VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Demi Memajukan Pendidikan di Banjarmasin, Ibnu Sina Dukung Kelas Inspirasi

- Apahabar.com Senin, 5 Agustus 2019 - 09:18 WIB

Demi Memajukan Pendidikan di Banjarmasin, Ibnu Sina Dukung Kelas Inspirasi

Briefing Relawan Kelas Inspirasi 4 Banjarmasin bersama Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Foto-Kelas Inspirasi for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah terus berkomitmen mengembangkan pendidikan demi mencerdaskan anak bangsa. Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun tak ketinggalan turut mendukung berbagai gerakan pendidikan, salah satunya Kelas Inspirasi Banjarmasin.

Apresiasi Ibnu Sina tunjukkan dengan menghadiri acara Briefing Relawan Kelas Inspirasi 4 Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai, Minggu (4/8) Sore.

“Saya ucapkan selamat dan sukses. Tentu mengajar merupakan pengalaman yang berharga. Makanya sehari mengajar seumur hidup menginspirasi,” ucap Ibnu saat diwawancara tim apahabar.com.

Melalui relawan pengajar, baik itu inspirator dari berbagai profesi serta tim dokumentator. Ibnu berharap dalam era perkembangan digital saat ini, mereka dapat memberikan konten-konten positif yang dapat menangkal berita-berita hoaks.

“Makanya inspirasi-inspirasi yang dihadirkan, mudah-mudahan bermanfaat juga untuk masa depan anak-anak kita. Dan kegiatan seperti ini sangat positif untuk terus dilaksanakan,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini seharusnya dilaksanakan rutin setiap bulannya, tidak hanya satu kali dalam setahun saja. Apalagi dalam Kelas Inspirasi banyak ilmu-ilmu yang tidak diajarkan dalam bangku sekolah dasar, misalnya fotografi dan videografi.

“Karena banyak sebenarnya orang yang punya bakat atau hobi mengajar, bukan hanya terkait dengan tema-tema di sekolah tapi juga keterampilan lainnya yang tidak diajarkan. Intinya adalah berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Kelas Inspirasi adalah gerakan mengajar yang mengundang para professional di bidangnya untuk turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari. Para relawan ini akan berbagi cerita dan pengalaman kerja mereka, dengan tujuan memberikan motivasi anak-anak dalam meraih cita-cita.

Gerakan nasional ini menjadi tahun ke empat bagi Kelas Inspirasi Banjarmasin, setelah diawali pada 30 September 2014. Tahun ini, Hari Inspirasi dilaksanakan pada 19 Agustus 2019 dengan melibatkan ratusan relawan yang tergabung dalam panitia lokal, inspirator dan tim dokumentator.

Pelaksanaan dilakukan pada 9 SD di Banjarmasin yaitu SDN Kuin Utara 1, SDN Mawar 8, SDN Pelambuan 2, SDN Sungai Lulut 4, SDN Telawang 3, SDN Pangeran 2, SDN Alalak Utara 3, SDN Kelayan Selatan 9, dan SDN Alalak Tengah 1.

“Memang baru tahun ini Pak Ibnu ikut membuka acara langsung, biasanya diwakilkan saja dari dinas. Tapi tahun kemaren (KI 3), Ibu Wali Kota justru membuka pada Hari Inspirasi, kita mengharapkan nanti di tanggal 19 Agustus pun beliau bisa ikut kembali,” kata Koordinator Kelas Inspirasi Banjarmasin 4, Endang Seciorina.

Menjadi barometer pendidikan di Kalsel, Ibnu menyebut anak-anak berprestasi merupakan cerminan dari kualitas pengajarnya. Dari seorang guru yang bermutu dapat melahirkan murid yang cerdas, pintar dan berprestasi.

“Nah makanya memang perlu adanya alat-alat pelajaran dan peningkatan mutu serta kualitas tenaga pengajar kita, dan itu menjadi salah satu visi misi Banjarmasin ke depan,” kata Ibnu mengakhiri.

Baca Juga: Neraca Pendidikan Daerah, Solusi Pengambil Kebijakan Pendidikan Kalsel

Baca Juga: Benarkah Zonasi Merupakan Jalan Pintas Kualitas Pendidikan?

Baca Juga: Anggaran Dana Pendidikan Kotabaru Disebut Paling Rendah

Reporter : Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sowan ke Guru Danau, Ansharuddin: Beliau Seperti Orang Tua Saya
apahabar.com

Kalsel

Desa Tanah Habang Mataraman Kebanjiran, Warga Enggan Mengungsi

Kalsel

VIDEO: Detik-Detik Evakuasi Pekerja Proyek Jembatan HKSN Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Pria di Banjar Ditikam Pencandu Lem hingga Mandi Darah
apahabar.com

Kalsel

Manasik Massal Calon Haji Banjarmasin Berubah, Berikut Penjelesan Penyelenggara
apahabar.com

Kalsel

Saudi Setop Umrah, Penerbangan dari Kalsel Belum Reguler
apahabar.com

Kalsel

Diisukan Corona, Mahasiswa China asal Tapin Buka Suara
apahabar.com

Kalsel

Dorong Banjarmasin Jadi Kota Inklusi, Kelurahan Pelambuan Jadi Contoh Awal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com