Live Streaming SCTV PSG vs Man United Liga Champions Malam Ini, Link Siaran Langsung Vidio.com Demo Setahun Jokowi di Banjarmasin: 5 Remaja Diamankan, Mahasiswa Respons Santuy Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan Terduga Penyusup Diamankan, Kapolda Kalsel Angkat Bicara Ingat Setahun Jokowi tapi Mahasiswa di Banjarmasin Lupa Prokes

BMKG Ingatkan Ancaman Gelombang Tinggi di Perairan Kalsel

- Apahabar.com Kamis, 1 Agustus 2019 - 10:33 WIB

BMKG Ingatkan Ancaman Gelombang Tinggi di Perairan Kalsel

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang mencapai 3 meter di perairan selatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) atau laut Jawa bagian timur.

“Untuk beberapa hari ke depan, kapal nelayan, tongkang dan ferry mesti waspada karena potensi gelombang tinggi cukup besar terjadi,” terang Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, Muhammad Shaaimul Qadri di Banjarbaru, Rabu.

Shaaim mengungkapkan peningkatan arus gelombang laut tersebut terjadi lantaran sejumlah faktor. Di antaranya pola sirkulasi angin di utara Papua.

Kemudian pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 4-25 knot.

Sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 4-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Selat Makassar bagian selatan, laut Halmahera, dan Samudra Pasifik Utara Halmahera.

“Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut. Nah, perairan Kalimantan Selatan bagian selatan atau laut Jawa bagian timur serta perairan Kotabaru terkena imbasnya juga untuk saat ini,” papar Shaaim.

Dibeberkan Shaaim juga untuk bulan-bulan ini memang dari tahun ke tahun sering terjadi potensi gelombang tinggi. Sehingga pihaknya sigap memberikan peringatan dini agar insan maritim yang beraktifitas di laut bisa lebih waspada.

“Update selalu informasi kami di https://stamet.syamsudinnoor.bmkg.go.id atau media sosial Instagram @cuacakalsel dan Twitter cuacakalsel_bmkg. Terutama bagi nelayan dan kapal-kapal kecil dan sedang, karena batas aman gelombang di bawah 2 meter dengan kecepatan angin di bawah 15 knot,” tandasnya.

Ditambahkan Shaaim untuk prospek cuaca mingguan mulai 31 Juli hingga 5 Agustus 2019 mendatang, di wilayah Kalsel kondisi cuaca umumnya cerah berawan dengan suhu udara berkisar antara 21 hingga 34 derajat celcius serta kelembaban udara berkisar antara 45-97 persen.

Untuk angin umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan berkisar antara 5-35 kilometer perjam.

“Berpotensi hujan ringan lokal di sejumlah daerah di Kalsel. Dari sisi ancaman kebakaran lahan, tentu adanya hujan ini dapat mengurangi potensi karhutla dengan tidak munculnya hotspot atau titik api,” pungkasnya.

Baca Juga: Gelombang Tinggi, BPBD Tanbu Imbau Warga Tak Berenang di Laut

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Peringati Maulid bersama Pengurus Kwarda Pramuka, Acil Odah Singgung Soal Stunting
apahabar.com

Kalsel

Bersinergi dengan Polresta Banjarmasin, Wali Kota Resmikan Dua Kampung Tangguh Banua
apahabar.com

Kalsel

Awalnya Garang, Penodong Leher Petugas KPH Kotabaru Ciut Setelah Diborgol
apahabar.com

Kalsel

Polemik Penutupan U-Turn, Dishub Ungkap Andalalin ULM
apahabar.com

Kalsel

Berkas Tidak Valid, Calon Perorangan Wali Kota Banjarmasin Harus Ganti Dua Kali Lipat
apahabar.com

Kalsel

Kado HUT RI ke-75 di HST, Ratusan WBP Dapat Remisi
apahabar.com

Kalsel

Lanjutkan Program Penghijauan, Polres HST Tanam 1000 Pohon
apahabar.com

Kalsel

Terbebas dari Hutang dan Riba Beralih ke Usaha Syariah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com