Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

DLH Sosialisasikan Bank Sampah ke Pesantren Darul Hijrah

- Apahabar.com Kamis, 1 Agustus 2019 - 15:41 WIB

DLH Sosialisasikan Bank Sampah ke Pesantren Darul Hijrah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, H Boyke Wahyu Tristianto saat menyampaikan pidatonya pada acara sosialisasi Bank Sampah. Foto-Kominfo Banjar For apahabar.com

apahabar.com, MARTAPURA – Demi menunjang standart ekonomi masyarakat menuju Indonesia bersih sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan sosialisasi pengembangan ‘Bank Sampah’ yang bertempat di Aula Pertemuan Pondok Pesantren Darul Hijrah Kelurahan Cindai Alus, Kabupaten Banjar, Kamis (1/8/2019).

Baca Juga: Rancangan APBD 2020 Banjarmasin Defisit Ratusan Miliar

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota DPR RI Komisi VII, H.M Dardiansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, H Boyke Wahyu Tristianto.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, H Boyke Wahyu Tristianto mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga DPRD RI atas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Banjar.

“Untuk di wilayah Kabupaten Banjar sudah ada 80 Bank Sampah di sekolah-sekolah, pemerintahan serta desa. Terkhusus di Ponpes Darul Hijrah mempunyai Bank Sampah yang cukup bagus,” ujar Boyke.

Dengan kegiatan tersebut, sambungnya, para santri diharapkan bisa meningkatkan inovasi terkait perkembangan Bank Sampah. Selain itu, mereka juga bisa menerapkan pemanfaatan sampah di wilayahnya masing-masing setelah lulus dari ponpes tersebut.

Boyke membeberkan, pihaknya akan membuat pusat daur ulang untuk menampung sampah dari TPS ke TP.

“Sampah yang masuk didaur ulang akan diproses dari plastik hingga menjadi biji plastik,” kata Boyke.

Boyke menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran untuk mencintai lingkungan. Sebab menurutnya, bumi yang kita pijaki ini hanya satu, maka harus dirawat dengan baik.

“Dinas Lingkungan Hidup mempunyai tagline ‘Satukan Hati Satukan Langkah Bumi Kita Hanya Satu’,” ucapnya.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi VII, H. M Dardiansyah berharap kerjasama pihaknya dengan Dinas Lingkungan hidup bisa memajukan inovasi di daerah.

“Saya bersyukur dengan kerjasama yang baik, dan khususnya dari Pondok Darul Hijrah ini juga nanti akan diolahkan sanitasi,” tuturnya.

Kegiatan tersebut, sambung Dardiansyah, akan dimaksimalkan dengan melakukan penelitian yang nantinya akan diolah pusat daur ulang sesuai dengan yang diinginkan Pemerintah Daerah.

Dardiansyah mengungkapkan, Kalimantan Selatan saat ini sudah bebas sampah sesuai dengan instruksi dari Gubernur Kalsel untuk mengurangi peredaran kantong plastik.

Baca Juga: Kepala Kejari HST Angkat Bicara Soal Isu Pemanggilan Dirinya oleh KPK

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahbar.com

Kalsel

Dampak Pipa PDAM Bandarmasih Bocor, Distribusi Air Bersih Diprediksi Lancar Rabu
apahabar.com

Kalsel

PDIP Tapin Ajak ‘Lockdown’ Mulut dan Hidung, Ini Maksudnya
apahabar.com

Kalsel

Seleksi Bintara Polri 2020 di Batola Memasuki Tahap Administrasi
apahabar.com

Kalsel

Walhi Belum Yakin, Pemkab HST Takut Dipelintir
apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Kalsel, NU: Bukan Kepentingan Politik
apahabar.com

Kalsel

Smart Presensi Batola Diserang Hacker
apahabar.com

Kalsel

Listrik Se-Kalsel-Teng Siap Digratiskan, Simak Ketentuannya
apahabar.com

Kalsel

FISIP ULM Luluskan Ratusan Sarjana Hingga Buka Prodi Baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com