ga('send', 'pageview');
Diduga Disembunyikan Makhluk Halus, Bocah Sungai Bilu Ditemukan di Martapura Jokowi Pidato Perdana di Sidang Umum PBB, BTS Jadi Pembicara Khusus VIDEO: Pengurus PDIP Resmi Laporkan Pemilik Akun FB Geger Mayat di Batara HST, Polisi Beber Identitas Korban Siang Bolong, Kabupaten HST Geger Mayat Lagi

Berkah HUT Ke-74 RI, PBB dan Air Bersih Veteran Banjarmasin Gratis Setahun

- Apahabar.com Sabtu, 17 Agustus 2019 - 20:11 WIB

Berkah HUT Ke-74 RI, PBB dan Air Bersih Veteran Banjarmasin Gratis Setahun

Ilustrasi veteran. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Perayaan HUT Kemerdekaan ke-74 RI menjadi berkah tersendiri bagi para veteran di Banjarmasin.

Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalsel membebaskan kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta layanan air bersih selama satu tahun.

“Kita harap ini jadi kado manis bagi para veteran di HUT ke-74 tahun kemerdekaan ini,” ujar Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina usai memimpin apel peringatan HUT Ke-74 RI di daerah itu di Banjarmasin, Sabtu.

Ia mengaku sudah menandatangani peraturan wali kota setempat terkait dengan kebijakan bebas bayar PBB bagi veteran tersebut.

Dengan seizin pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Banjarmasin, ia juga membebaskan veteran untuk membayar tagihan rekening air bersih itu.

Para veteran yang diberi kebebasan dari kewajiban membayar PBB dan tagihan air bersih tersebut adalah mereka yang sudah terdata di pemerintah kota setempat.

Kebijakan itu, kata dia, sebagai langkah pemerintah kota setempat dalam memberikan sesuatu yang bermakna bagi warganya yang sudah berjasa untuk membela bangsa dan negara.

Baca juga :  Direstui Mendikbud, Universitas Cahaya Bangsa Lahir di Banjarmasin

Ia menyebut luar biasa hirup pikuk perjuangan kemerdekaan Indonesia di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin yang pada 2019 berusia 493 tahun itu.

“Bahkan perlawanan Perang Banjar dengan penjajah Belanda, itu bisa dikatakan perang terpanjang dalam sejarah Indonesia,” kata dia.

Pada kesempatan itu, ia juga mengemukakan dengan bahasa daerah setempat tentang semangat para pejuang kemerdekaan Indonesia di daerah setempat.

“Dengan semangat hari kemerdekaan ini, istilahnya ‘Waja sampai kaputing dalas balangsar dada’ atau ‘batapung tali salawar’, atau lagi kata-kata Pangeran Antasari saat berjuang itu, ‘jangan bacakut papadaan, kalau handak banyu dan tanah kita kada diinjak-injak bangsa lain’,” kata dia.

Ibnu juga mengemukakan tentang pentingnya generasi penerus bangsa di daerah itu untuk menjaga persatuan dan kesatuan, serta berjuang mewujudkan Banjarmasin yang semakin maju kehidupan masyarakatnya.

“Sehingga ayo kita isi nikmat kemerdekaan ini dengan terus menjaga persatuan dan kesatuan, dan terus berjuang untuk mewujudkan Banjarmasin yang maju,” ucapnya.

Baca juga :  Cegah Penularan Covid-19 di Pantai, Dema UIN Antasari Banjarmasin Bagi-bagi Hand Sanitizer Gratis

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin Subhan Noor Yaumil mengatakan para veteran yang terdata di daerah itu sekit??ar 100 orang.

“Dengan perintah Pak Wali Kota melalui perwali, kita laksanakan, di mana ini sebuah kehormatan bagi kita untuk memberikan sesuatu bagi jasa mereka yang luar biasa besar untuk kemerdekaan,” katanya.

Dirut PDAM Bandarmasih Yudha Ahmadi mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut milik pemerintah kota sehingga pemkot berhak membuat suatu kebijakan bagi para veteran yang tinggal di daerah itu.

“Kita akan melaksanakannya, memang saya belum tahu lagi datanya berapa, tapi kita penuhi ini demi para pejuang,” katanya.

Baca Juga: SD Kurau Utara Terbakar, Siswa Terpaksa Berbagi Kelas

Baca Juga: Gelar Lomba, Koramil 1007-03/BBT Bikin Bahagia Warga Sekitar

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ditahan Imbang Tarakan Putra Banten Jaya, Persetala Gagal Tembus 32 Besar Liga Tiga Nasional
apahabar.com

Kalsel

Kemarau Tiba, Kalsel Usulkan 10 Heli Water Bombing
apahabar.com

Kalsel

Tak Pakai Masker di Pasar Tanta Tabalong Disuruh Pulang
apahabar.com

Kalsel

Resmi, PDAM Bandarmasih Potong Tagihan Air untuk Pelanggan MBR
Update Covid-19 Kalsel: ODP di Tabalong dan HST Melejit Tajam

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel: ODP di Tabalong dan HST Melejit Tajam
apahabar.com

Kalsel

Lama Vakum, Dispurtarsip Tapin Bertekad ‘Hidupkan’ Perpus di Desa Parigi Kacil
apahabar.com

Kalsel

Usai Padam, Kapal di Jembatan Dewi Karam
apahabar.com

Kalsel

BPJS Jamin Seluruh Biaya Bayi Jantung Bocor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com