Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Diklat Sakip Penting Guna Tingkatkan Nilai Sakip Pemprov Kalsel

- Apahabar.com     Senin, 5 Agustus 2019 - 13:04 WITA

Diklat Sakip Penting Guna Tingkatkan Nilai Sakip Pemprov Kalsel

Sekretaris Daerah, Haris Makkie berfoto bersama seluruh peserta diklat pendidikan dan pelatihan penguatan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) angkatan I bagi pegawai negeri sipil di lingkup Pemprov Kalsel, Senin (5/8/2019). Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah, Haris Makkie mengatakan, pendidikan dan pelatihan penguatan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) angkatan I bagi pegawai negeri sipil di lingkup Pemprov Kalsel ini penting untuk meningkatkan nilai SAKIP Pemprov Kalsel.

“Keikutsertaan saudara pada Diklat ini, menunjukan komitmen dan perhatian terhadap upaya kita bersama, untuk terus berbenah, membangun budaya kinerja yang baik, dalam rangka meningkat akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik,” ujar Haris dalam sambutannya dalam diklat penguatan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) angkatan I bagi pegawai negeri sipil di lingkup Pemprov Kalsel, di Aula BPSDMD, Senin (5/8).

Akuntabilitas kinerja merupakan salah satu asas penyelenggaraan pemerintah yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggara negara harus dapat dipertanggung jawabkan.

“Keberhasilan dalam pencapaian program-program pembangunan harus terukur, mulai dari RPKMD sampai kepada RENSTRA SKPD,” paparnya.

Selain itu, setiap SKPD harus memiliki ukuran dan indikator yang jelas serta menggambarkan keberhasilan atau kegagalan pencapaian visi, misi, dan program prioritas pembangunan daerah.

Dengan kata lain, akuntabilitas kinerja pemerintah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh seluruh instansi pemerintah termasuk pemerintah daerah untuk menyampaikan laporan akuntabilitas kinerja.

“Dengan akuntabilitas kinerja yang berjalan dengan baik, pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang diselenggarakan pemerintah dapat digunakan untuk menunjang kinerja pelayanan publik dan pembangunan yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya lagi.

Kurangnya komitmen terhadap akuntabilitas kinerja, akan berdampak pada kontrol yang lemah terhadap pencapaian target dan indikator keberhasilan program-program pemerintah.

Lebih lanjut, ia mengatakan akuntabilitas merupakan perwujudan dari kewajiban untuk mempertanggung jawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

“Karena itulah, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) menjadi upaya kita bersama untuk meneguhkan komitmen pemerintah dalam proses penyelenggaraan pemerintah,” ujar Haris mengakhiri.

Baca Juga: Pemkab Banjar 3 Kali Terima Penghargaan SAKIP

Baca Juga: Pemkab Tanbu Jadi Pilot Project Simda-Sakip

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

16 Hari Anti-Kekerasan

Kalsel

16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin
Donor Darah

HSU

Sambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polres HSU Gelar Donor Darah
apahabar.com

Kalsel

Prihatin Warga Terdampak Covid-19, 2 Agen LPG di Kotabaru Bagikan 200 Paket Beras
KPU

Kalsel

Masih Berantakan, KPU HST Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Besok
apahabar.com

Kalsel

Kapolres Kotabaru Berbagi Hewan Kurban ke Pesantren
Sabu

Kalsel

Sabu dalam Toples Antar Pria Tanbu ke Penjara
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS! Mayat di Gubuk Gegerkan Haur Kuning
apahabar.com

Kalsel

Gegara ‘Kentut’ Sembarangan, Dua Warga Banjarmasin Selatan Saling Pukul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com