Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka! Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua”

Eks Tambang Disulap Jadi Lahan Peternakan  

- Apahabar.com Selasa, 13 Agustus 2019 - 05:15 WIB

Eks Tambang Disulap Jadi Lahan Peternakan   

Bupati Tala, H Sukamta meninjau eks tambang yang bakal jadi lokasi ternak sapi. Foto-Banjarmasin Post

apahabar.com, PELAIHARI – Sepakati  lahan bekas pertambangan menjadi lahan peternakan sapi, Pemerintah Kabupaten Tanah laut (Tala) dan PT Arutmin Indonesia Site Kintap mematangkan tujuan besar menjadikan eks tambang sebagai lahan peternakan.

Makanya Bupati Tala, H Sukamta turut mengunjungi eks tambang yang sudah direklamasi.

Baca Juga: Sambangi Kalsel, Tim Supervisi Karhutla Awasi Peran TNI-Polri dan Pemerintah Daerah

Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Site Kintap, Cipto Prayitno kepada awak media mengatakan, percontohan peternakan sapi di lahan bekas pertambangan tersebut berada di ereal seluas 10 hektare.

Apabila peternakan sapi itu dianggap sukses, maka akan dipindahkan ke lahan pengembalaan sapi di area bekas tambang yang lebih luas lagi.

“Saat ini sapinya ada 18 ekor indukan betina dan ada dua ekor indukan jantan. Nanti tiap tahunnya akan kami tambah terus agar perkembangbiakkan cepat,” ujarnya.

Cipto mengungkapkan, lahan bekas tambang yang akan dijadikan lahan peternakan bukanlah seperti yang ada dibenak masyarakat.

“Pasti banyak yang berpikir bekas pertambangan itu menyisakan lubang dan akan langsung dibuat peternakan, itu salah. Yang benar adalah kita membuat peternakan di lahan bekas tambang yang sudah direklamasi dan sudah ditumbuhi pepohonan maupun rerumputan, sehingga sangat strategis untuk peternakan sapi,” bebernya.

Pihaknya optimistis dengan program tersebut, karena didukung Pemkab Tanah Laut.

“Jika semua pihak saling mendukung, Insha Allah program ini akan lancar dan akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara Bupati Tala H Sukamta mengatakan,  pihaknya telah melihat secara langsung percontohan peternakan sapi di lahan bekas pertambangan dan lahan yang akan dijadikan pengembalaan sapi.

“Peternakan ini nantinya menjadi proyek percontohan  di bekas area tambang.  Tadi sudah kita lihat bersama-sama dan secara potensial sangat luar biasa, bahkan  sangat menguntungkan masyarakat kita. Kami  yakini  ada komitmen kuat dengan PT Arutmin Indonesia Site Kintap untuk merealisasikan rencana yang sangat monumental di kabupaten ini,”Bebernya.

Sukamta ingin pascatambang lahan-lahan tersebut, masih bisa digunakan oleh masyarakat untuk dijadikan usaha,  salah satunya di bidang peternakan.

“Kita manfaatkan lahan reklamasi untuk peternakan sapi, sehingga kedepan  banyak manfaat untuk masyarakat. Salah satunya contoh dari PT Arutmin Indonesia Site Kintap dulu,”papar Sukamta lagim

Berkaitan dengan program tersebut, sebut dia, Pemkab Tanah Laut  sudah minta Perda ke Gubernur Kalsel agar lahan bekas pertambangan bisa dimanfaatkan lahan untuk ternak.

“Apabila disetujui, maka saya berharap Kalsel dapat menjadi salah satu sentra ternak sapi di Indonesia,”tutupnya.

Baca Juga: Di Hadapan Bupati Banjar, Menpar RI Berani Bertaruh Jika Penghijauan Digalakkan

Reporter: Ahc14
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penyeruduk Perwira AL di Kotabaru Mabuk Sabu dan Ekstasi
asyarakat Banua Asam Swadaya Lawan Corona

Kalsel

Masyarakat Banua Asam Swadaya Lawan Corona
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru: Tambah 5 Kasus Baru, Total Positif 333 Orang
apahabar.com

Kalsel

Pengamanan Natal 2018 Banjarbaru, Ratusan Personel Kepolisian Disiagakan
Jokowi

Kalsel

13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pria Diduga Tewas Usai Berhubungan Seks di Hotel Herlina Banjarbaru Masih Misteri, Hasil Visum Belum Keluar
apahabar.com

Kalsel

Dana Santunan KPPS Kalsel Diperkirakan Cair Akhir Juni 2019
apahabar.com

Kalsel

Geger, Api Lalap Rumah dan Mobil L300 Warga Loktamu Mataraman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com