Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup!

Diklat Sakip Penting Guna Tingkatkan Nilai Sakip Pemprov Kalsel

- Apahabar.com Senin, 5 Agustus 2019 - 13:04 WIB

Diklat Sakip Penting Guna Tingkatkan Nilai Sakip Pemprov Kalsel

Sekretaris Daerah, Haris Makkie berfoto bersama seluruh peserta diklat pendidikan dan pelatihan penguatan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) angkatan I bagi pegawai negeri sipil di lingkup Pemprov Kalsel, Senin (5/8/2019). Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah, Haris Makkie mengatakan, pendidikan dan pelatihan penguatan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) angkatan I bagi pegawai negeri sipil di lingkup Pemprov Kalsel ini penting untuk meningkatkan nilai SAKIP Pemprov Kalsel.

“Keikutsertaan saudara pada Diklat ini, menunjukan komitmen dan perhatian terhadap upaya kita bersama, untuk terus berbenah, membangun budaya kinerja yang baik, dalam rangka meningkat akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik,” ujar Haris dalam sambutannya dalam diklat penguatan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) angkatan I bagi pegawai negeri sipil di lingkup Pemprov Kalsel, di Aula BPSDMD, Senin (5/8).

Akuntabilitas kinerja merupakan salah satu asas penyelenggaraan pemerintah yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggara negara harus dapat dipertanggung jawabkan.

“Keberhasilan dalam pencapaian program-program pembangunan harus terukur, mulai dari RPKMD sampai kepada RENSTRA SKPD,” paparnya.

Selain itu, setiap SKPD harus memiliki ukuran dan indikator yang jelas serta menggambarkan keberhasilan atau kegagalan pencapaian visi, misi, dan program prioritas pembangunan daerah.

Dengan kata lain, akuntabilitas kinerja pemerintah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh seluruh instansi pemerintah termasuk pemerintah daerah untuk menyampaikan laporan akuntabilitas kinerja.

“Dengan akuntabilitas kinerja yang berjalan dengan baik, pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang diselenggarakan pemerintah dapat digunakan untuk menunjang kinerja pelayanan publik dan pembangunan yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya lagi.

Kurangnya komitmen terhadap akuntabilitas kinerja, akan berdampak pada kontrol yang lemah terhadap pencapaian target dan indikator keberhasilan program-program pemerintah.

Lebih lanjut, ia mengatakan akuntabilitas merupakan perwujudan dari kewajiban untuk mempertanggung jawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

“Karena itulah, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) menjadi upaya kita bersama untuk meneguhkan komitmen pemerintah dalam proses penyelenggaraan pemerintah,” ujar Haris mengakhiri.

Baca Juga: Pemkab Banjar 3 Kali Terima Penghargaan SAKIP

Baca Juga: Pemkab Tanbu Jadi Pilot Project Simda-Sakip

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Relawan Pengusaha Muda SHM Bagikan Ratusan Paket Makanan untuk Korban Banjir di Satui Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Adaro Raih Proper Emas
apahabar.com

Kalsel

BPJS Nunggak, Bayi Penderita Hidrosefalus di Banjar Tak Bisa ke RS
apahabar.com

Kalsel

Malam Idul Fitri, Warga Tapin Ramaikan di Pusat Kota
apahabar.com

Kalsel

Rp5 Miliar Dana Bos Tidak Terserap
apahabar.com

Kalsel

Sumur Bor, Siasat Kebakaran Gambut di Banjarbaru Cuma PHP
apahabar.com

Kalsel

Korem 101/Antasari Gelar Donor Darah Sambut HUT Ke-62 Kodam VI/MLW
apahabar.com

Kalsel

Minus PDIP, Ibnu Incar Sejumlah Partai Pengusung di Pilwali Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com