Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

Barito Utara Mulai Diselimuti Kabut Asap

- Apahabar.com Selasa, 13 Agustus 2019 - 16:47 WIB

Barito Utara Mulai Diselimuti Kabut Asap

Ilustrasi kabut asap. Foto – Antara/Syifa Yulinnas

apahabar.com, MUARA TEWEH – Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah mulai diselimuti kabut asap tipis dihampir di seluruh wilayahnya. Namun hingga saat ini kabut asap tidak tebal sehingga masih dikategorikan aman.

Untuk itu masyarakat juga terpantau masih beraktivitas seperti biasanya. Masih banyak masyarakat yang beraktivitas diluar tanpa menggunakan masker.

Terhadap kabut asap tersebut, Kepala BMKG stasiun meteorologi Beringin, Barito Utara, Sudarmono saat dikonfirmasi, Selasa (13/08), mengatakan bahwa kabut asap yang terjadi di wilayah Kabupaten Barito Utara merupakan asap kiriman dari daerah lain.

“Daerah asal asap tersebut yakni Barito Selatan dan Barito Timur karena sebaran asap dari selatan ke arah barat laut,” terangnya.

Disampaikan Sudarmono, bahwa dalam 10 hari terakhir, jumlah titik panas atau hotspot yang terjadi di Kalimantan Tengah sekitar 700 titik.

Jumlah titik panas di Kalimantan Tengah ini menempati urutan kedua dengan jumlah titik panas terbanyak di Indonesia setelah Kalimantan Barat yakni mencapai 1.793 titik panas.

“Dengan jumlah titik panas tersebut, ditambah kemarau yang panjang, kemungkinan kabut asap akan bertambah tebal,” tandasnya.

Dian, salah satu warga Muara Teweh mengatakan, asap yang menyelimuti Muara Teweh dan sekitarnya baru sekitar beberapa hari ini saja, sebelumnya tidak ada asap.

Belum ada imbaun dari dinas terkait atas asap yang menyelimuti kota ini, dan wargapun hanya sedikit yang memakai masker, karena mungkin belum dianggap berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Kabut Asap Ganggu Jarak Pandang Peserta Touring Kemerdekaan

Baca Juga: Kabut Asap Mulai Selimuti Tanah Bumbu

Reporter: Ahc17
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Helikopter Hilir Mudik Padamkan Api di Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Cemburu Buta, Suami di Teweh Hajar Istri hingga Bonyok
Update Covid-19 Kalteng: Ribuan Masker Bekas Raib

Kalteng

Update Covid-19 Kalteng: Ribuan Masker Bekas Karhutla Raib
apahabar.com

Kalteng

Tengah Malam, Eks Lokalisasi Merong Nyaris Ludes Dilalap Api
apahabar.com

Kalteng

HKTI Kapuas Kalteng Diharapkan Jembatani Kepentingan Pemerintah dan Petani
apahabar.com

Kalteng

Tuntas KKN, 200 Mahasiswa IAIN Palangkaraya Kembali Kuliah
apahabar.com

Kalteng

Gubernur Kalteng Instruksikan Tembak di Tempat Bandar Narkoba
apahabar.com

Kalteng

Maret, 8 ‘Pendekar’ Pengeroyokan di Kotim Jalani Sidang Adat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com