Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup!

Eks Tambang Disulap Jadi Lahan Peternakan  

- Apahabar.com Selasa, 13 Agustus 2019 - 05:15 WIB

Eks Tambang Disulap Jadi Lahan Peternakan   

Bupati Tala, H Sukamta meninjau eks tambang yang bakal jadi lokasi ternak sapi. Foto-Banjarmasin Post

apahabar.com, PELAIHARI – Sepakati  lahan bekas pertambangan menjadi lahan peternakan sapi, Pemerintah Kabupaten Tanah laut (Tala) dan PT Arutmin Indonesia Site Kintap mematangkan tujuan besar menjadikan eks tambang sebagai lahan peternakan.

Makanya Bupati Tala, H Sukamta turut mengunjungi eks tambang yang sudah direklamasi.

Baca Juga: Sambangi Kalsel, Tim Supervisi Karhutla Awasi Peran TNI-Polri dan Pemerintah Daerah

Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Site Kintap, Cipto Prayitno kepada awak media mengatakan, percontohan peternakan sapi di lahan bekas pertambangan tersebut berada di ereal seluas 10 hektare.

Apabila peternakan sapi itu dianggap sukses, maka akan dipindahkan ke lahan pengembalaan sapi di area bekas tambang yang lebih luas lagi.

“Saat ini sapinya ada 18 ekor indukan betina dan ada dua ekor indukan jantan. Nanti tiap tahunnya akan kami tambah terus agar perkembangbiakkan cepat,” ujarnya.

Cipto mengungkapkan, lahan bekas tambang yang akan dijadikan lahan peternakan bukanlah seperti yang ada dibenak masyarakat.

“Pasti banyak yang berpikir bekas pertambangan itu menyisakan lubang dan akan langsung dibuat peternakan, itu salah. Yang benar adalah kita membuat peternakan di lahan bekas tambang yang sudah direklamasi dan sudah ditumbuhi pepohonan maupun rerumputan, sehingga sangat strategis untuk peternakan sapi,” bebernya.

Pihaknya optimistis dengan program tersebut, karena didukung Pemkab Tanah Laut.

“Jika semua pihak saling mendukung, Insha Allah program ini akan lancar dan akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara Bupati Tala H Sukamta mengatakan,  pihaknya telah melihat secara langsung percontohan peternakan sapi di lahan bekas pertambangan dan lahan yang akan dijadikan pengembalaan sapi.

“Peternakan ini nantinya menjadi proyek percontohan  di bekas area tambang.  Tadi sudah kita lihat bersama-sama dan secara potensial sangat luar biasa, bahkan  sangat menguntungkan masyarakat kita. Kami  yakini  ada komitmen kuat dengan PT Arutmin Indonesia Site Kintap untuk merealisasikan rencana yang sangat monumental di kabupaten ini,”Bebernya.

Sukamta ingin pascatambang lahan-lahan tersebut, masih bisa digunakan oleh masyarakat untuk dijadikan usaha,  salah satunya di bidang peternakan.

“Kita manfaatkan lahan reklamasi untuk peternakan sapi, sehingga kedepan  banyak manfaat untuk masyarakat. Salah satunya contoh dari PT Arutmin Indonesia Site Kintap dulu,”papar Sukamta lagim

Berkaitan dengan program tersebut, sebut dia, Pemkab Tanah Laut  sudah minta Perda ke Gubernur Kalsel agar lahan bekas pertambangan bisa dimanfaatkan lahan untuk ternak.

“Apabila disetujui, maka saya berharap Kalsel dapat menjadi salah satu sentra ternak sapi di Indonesia,”tutupnya.

Baca Juga: Di Hadapan Bupati Banjar, Menpar RI Berani Bertaruh Jika Penghijauan Digalakkan

Reporter: Ahc14
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Satpol PP Banjarbaru Sita Ratusan Botol Miras di Pembatuan
apahabar.com

Kalsel

Kasus Covid-19 Meningkat, Pedagang Luar Diminta Tidak Berjualan di Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Lewat Metode Fermentasi Pakan, Indocement Dukung Usaha Peternak Kambing di Kotabaru
Dana Desa Tahap Pertama Segera Dicairkan, Wonorejo Pun Dapat

Kalsel

Dana Desa Tahap Pertama Segera Dicairkan, Wonorejo Pun Dapat
apahabar.com

Kalsel

Hore! 1 Positif Sembuh dan 2 PDP Dipulangkan, Simak Update Kondisi Pasien Covid-19 Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Gerakan 1000 Tumbler di Banjarmasin, Bakeuda Bagi-bagi 160 Botol ke ASN
apahabar.com

Kalsel

Setelah Bantu Komputer, Kompol Wahyu Hidayat Kembali Buat Terobosan Baru
apahabar.com

Kalsel

Tembus Puluhan, Positif Covid-19 di Banjarmasin Dominan Kluster Gowa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com