Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah

Eks Gubenur Kalsel: Masyarakat HST Sejahtera Tanpa Tambang

- Apahabar.com Sabtu, 31 Agustus 2019 - 19:49 WIB

Eks Gubenur Kalsel: Masyarakat HST Sejahtera Tanpa Tambang

Ilustrasi pegunungan Meratus. Foto-Dok.Mapala Meratus

apahabar.com, BANJARMASIN – H Rudy Ariffin memuji Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang mempertahankan Pegunungan Meratus bebas dari pertambangan batu bara.

Apresiasi tersebut disampaikan saat eks Gubernur Kalsel itu menyampaikan wejangan selaku penasihat Himpunan Kerukunan Keluarga Besar (HKKB) Marakata HST Kalsel dan Kalteng pada temu warga Murakata di Banjarmasin, Sabtu.

Padahal, menurut mantan Gubernur Kalsel dua periode itu, “Bumi Murakata” HST yaitu kawasan Meratus bukan tidak ada tambang, melainkan pula memiliki kandungan batu bara yang cukup potensial.

“Tetapi walau tidak menambang pemerintah daerah dan masyarakat setempat tampaknya masih sejahtera serta bisa membangun,” ujar Rudi Ariffin yang juga orang Bumi Murakata HST.

Oleh sebab itu, mantan Bupati Banjar, Kalsel dua periode tersebut berkeyakinan, pembangunan daerah dan masyarakat HST akan terus maju tanpa harus menambang atau merusak lingkungan hidup Meratus.

Pasalnya Maratus HST kini satu-satunya penyangga bencana, karena dari sepuluh kabupaten di Kalsel yang memiliki sumber daya alam berupa batu bara sudah ramai kegiatan usaha pertambangan.

Sementara Bupati HST HA Chairansyah dalam acara silaturahmi dan halal bihalal warga Murakata tersebut mengajak untuk meningkatkan kebersamaan guna kemajuan serta peningkatan pembangunan di daerah.

Ajakan orang nomor satu di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) HST tersebut sesuai tema halalbihalal warga Murakata yaitu “Rakat di Banua (maksudnya daerah sendiri), Mufakat di Perantauan”.

Baca Juga: Suka Cita Kurban di Pegunungan Meratus

Baca Juga: Agustusan di Istana Merdeka, Gerakan Save Meratus Kembali Bergaung

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

PAW DPRD HST, Kekosongan Kursi Nasdem Resmi Terisi
apahabar.com

Kalsel

Mardani H Maming Bertemu Sejumlah Tokoh Senior Hipmi
apahabar.com

Kalsel

THR dan Gaji ke 13 Segera Cair, Pemko Banjarbaru Siapkan Rp 17 Miliar
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Kalsel 9 April: 3 MD, 14 Dirawat, 3 Isolasi Mandiri
PD Baramarta

Kalsel

Usut Korupsi Rp 9,2 Miliar PD Baramarta Banjar, Kejati Kalsel Periksa Puluhan Saksi
apahabar.com

Kalsel

Pelabuhan Trisakti Kembali Buka Pelayaran
apahabar.com

Kalsel

Ranjau Aktif Peninggalan Jepang di Kotabaru Segera Dimusnahkan
apahabar.com

Kalsel

Cegah Konflik Sosial dan Paham Radikal, Polsek Kelumpang Tengah Gelar Rakor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com