Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Disebut Tak Berizin di Banjarmasin, Bos Travellindo Sebut Kemenag Aneh

- Apahabar.com Sabtu, 3 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Disebut Tak Berizin di Banjarmasin, Bos Travellindo Sebut Kemenag Aneh

Merasa tertipu oleh agen keberangkatan umrah dan haji, puluhan calon jemaah haji plus mendatangi kantor Travellindo Tours & Travel, Jalan Pangeran Hidayatullah, Banjarmasin, Kamis pagi. Foto-apahabar.com/Bahaudin

apahabar.com, BANJARMASIN – Penanggung Jawab PT Travellindo Tours & Travel Grup, Supriadi merasa aneh dengan pernyataan Kementerian Agama Kalimantan Selatan yang menyebut agen perjalanan haji dan umrah tersebut tak berizin untuk beroperasi di Banjarmasin.

“Aneh ini Kemenag. Dari zaman Kanwil Kemenag Pak Halim kita udah lapor. Dan beliau malah sering kasih Manasik,” kata Supriadi kepada apahabar,com via seluler, Jumat (3/8).

Sebelumnya, pernyataan yang menyebut agen perjalanan Haji dan Umrah PT Travellindo Tours & Travel belum mengantongi izin cabang di Banjarmasin terlontar langsung dari mulut Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi.

Secara spesifik, Supriadi menjelaskan Travelindo Pusat sudah mengantongi izin sejak 1998 silam. Senada, di Banjarmasin izinnya kata dia sudah ada sejak 2008.

Saat disinggung soal Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 8 tahun 2018 tentang penyelenggaraan ibadah Umrah, jasa perjalanan atau travel harus mendapat pengesahan dari Kanwil setempat, Supriadi mengaku sudah mengantongi izin tersebut.

“Sudah dong,” sahut Supriadi.

Namun ketika ditanya hal yang sama soal keberadaan Travellindo cabang Kalsel Supriadi melemparnya ke General Manager Travelindo Grub Eed.

“Saya belum tanya Pak Eed. Bisa Pak Eed yang urus GM-nya Travelindo Group,” sebutnya.

Baca Juga: Tak Kantongi Izin, PT Travellindo Langgar Peraturan Menteri Agama dan Dirjen PHU

Baca Juga: Travellindo Tak Kantongi Izin di Banjarmasin, Simak Penjelasan Kemenag Kalsel

Baca Juga: Kisruh Jemaah Travellindo, Calon Haji asal HSS Tak Kuasa Tahan Tangis

Sehari setelahnya, Sabtu (3/8) apahabar.com mencoba untuk memastikan hal tersebut pada GM Travellindo Group. Sayangnya setelah berkali-kali dihubungi nomor Eed tak pernah aktif.

Sebelumnya, Kementerian Agama Kalimantan Selatan memastikan agen perjalanan Haji dan Umrah PT Travellindo Tours & Travel belum mengantongi izin cabang di Banjarmasin.

“Izinnya ada di Kemenag Pusat dan data pada kami Travellindo tidak ada cabang di Banjarmasin,” ucap Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Noor Fahmi saat ditemui apahabar.com di kantornya, Jumat (2/8) siang.

Sekalipun telah mengantongi izin dari Kementerian Pusat, namun Travellindo belum mendapat pengesahan dari Kanwil Kemenag Kalsel.

“Seharusnya dia melapor kemudian menyampaikan beberapa persyaratan, lalu akan dikeluarkan pengesahannya bahwa dia adalah cabang dari Travellindo pusat,” ungkap Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah, Hidayaturrahman menambahkan via seluler.

Untuk mendapatkan izin, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dari Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 8 tahun 2018 tentang penyelenggaraan ibadah umrah, jasa perjalanan atau travel harus mendapat pengesahan dari Kanwil setempat.

“Dulu Travellindo memang cabang di Kalsel, tetapi sebelum keluarnya PMA itu,” katanya.

Dalam kurun waktu setahun ini, Travellindo sempat mengajukan pemindahan kantor pusat ke Banjarmasin. Namun hanya meminta pengesahan tanpa melengkapi persyaratan yang diajukan Kanwil Kemenag Kalsel.

Baca Juga: Kisruh Jemaah Travellindo, Tetap Berangkat tapi….

Baca Juga: Kisruh Calon Haji Travellindo Banjarmasin, Intip Reaksi YLK Kalsel

Baca Juga: Jemaah Travellindo Bisa Berangkat, Asal Bayar Puluhan Juta Lagi

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tunjang Fasilitas Ibadah, Satgas TMMD Kodim 1022/Tanah Bumbu Buatkan Tempat Wudu di Musala Al-Hidayah
apahabar.com

Kalsel

Sore Ini, Tak Ada Tambahan Positif Covid-19 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Cegah Keracunan Jajanan, Kapolsek Karang Bintang Sambangi Pedagang di Sekolah
apahabar.com

Kalsel

Disiplinkan Warga, Polda Kalsel Kerahkan Personil Gabungan
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diguyur Hujan, BMKG: Tetap Waspadai Karhutla

Kalsel

Rumah Zakat Kalsel Salurkan APD untuk Tim Medis
apahabar.com

Kalsel

60 Kasus Baru Covid-19 di Kalsel, Berikut Sebarannya
apahabar.com

Kalsel

Lagi, 12 Petugas Kesehatan di Tabalong Terpapar Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com