apahabar.com
Suasana pembagian kuliner gratis pada peringatan HUT ke-69 Kalsel di Tugu Siring 0 Kilometer, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Banjarmasin, Kalsel, Rabu pagi. Foto-apahabar.com/Fida

apahabar.com, BANJARBARU – Kuliner gratis yang disajikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) ludes secepat kilat. Tak terbendungnya animo pengunjung membuat penjaja kuliner kewalahan.

Pemerintah setempat sengaja menyiapkan pesta rakyat pada peringatan Hari Jadi Kalsel ke-69 di Tugu Siring 0 Kilometer, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Banjarmasin, Kalsel, Rabu (14/8) pagi.

Semarak pesta rakyat diisi berbagai rangkaian kegiatan, utamanya kuliner gratis oleh stand-stand SKPD dan instansi di lingkup pemerintahan Kalsel.

Menjadi yang paling ditunggu-tunggu oleh warga, kuliner gratis menjadi acara tercepat selesai.

Seperti yang terlihat oleh apahabar.com di stand Polda Kalsel, baru saja dibuka antrean warga yang menunggu di depannya sudah tak teratur.

“Kami menyiapkan lontong kare ayam sebanyak 500 porsi dan 500 porsi nasi kuning” ujar koordinator lapangan, Cahyo.

Tak butuh lama, kuliner yang disajikan ludes diserbu warga. “Baru buka juga sudah ditungguin, banyak yang minta, jam 8 sudah habis,” lanjutnya.

Tak kurang 500 porsi nasi kuning disiapkan untuk tahap II nanti di jam 10. Belum lagi dibuka, banyaknya warga yang sudah mengantre membuat seluruh porsi yang disiapkan keburu ludes.

“Jika tentang kuliner di Kalimantan Selatan ini antusias warganya cepat dan tinggi apalagi gratis” paparnya.

Pembagian makanan kuliner dengan tempat yang tidak diatur sedemikian rupa menyebabkan panitia yang membagikan hanya mengikuti kemauan warga.

“Jadi kami yang di stand ini ikut aja, siapa pun yang datang kami bagi, mereka yang bawa pulang lebih 1 porsi ya tidak ketahuan” jelasnya lagi.

Bahkan lokasi stand yang berdekatan dan warga yang mengantre menyebabkan banyak makanan yang tumpah dan berserakan ke mana-mana.

“Wadah yang kami gunakan dari styrofoam yang aman dari tumpah, tetapi karena rebutan jadi berserakan,” lanjutnya.

Arahan dari panitia agar pembagian makanan dapat tertib tak diindahkan mengingat membeludaknya jumlah massa yang datang.

Senada, imbauan untuk tidak menggunakan kantong plastik juga tak lagi dihiraukan. Ironisnya, banyak pedagang plastik yang malah mencari keuntungan di tengah keramaian pembagian kuliner gratis ini.

Meski begitu, pesta rakyat ini terbilang sukses karena dapat menarik antusias warga Kalsel untuk hadir dan bersama sama menyaksikan kemeriahan syukuran dan karasminan hari jadi provinsi tertua di Kalimantan.

Baca Juga: HUT Kalsel Ke-69, Menteri Pariwisata RI Soroti Peran Generasi Muda

Baca Juga: Hut Kalsel Ke-69, Intip Pesan Lengkap Paman Birin ke Warga Banua

Reporter: Nurul Mufidah/Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah