apahabar.com
Usai Upacara Kemerdekaan RI, Asisten Bidang Pemerintahan Setda HST, Ainur Rafiq menyerahkan bantuan uang tunai kepada dua veteran, Antamas dan Mugni di Kantor Bupati, Sabtu (17/8). Foto-Masrus for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Empat Veteran di Hulu Sungai Tengah (HST) mendapat santunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat di momen Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Keempatnya adalah Antamas, Mugni Utuh, Husin Amit, dan Sasi.  Rata-rata umur mereka sudah mencapai 90 tahun.

Antamas mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Pemkab HST atas kepedulian dan perhatiannya kepada para veteran, pejuang kemerdekaan.

“Kalau dulu kami bersama teman-teman berjuang mempertaruhkan harta bahkan nyawa,” kata Antamas.

Kalau sekarang, Antamas berpesan, nilai-nilai kejuangan yang diwariskan hendaknya diaktualisasikan secara nyata.

“Bangun dan majukan daerah tercinta ini sehingga kemerdekaan benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat,” kata Antamas.

Bupati HST, HA Chairansyah melalui Asisten I Bidang pemerintahan, H Ainur Rafiq menyerahkan secara langsung santunan kepada dua orang pejuang veteran yakni, Antamas dan Mugni Utuh usai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019).

apahabar.com
Husin Amit (91). Foto-Masrus for apahabar.com

Sementara dua lainnya yakni, Husin Amit dan Sasi tidak hadir saat pemberian santunan.

“Untuk dua orang veteran lainnya, karena dengan alasan tidak kuat berjalan lagi, sudah uzur, usai upacara peringatan berakhir, santunannya diantar langsung oleh staf bagian pemerintahan Setda HST ke kediamannya masing-masing,” kata Rafiq.

Kediaman Husin Amit beralamat di Desa Pagat RT 3 Kecamatan Batu Benawa, sedangkan kediaman Sasi berada di Desa Rantau Keminting, Kecamatan Labuan Amas Selatan.

Santunan itu, kata Rafiq, bentuk ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang saat ini dirasakan. Juga salah satu wujud kepedulian terhadap besarnya jasa para pejuang.

apahabar.com
Sasi (90). Foto-Masrus for apahabar.com

“Santunan tersebut diberikan sebagai penghargaan dan apresiasi Pemkab HST kepada para pejuang yang pernah berjuang membela tanah air, dan santunan yang diberikan adalah untuk kebutuhan sehari-hari berupa sejumlah uang,” terang Rafiq.

Kepada seluruh masyarakat di HST, Rafiq mengajak untuk mendoakan para pejuang yang telah wafat, agar mereka memperoleh tempat yang layak di sisi Allah SWT.

Kepada para pejuang yang masih hidup, Rafiq mendoakan semoga diberikan umur panjang dan dikaruniakan kesehatan lahir dan bathin.

“Karena berkat perjuangan mereka, kita bisa menikmati kemerdekaan ini,” kata Rafiq.

Baca Juga: Berkah HUT Ke-74 RI, PBB dan Air Bersih Veteran Banjarmasin Gratis Setahun

Baca Juga: Veteran dan Janda Pejuang di HSS Terima Tali Asih

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini