Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

74 Tahun Merdeka, Warga di Kaki Meratus Baru Dapat ‘Penerangan’

- Apahabar.com Senin, 5 Agustus 2019 - 15:30 WIB

74 Tahun Merdeka, Warga di Kaki Meratus Baru Dapat ‘Penerangan’

Perwakilan warga dari 2 kecamatan, BAT dan Hantakan menerima bantuan lampu bertenaga surya oleh Pemkab HST usai apel gabungan di halaman Kantor Bupati, Senin (5/8). Foto-Masrus for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Agustus 2019 ini Indonesia sudah memperingati hari kemerdekaan untuk ke-74 kalinya. Namun ternyata, masih saja ada warga yang belum menikmati penerangan listrik di rumahnya. Di antara mereka adalah warga di kaki Meratus, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Warga yang belum terjamah listrik selama puluhan tahun itu, kini mendapatkan bantuan penerangan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pusat.

Pemerintah Kabupaten HST sebelumnya mengajukan permohonan bantuan program Listrik Tenaga Surya Hemat Energy (LTSHE) kepada pemerintah pusat. Sebab di dua desa dengan kategori terpencil-sangat terpencil, yakni di Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) dan Hantakan.

Warga yang tinggal di pegunungan Meratus tersebut selama ini hanya menggunakan lampu minyak sebagai penerangan. Selain itu, mereka belum mengalami kemajuan teknologi maupun informasi.

Dari sambutan Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja, HST H Zamhasari dalam laporannya mengatakan Program LTSHE merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk menerangi desa/kampung yang sama sekali belum mendapatkan pelayanan listrik atau tergolong gelap gulita.

“Pada Tahun 2019 ini Kabupaten Hulu Sungai Tengah mendapatkan bantuan LTSHE sebanyak 257,” ujar Zamhasari.

Dari bantuan tersebut, BAT mendapatkan 85 unit yang terdiri dari 50 unit untuk Desa Aing Bantai, 19 unit untuk Atiran, dan 16 unit untuk Muara Hungi.

“Sedangkan untuk Kecamatan Hantakan mendapatkan 173 unit yang terdiri dari 79 unit untuk desa Datar Ajab, 25 unit untuk desa Haruyan Dayak, 25 unit. Sedangkan desa Patikalain dan Hinas Kanan 43 unit,” terang Zamhasari

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan kepada perwakilan camat masing-masing oleh Sekda HST, HA Tamzil.

“Alhamdulillah kita mendapat bantuan hibah lampu tenaga surya hemat energi sebanyak 257 unit yang peruntukannya bagi desa-desa terpencil dan sangat terpencil yang belum menikmati aliran listrik,” kata Bupati HST, HA Chaoransyah dalam sambutan yang dibacakan Sekda HST, HA Tamzil usai memimpin apel gabungan SOPD di halaman Kantor Bupati, Senin (5/8).

Pemerintah, kata Tamzil selalu berupaya mempercepat akses listrik khususnya untuk penerangan masyarakat di daerah terpencil dan sangat terpencil melalui tenaga alternatif yaitu, lampu tenaga surya hemat energi.

Tamzil pun berpesan kepada masyarakat yang menerima bantuan agar lampu tenaga surya ini dapat dipergunakan dan dipelihara serta dirawat dengan sebaik baiknya.

“Jangan sampai diperjualbelikan maupun dipindah-tangankan,” pesan Tamzil.

Baca Juga: Puluhan Tahun Rasakan Gelap, Haruyan Dayak Bisa Nikmati Listrik

Baca Juga: Presiden Jokowi Klaim Penuhi Kebutuhan Listrik Jutaan Keluarga

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tak Berpotensi Hujan, Waspada Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Pasar Sekunder Tak Jadi Tutup, PSBB Banjarmasin Mengendur?
apahabar.com

Kalsel

Menyelisik Dugaan Korupsi Retribusi Parkir di Pasar Ulin Raya
apahabar.com

Kalsel

5 Kabupaten/Kota di Kalsel Diprakirakan Hujan Berpetir Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Hujan Tipis Siang, Kalsel Berpayung Awan Saat Malam
apahabar.com

Kalsel

Siswi SMAN 1 HST Wakili Kalsel di Pentas PAI Nasional
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Pelaihari dan Lima Wilayah di Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Hadirkan Konvergen, Taman Budaya Kalsel Berikan Ruang Ekspresi Pelaku Seni
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com