apahabar.com
Infografis-apahabar.com/Zulfikar

apahabar.com, MAKASSAR – Barito Putera memulai kampanye laga tandangnya di Shopee Liga 1 2019, bulan Agustus, dengan menyambangi PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, sore ini.

Laga ini akan disiarkan langsung melalui saluran tv OChannel atau melalui link live streaming vidio.com, pukul 16.30 Wita. Menarik dinantikan, mengingat kedua tim berupaya memenangi laga, sebagai penawar luka kekalahan di pekan ke-13 yang telah mereka dapat.

Meski datang berbekal kekalah menyangkitkan 2-4 dari Tira Persikabo di hadapan pendukung sendiri, namun Barito berusaha bangkit. Setidaknya, hasil dua pertemuan di musim lalu, jadi motivasi pemain untuk menjalani laga ini.

Musim lalu Barito sukses menahan imbang Tim Ayam Jantan Timur ini, 1-1 di sana. Di mana sebelum laga kedua musim 2018 itu berlangsung, Rizky Pora sukses mengalahkan PSM 2-1 di Banjarmasin.

“Di dua laga musim pertandingan sebelumnya, itu jadi catatan juga buat kami, tentunya mudah-mudahan juga harapannya sama dengan tahun kemarin. Saya berpikir mana tim yang siap yang bisa memetik hasil bagus,” kata Yunan dalam sesi konferensi pers, Selasa (13/8).

Dalam lawatan kali ini Yunan lebih diuntungkan dengan kondisi pemain yang fit dan tidak ada terkena akumulisi kartu. Dari 20 pemain yang dibawa dalam kondisi on fire.

Dandi Maulana yang sebelumnya tidak diturunkan pada laga melawan Tira Persikabo merasa bersyukur dapat diberi kesempatan untuk laga sore ini.

“Mungkin persiapan kami sudah matang juga, dan coach sudah memberikan strategi untuk menghadapi pertandingan besok (hari ini, red). Ini juga suatu kebanggaan saya diberikan kepercayaan untuk bermain melawan tim yang baru juara (Piala Indonesia). Itu motivasi saya untuk memenangkan pertandingan,” kata Dandi.

Sebaliknya, kondisi tuan rumah sendiri tidak lebih dari Barito. Sebab, pasukan Darije Kalezic juga menelan kekalahan 0-2, dalam lawatannya ke markas Borneo FC.

Di sisi lain, sejumlah pemain utamanya juga berhalangan hadir. Seperti mantan pemain Barito yang kini merumput bersama PSM, Aaron Evans yang terkena akumulasi kartu.

Selain dia, PSM juga tak bisa memainkan Eero Markknane yang juga menjalani sanksi. Demikian pula dengan Guy Junior yang mengalami cedera.

Kondisi itu diperparah lantaran Zulham Zamrun diragukan tampil karena cedera.

Sebaliknya, Barito turun dengan kekuatan terbaiknya. Dari 20 pemain yang disiapkan dalam kondisi on fire.

Meski demikian, Darije Kalezic enggan memusingkannya. Pelatih berkebangsaan Bosnia itu lebih memilih untuk menyiapkan pemain pengganti untuk hadapi Barito Putera.

Posisi Aaron Evans kemungkinan akan diisi Hasim Kipuw atau Munhar.

“Permainan Munhar saat tampil melawan Borneo FC cukup bagus. Namun saya tidak akan memberitahukan siapa yang akan bermain,” ucap Darije Klaezic dalam sesi jumpa pers yang dikutip dari meda sosial fans PSM.

Sementara itu, Ferdinand Sinaga berpeluang besar menjadi starter sebagai ujung tombang PSM.

Melihat catatan apik mantan punggawa Semen Padang FC itu ketika menghadapi Barito jadi alasan kuat untuk diturunkan sejak awal pertandingan.

Di sisi lain, Darije Kalezic mengaku telah mengantongi kekuatan tim Laskar Antasari.

Ada beberapa poin yang harus diwaspadai tim Juku Eja saat meladeni perlawanan pasukan Yunan Helmi.

“Mereka tidak perlu mendominasi penguasaan bola sepanjang laga untuk mencetak gol. Tapi mereka selalu buat serangan kejutan. Kita harus waspadai itu,” tutur Kalezic.

Lanjutnya, Barito memulai serangan dari area pertahanan. Mereka tidak terpengaruh dengan permainan cepat tim tuan rumah.

Untuk itu, Kalezic menginstruksikan kepada anak asuhnya untuk tidak menguasai jalannya pertandingan. “Makanya kami tetap harus waspada dan terus mengorganisir diri sepanjang laga.”

“Kami selalu memperhatikan kekuatan lawan dan tidak mengikuti apa yang menjadi kekuatan lawan,” tegas Kalezic.

Di sisi lain Abdul Rahman bertekad memberikan yang terbaik pada laga nanti. “Besok (hari ini, red) pertandingan yang penting buat PSM. Bukan yang laga-laga ke depannya nanti tidak penting,” sebutnya.

Tapi setidaknya dengan kemenangan hari ini, katanya, dapat menambah motivasi dan kepercayaan diri untuk menatap laga selanjutnya. “Karena laga selanjutnya pastinya akan berat, karena ada empat laga tunda yang harus kami jalani dengan jadwal yang padat,” ungkapnya.

Empat laga dimaksud yakni melawan Persib Bandung, PSS Sleman, Persija dan Persela.

“Semoga dipertandingan besok (hari ini) kami bisa menang, mendapat hasil maksimal,” ujar Abdul Rahman melalui akun resmi klub, Selasa (12/8).

PSM sendiri saat ini berada di urutan 12 klasemen sementara Liga 1 dengan 13 poin. Hanya terpaut satu angka dari Barito yang ada di peringkat 14.

Pertemuan Terakhir PSM vs Barito Putera
(13/9/2018) PSM 1-1 Barito Putera
(16/4/2018) Barito Putera 2-1 PSM
(29/10/2017) Barito Putera 2-2 PSM
(18/7/2017) PSM 1-1 Barito Putera

Prediksi Susunan Pemain
PSM (4-4-2): Rivky Makodompit, Munhar, Abdul Rahman Sulaeman, Asnawi Mangkualam, M Hidayat, Rasyid Bakrie, Wiljam Pluim, Rizky Pellu, Rahmat Syamsuddin, Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga.

Pelatih: Darije Kalezic

Barito Putera (4-2-3-1): Aditya Harlan; Roni Beroperay, Donni Monim, Dandi Maulana, Nazar Nurzaidin; Ady Setiawan, Bayu Pradana Andriatmo; Evan Dimas, Gavin Kwan Adsit, Rizky Pora; Rafael da Silva.

Pelatih: Yunan Helmi

Berikut Link Live Streaming: PSM Makassar vs Barito Putera :
Link 1
Link 2
Link 3

Baca Juga: Jelang PSM vs Barito, Yunan Sudah Analisis Kelebihan dan Kekurangan Lawan

Baca Juga: Yoo Jae Hoon dan Bahtiar Pergi, Hasnur Siap Umumkan Pemain Baru

Baca Juga: The Maczman Banjarbaru Optimis PSM Makassar Tekuk Barito 3-0 Besok

Baca Juga: Hadapi PSM dan Arema, Barito Boyong 20 Pemain

Reporter: Fathurrahman
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin