiapkan pun habis,” ujar Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi HST, Al Fahmi yang juga turut membantu menjaga stand pemberian kuliner kepada warga yang turut memeriahkan Harjadi Provinis di 0 Kilometer Banjarmasin, Rabu (14/8).

Sajian kue khas HST memang dikhususkan untuk pengunjung di Harjadi itu. Selain itu, Pemkab HST juga mengenalkan sekaligus mempromosikan kuliner HST agar para wisatawan atau warga yang ingin mencari kuliner khas Barabai
bisa berkunjung ke HST.

Hal serupa pun diungkapkan Bupati HST, H A Chairansyah. Momentum Harjad Provinsi Kalsel dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan produk unggulan kepada masyarakat baik yang dihasilkan oleh UMKM, UP2K serta Dekranasda HST.

“Kita ingin produk unggulan yaitu kuliner yang merupakan khas Kota Barabai ini dapat bangkit dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, sehingga bisa meningkatkan keuntungan pendapatan,” kata Bupati.

Pada Harjad Kalsel itu, kesan merakyat begitu terasa dengan hadirnya pesta rakyat dengan puluhan stand makanan dari berbagai kabupaten/kota se kalsel yang disediakan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin. Di dalamnya menyediakan berbagai macam masakan dan kue.

apahabar.com
Stand kuliner khas HST diserbu pengunjung Hari Jadi ke 69 Provinsi Kalsel. Foto-Humas Setda HST

Baca Juga: Diserbu Warga, Kuliner Gratis HUT Kalsel Ludes Secepat Kilat!

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif