VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Awas !!! Konsumsi Cacing Hati Pada Hewan Kurban  

- Apahabar.com Senin, 12 Agustus 2019 - 17:46 WIB

Awas !!! Konsumsi Cacing Hati Pada Hewan Kurban   

Bupati Tanah Laut Sukamta memantau kesehatan hewan kurban. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Ada temuan hewan kurban yang terkena cacing hati. Masyarakat pun diminta tak mengkonsumsi daging hewan kurban tersebut.

Muhammad Taufik, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Laut (Tala) meminta masyarakat tak memakan hati Hewan hewan kurban yang kena cacing hati.

“Hasil pemantauan ada ditemukan beberapa hewan kurban terkena cacing hati, namun untuk jenis penyakit lainnya tidak ditemukan. Makanya kita sarankan untuk hatinya tidak dikonsumsi. Mesti dibuang,” ujar Muhammad Taufik saat melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban, Minggu (11/08).

Taufik tidak merinci jumlah hewan kurban dan di aman lokasi yang terdapat cacing hati. Namun ia menyarankan agar masyarakat Tala tidak mengkonsumsinya.

Jika dikonsumsi, kata Muhammad Taufik, penyakit ini akan menular kepada orang yang memakan.

Yang paling mudah diketahui jika orang mengkonsumsi hati hewan yang kena cacing hati, mengakibatkan gangguan pencernaan.

Ia mengemukakan, hewan kurban yang terkena cacing hati pada hatinya itu, bagian daging lainnya masih sangat aman dikonsumsi.

Menurutnya, hewan yang terdapat cacing hati terjangkitnya pada saat hewan tersebut saat dipelihara melalui rumput yang tercemar ada cacingnya. Pada saat sapi itu makan rumput, maka cacing akan bersarang di hati sapi.

“Saat kita pantau di tempat kurban ada beberapa yang terkena cacing hati,” katanya. Ia menambahkan, jenis penyakit lainnya tidak ditemukan, lantaran pihaknya sebelumnya pernah melakukan pemeriksaan dan melihat bagai mana kondisi sapi yang akan dipotong layak atau tidaknya untuk dipotong.

Ia menjelaskan penemuan cacing hati pada saat dilaksanakan kurban bukan lah hal yang aneh ataupun baru. Tetapi pihaknya melaksanakan tugas untuk menyampaikan bagi masyarakat kalau menemukan adanya cacing hati diberitahukan tidak layak untuk dikonsumsi.

Reporter: Ahc14
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Geger, Temuan Granat Nanas Sisa Perang Kemerdekaan di Amuntai Tengah
apahabar.com

Kalsel

Pemudik Via Bandara Syamsudin Noor Dapat Tasbih dari Kapolda Kalsel

Kalsel

3 Jembatan Banyiur Dalam Rampung, Intip Pesan Ibnu Sina
apahabar.com

Kalsel

Tunjukkan Jari Tanda Nyoblos, Dapatkan Diskon Makan di Restaurant Golden Tulip
apahabar.com

Kalsel

KPU Banjarmasin Terima 1.698 Dus Surat Suara
apahabar.com

Kalsel

Hilang Kabar, Jasad Pria di RK Ilir Membusuk di Kamar
apahabar.com

Kalsel

Upaya Mahasiswa Mendorong #Savemeratus Jadi Isu Nasional  
apahabar.com

Kalsel

Swab Test Masif di Batola, Bidik Orang Terdekat Pasien Positif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com