Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D

Disdukpencapil Tanbu Mulai Pencanangan Wilayah Bebas Korupsi

- Apahabar.com Rabu, 7 Agustus 2019 - 17:15 WIB

Disdukpencapil Tanbu Mulai Pencanangan Wilayah Bebas Korupsi

Sekda Tanbu, Rooswandi Salem, saat menandatangani fakta integritas Pemkab Tanbu bersama Forkopimda. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu (Disdukpencapil) menjadi instansi pertama di Bumi Bersujud yang memulai pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi.

Hal itu diketahui dalam penandatanganan fakta integritas Pemkab Tanbu bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di halaman Kantor Disdupencapil, Rabu (07/08/2019)

Sekda Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, mengungkapkan sebelumnya pihaknya sudah mengusulkan 10 unit kerja kepada Menpan-RB yang diharapkan dapat menerapkan dalam zona integritas menuju wilayah bebas korupsi.

Namun, dari 10 unit kerja yang diusulkan, hanya 5 instansi yang diterima yakni

Disdukpencapil, Dinas PMPTSP,  RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor, Kecamatan Satui, dan Karang Bintang.

“Dari 10 unit kerja yang diusulkan, ada 5 yang sudah diverifikasi,” ungkap Rooswandi, usai menandatangani fakta integritas pencanangan wilayah bebas korupsi.

Sekda mengatakan zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui reformasi birokrasi.

Pencanangan itu dinilai sebagai sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi pemerintah daerah. Pemkab Tanah Bumbu saat ini dianggap mampu mencanangkan salah satu unit organisasinya untuk menerapkan kategori zona integritas wilayah bebas korupsi tersebut.

Menurut Rooswandi, komitmen yang dibuat menjadi bukti bahwa pemerintah daerah sepakat akan memberikan pelayanan yang optimal sekaligus menghindari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

5 SKPD tersebut juga diminta mencontoh instansi vertikal seperti Polres Tanah Bumbu yang saat ini sudah menyandang predikat wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Sekda menekankan 5 SKPD yang dicanangkan dapat menjadi contoh bagi SKPD lainnya. Tentunya seluruh SKPD juga termasuk dalam zona integritas maupun pelaksanaan reformasi birokrasi secara utuh.

“Di mana zona integritas diterapkan, maka bisa dipastikan wilayah yang dilakukan akan bebas dari korupsi,” tuturnya.

Namun, hal yang menjadi catatan penting yakni ketika SKPD sudah dianggap bersih dan memiliki pelayanan prima, SKPD tersebut harus benar-benar konsisten dalam melayani masyarakat.

“Saya berharap pelayanan Disdukcapil akan lebih baik, dan dengan tempo yang singkat akan mendapat predikat wilayah bebas korupsi dan wilayah birokasi bersih dan melayani, hingga pelaksanaan reformasi birokrasi dapat tercapai dengan baik,” tandasnya.

Baca Juga: Tiga Kecamatan di Tanbu Masih Rawan Karhutla

Baca Juga: Disdukpencapil Tanbu Mulai Pencanangan Wilayah Bebas Korupsi

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Raih Piala Adipura, Pemkab Tanbu Gelar Syukuran
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Warga Pesisir Waspada Puting Beliung
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Market Day, Siswa Al Fath Batulicin Dilatih Berwirausaha
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Hujan Berhenti, Sungai Kusan Mulai Surut
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kusan Hilir Tertinggi Kasus Covid-19 di Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ikut Tes Kesehatan, Calon Jemaah Haji Jalan Kaki 1.6 Kilometer
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Antisipasi Kemarau, Pemkab Tanbu Dirikan Posko Patroli Kekeringan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Membludak, 3 Ribu Goweser Ikuti Batulicin Fun Bike
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com