Nomor 1 di Pilbup Tanah Bumbu, Cuncung Bakal Ulang Sukses Mardani H Maming Viral, Kisah Nelayan Kotabaru Terombang-ambing 6 Hari di Laut karena Perahu Karam Skandal Sabu IRT Kotabaru, Ditangkap Gegara 0,36 Gram Nomor Urut Diundi, Cuma 1 Paslon Pilwali Banjarmasin Taat Prokes! Kronologi Lengkap Ambruknya Pilar Jembatan HKSN Banjarmasin Versi Pemerintah

Cegah Siswa Bawa Motor, Pemkot Banjarmasin Andalkan Angkutan Massal

- Apahabar.com Jumat, 23 Agustus 2019 - 15:21 WIB

Cegah Siswa Bawa Motor, Pemkot Banjarmasin Andalkan Angkutan Massal

Pemkot Banjarmasin akan menyinergikan Bus Trans Banjarmasindengan BRT Banjar Bakula. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada 12 Agustus lalu, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin telah mengeluarkan surat edaran dengan nomor 420/167-PSMP/Dispendik/2019.

Isinya melarang siswa SMP membawa kendaraan sendiri. Bahkan pihak sekolah dilarang menyediakan lahan parkir untuk siswa. Edaran tersebut ditindaklanjuti oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin.

Melalui, Kasi Angkutan Orang Dishub Fajar Putra Nugroho siap mewujudkan angkutan massal berupa Bus Trans Banjarmasin. Target dioperasikan pada awal 2020 nanti. “Anggarannya masih belum dipastikan berapa per unitnya, karena akan diusulkan dalam APBD Perubahan 2019,” ujar Fajar.

Bus Trans Banjarmasin akan disinergikan dengan BRT Banjar Bakula. Namun, ukurannya lebih kecil. Hanya berkapasitas 19 kursi. 18 kursi buat penumpang dan 1 supir bus. “Karena ini operasinya dalam kota saja, jadi ukurannya menyesuaikan jalan yang ada,” katanya.

Fajar berharap kehadiran bus ini bisa mengurangi siswa yang hendak ke sekolah naik kendaraan pribadi. Sekaligus mengurangi kemacetan pada titik yang sering terjadi kepadatan kendaraan. Seperti Jalan Veteran, Kuripan, Antasari dan lainnya. “Jadi diharapkan warga Banjarmasin mulai menggunakan bus ini,” katanya.

Berhubungan jumlah busnya sedikit, ia menerangkan hanya beberapa ruas jalan ibu kota Kalsel ini saja yang dilalui. Rencananya dari Terminal Km 6, Jalan Pramuka, lanjut sedikit Jalan Veteran, Gatot Subroto terus ke Ahmad Yani dan menuju Pasar Antasari.

Lalu pada arus balik, dari Antasari mengarah ke Kolonel Sugiono, selanjutnya ke Kuripan dan belok kanan ke Veteran, masuk ke Pramuka dan berakhir di Terminal Km 6. “Waktu tunggu penumpangnya 10 menit saja. Apalagi nanti masih gratis,” ungkapnya. Bus Trans Banjarmasin rencananya beroperasi sejak pukul 06.00-18.00.

Baca Juga: Usai Habisi Paman dan Bibi, Pemuda di Murung Raya Hendak Bunuh Diri

Baca Juga: Tak Kapok, Dua Residivis Narkoba Bersiap Terima Tuntutan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kampanye di Banjarmasin, Jokowi Sudah Ambil Cuti
apahabar.com

Kalsel

Polsek Kintap Rutin Kontrol Wilayah Rawan Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Pemuda Mesti Pro Aktif Dorong Kemajuan Daerah
Sudah Disemprot Disinfektan, Polres Batola Juga Imbau Warga Kurangi Nongkrong

Kalsel

Sudah Disemprot Disinfektan, Polres Batola Juga Imbau Warga Kurangi Nongkrong
apahabar.com

Kalsel

Beragam Kado Disiapkan untuk Harjad ke-494 Banjarmasin, Apa Itu?
apahabar.com

Kalsel

Sudah Sepekan Terakhir, Masker Menghilang di Marabahan
apahabar.com

Kalsel

Siang Bolong, Si Jago Merah Lalap Ruko di Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Waspada!!! Masih Ada Titik Asap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com